Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Optimasi Mesin Pencari » 5 Langkah Praktis Optimasi Toko Online – Materi Kursus SEO

5 Langkah Praktis Optimasi Toko Online – Materi Kursus SEO

(1118 Views) March 1, 2016 5:58 am | Published by

Materi Kursus SEO - 5 Langkah Praktis Optimasi Toko Online

Bismillah, kali ini saya kedatangan pertanyaan dari Mba Tya Amalia tentang urutan yang benar teknik SEO untuk Toko Online, berikut pertanyaan lengkapnya :

Assalamualaikum Mas Defry, saya mau tanya tehnik seo yg cocok atau pas untuk Toko online itu seperti apa? Misal dari cara backlink nya.. karena selama ini banyak diluaran sana yg mengajarkan berbeda2 walau intinya adalah sama. Jadi bagaimana urutan yg benar dan terarah nya dalam meningkatkan seo untuk toko online. Semoga pertanyaan saya ini bisa di jawab oleh mas Defry. Terimakasih wassalamualaikum.

Waalaikum salam wr wb, sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda urutan teknik SEO dalam mengoptimasi toko online maupun website biasa, semua tergantung kepada engine / platform yang digunakan. Berikut garis besar urutan untuk mengoptimasi toko online :

  • 1) Riset Kata Kunci

Sebelum Anda melakukan teknik apapun dalam mengoptimasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah meriset kata kunci, menemukan kata kunci yang paling tepat untuk digunakan ke dalam toko online Anda.

Dengan melakukan riset lebih dahulu optimasi Anda jadi lebih terarah, karena Anda sudah menentukan di awal untuk kata kunci apa toko online mau muncul di halaman pencarian Google.

Berapa jumlah kata kunci yang harus saya pilih?

Saat meriset temukan kata kunci yang sesuai dengan produk / bisnis Anda sebanyak mungkin, dari sana Anda bisa menyeleksi kembali, tentukan satu kata kunci utama dan beberapa kata kunci pendukung.

Kata kunci utama bisa Anda targetkan di halaman home (halaman depan) sedangkan kata kunci lainnya bisa Anda targetkan di halaman produk dan halaman blog (artikel).

  • 2) Setting toko online sesuai kata kunci

Setting yang dimaksud disini adalah setting yang berhubungan dengan SEO, Anda perlu menyisipkan kata kunci di beberapa bagian dalam toko online Anda seperti :

  1. Di dalam nama toko online
  2. Di dalam meta title
  3. Di dalam meta description

Misalkan kata kunci yang ditargetkan adalah kata Kursus SEO, contoh penerapannya :

  • Nama Toko / Nama Web : Kursus SEO Online Defriansyah
  • Meta Title : Kursus SEO Online 8 Teknik Praktis Halaman Satu Google
  • Meta Description : Testi peserta Kursus SEO Online : “Alhamdulillah materinya menarik, penyampaiannya mudah dipahami, web saya sudah di HALAMAN SATU GOOGLE Pak”

Belum mengerti apa itu meta title dan apa itu meta description? sebelum melanjutkan sebaiknya baca artikel penjelasannya disini http://defriansyah.net/belajar-seo-on-page-bag-1/.

  • 3) Buat konten sesuai kata kunci

Buatlah beberapa konten sesuai dengan kata kunci yang sudah Anda dapatkan saat meriset, baik itu konten untuk halaman produk maupun konten untuk halaman blog.

Di halaman produk buat konten penawaran yang menargetkan kata kunci penjualan, sedangkan di halaman blog buat konten berisi informasi bermanfaat yang masih berhubungan dengan bisnis / produk Anda.

Sebaiknya Anda membuat beberapa konten yang menargetkan kata kunci utama lebih dulu, baru konten dengan kata kunci lainnya.

Contoh jika kata kunci utama Anda adalah “Busana Muslim” maka Anda bisa membuat konten lebih dulu yang menargetkan kata kunci :

  • Jual Busana Muslim
  • Toko Online Busana Muslim
  • Busana Muslim Terabaru
  • dll

Sesuaikan dengan produk dan bisnis Anda ya…

  • 4) Daftarkan toko online ke Google

Agar toko online Anda cepat terideks Google sehingga masuk ke halaman pencarian mereka, Anda perlu mendaftarkan toko online Anda ke Google Webmaster Tools.

Cara mendaftarkannya bisa lihat artikel saya sebelumnya di sini http://defriansyah.net/cara-mendaftarkan-website-ke-google-webmaster-tools/

Tanpa didaftarkan pun sebenarnya toko online Anda akan diindeks Google dengan sendirinya namun Google membutuhkan waktu sampai mereka menemukan toko online Anda, dengan mendaftarkannya dapat mempersingkat waktu.

  • 5) Backlink

Jika ke empat teknik sebelumnya dilakukan dengan cara yang benar, seharusnya saat masuk langkah ke lima ini peringkat toko online Anda sudah cukup baik di halaman pencarian Google.

Biasanya setelah melakukan 4 langkah di atas toko online teman-teman peserta pelatihan minimal sudah masuk ke halaman 5 Google bahkan ada yang langsung masuk ke halaman satu Google sebelum backlink.

Seperti yang sudah pernah saya tuliskan diartikel sebelumnya, backlink ini bagaikan pisau bermata dua, jika dilakukan dengan teknik yang benar bisa mendongkrak peringkat toko online Anda, namun jika teknik yang  dilakukan salah, hal terburuk yang terjadi toko online Anda hilang dari halaman pencarian Google tanpa bisa masuk kembali.

Teknik backlink seperti apa yang benar-benar bisa mendongkrak peringkat?

Jika dibahas disini akan sangat panjang lebar, namun di program kursus SEO saya sudah menyiapkan materinya khusus untuk Anda.

Bagi Anda yang tertarik ingin belajar SEO lebih dalam bisa klik disini -> Kursus SEO

 

Selain 5 teknik di atas tentunya Anda harus memastikan struktur toko online yang Anda miliki sudah sesuai dengan keinginan mesin pencari Google, sehingga mereka akan menempatkan toko online Anda di peringkat yang lebih baik.

2 dari 3 toko online yang saya temui tampilannya sangat bagus namun sayangnya hanya mementingkan tampilan untuk user sementara tampilan untuk mesin pencari diabaikan.

Yang harus Anda ketahui, mesin pencari tidak melihat seperti yang Anda lihat, mereka melihat source kode toko online Anda, contohnya seperti di bawah ini :

Source Kode

Agak sulit memang menemukan toko online dengan struktur yang baik di mata Google, untungnya saat ini ada Toko Online dari Yukbisnis yang strukturnya mengikuti keinginan dari mesin pencari Google.

Jika Anda membutuhkan toko online yang SEO Friendly, Anda bisa membuatnya di yukbisnis.com.

 

Anda yang ingin bertanya seputar teknik SEO bisa mengirimkan pertanyaan Anda ke sini >> http://defriansyah.net/tanya-seo/

 

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika Anda bersedia membagikan artikel ini dengan meng-klik tombol share di bawah ini.

Categorised in:

Comment Closed: 5 Langkah Praktis Optimasi Toko Online – Materi Kursus SEO

Sorry, comment are closed for this post.