Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Optimasi Mesin Pencari » 3 Alasan Memilih .Com Sebagai Extension Domain

3 Alasan Memilih .Com Sebagai Extension Domain

(2646 Views) February 24, 2016 6:00 am | Published by

3 Alasan Menggunakan Com

Bismillah, kali ini saya kedatangan pertanyaan dari salah seorang peserta Kursus SEO, pertanyaannya adalah “Kenapa Extension Domain Harus Com?“.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu extension domain, extension domain adalah kata yang terletak di belakang nama domain seperti .com, .net, .org dan lain lain.

Pertanyaan ini ditanyakan salah seorang peserta kursus SEO karena memang dimateri pemilihan nama domain saya selalu menganjurkan penggunaan .com sebagai extension domain yang dipilih.

Ada banyak kelebihan yang didapat jika Anda menggunakan extension domain .com berikut 3 diantaranya :

 

1) Orang Indonesia lebih familiar dengan .com

Orang Indonesia lebih familiar dengan extension .com dibandingkan dengan extension domain lainnya.

Coba saja ketika seseorang bertanya kepada Anda, “Alamat websitenya apa?” walau Anda hanya menyebutkan nama domainnya saja tanpa menyebutkan extensionnya orang akan menebak kalau extension domain Anda adalah .com, padahal kenyataannya belum tentu.

Mindset orang Indonesia, website pasti berakhiran .com bukan yang lain.

 

2) .Com lebih mudah masuk halaman satu Google.

Alasan lainnya, entah kenapa domain dengan akhiran .com lebih mudah masuk ke halaman satu Google dibandingkan domain dengan extension lainnya.

Tidak percaya coba saja Anda ketikan sesuatu di halaman pencarian Google, coba perhatikan web yang berada di peringkat 10 besar (halama satu Google) mayoritas atau lebih dari 60% pasti menggunakan .com sebagai extension nya.

 

3) .Com merupakan extension domain internasional.

Alasan terakhir .com merupakan extension domain yang digunakan internasional, seluruh dunia pasti menggunakan extension domain ini. Berbeda dengan extension domaian .co.id yang hanya digunakan oleh orang Indonesia.

 

Itulah 3 alasan utama kenapa saya menyarankan Anda menggunakan extension domain .com.

 

Kenapa website mas Defri menggunakan extension .net?

.net adalah pilihan ke dua selain .com, domain .net juga mudah menembus halaman satu Google. Alasan saya menggunakannya karena .com sudah saya gunakan untuk blog pribadi saya menggunakan blogger/blogspot.

Walau blog tersebut sudah sangat lama tidak aktif tapi rasanya sayang kalau saya harus pindahkan semua tulisannya ke web yang saat ini dibangun.

 

Bagaimana jika menggunakan sub domain seperti defriansyah.blogspot.com?

Hubungannya lebih ke tingkat kepercayaan konsumen, konsumen akan ragu untuk membeli kepada Anda jika menggunakan sub domain seperti ini, karena mereka tahu sub domain seperti ini GRATIS.

Dulu waku masih bantu sahabat saya di jasa anti rayap, saya sempat menggunakan blogspot sebagai sarana promosinya, namun yang terjadi walau blog tersebut masuk ke 3 besar Google dan traffic sudah cukup banyak, sangat jarang order masuk.

Beruntung saya sadar, order sepi karena calon pelanggan menganggap sebelah mata terhadap blog seperti ini, mereka beranggapan perusahaan apa web saja masih menggunakan blog GRATISAN.

Di dunia online calon pelanggan tidak bisa melihat seberapa besar kantor atau toko Anda, tapi mereka melihat seberapa besar bisnis Anda dari tampilan toko online / website Anda dan tentunya domain yang Anda gunakan.

Bagi pengguna toko online Yukbisnis saran saya segara upgrade ke Yubi Pro, gunakan nama domain Anda sendiri dengan extension .com tanpa ada embel-embel yukbisnis lagi.

 

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar tenik SEO silahkan ajukan pertanyaan Anda dengan mengunjungi link di bawah ini :

http://defriansyah.net/tanya-seo/

 

Sekian sharing kali ini semoga bermanfaat, saya akan sangat berterimakasih jika Anda bersedia membagikan konten ini dengan mengklik tombol share di bawah ini, dengan begitu semoga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Categorised in:

Comment Closed: 3 Alasan Memilih .Com Sebagai Extension Domain

Sorry, comment are closed for this post.