Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Optimasi Mesin Pencari » Bagaimana Membangun Backlink yang Baik dan Aman?

Bagaimana Membangun Backlink yang Baik dan Aman?

(1258 Views) March 27, 2015 7:39 am | Published by

Membangun Backlink

Salah satu pertanyaan yang sering kami terima adalah bagaimana membangun backlink yang baik dan aman? baik yang dimaksud disini adalah mampu meningkatkan peringkat website, sedangkan aman yaitu aman dari hukuman atau pinalti Google.

Saat ini backlink memang menjadi pisau bermata dua, disatu sisi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat website, disisi lain jika penerapannya salah atau berlebihan bisa berakibat fatal karena bukannya naik website Anda malah terkena hukuman dan hilang dari halaman mesin pencari.

 

Apa Itu Backlink?

Mungkin Anda belum tahu apa itu backlink, backlink adalah link yang masuk menuju website atau halaman website (wikipedia).

Contohnya, tulisan wikipedia di atas, jika Anda klik akan menuju ke halaman website wikipedia, itulah backlink.

 

Sebenarnya google mengharapkan backlink tercipta secara alami, logikanya jika konten yang Anda tulis bermanfaat, pembaca tidak akan sungkan untuk men-share konten tersebut diberbagai media online yang mereka punya.

Tapi kenyataannya saat ini banyak sekali praktek backlink yang tidak alami atau sengaja dibuat untuk kepentingan SEO. Jika hal ini terditeksi Google maka bersiaplah menerema hukumannya.

 

Lalu bagaimana backlink yang baik?

Backlink yang terbaik adalah yang tercipta secara alami, yang menjadi viral karena memang konten yang disajikan berkualitas, sangat bermanfaat untuk banyak orang.

Maka, fokuslah lebih dulu membuat konten yang berkualitas pada website Anda, jangan terlalu pusing memikirkan backlink yang akhirnya malah melupakan konten.

Konten saat ini sudah menjadi rajanya SEO, tanpa konten yang bermanfaat website Anda akan sulit menembus halama utama mesin pencari Google.

 

Apa tidak ada cara lain untuk membangun Backlink?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun link yang aman, cara-cara ini akan berhasil jika Anda sudah membuat konten yang burkualitas lebih dahulu.

 

  • Share konten di semua Social Media yang Anda punya

Cara ini sangat umum dilakukan namun efeknya sangat bagus untuk mendatangkan trafik, jika konten Anda dianggap bermanfaat teman-teman social media Anda tidak akan ragu untuk men-share, komentar, like, RT sehingga akan terjadi efek viral yang luar biasa.

 

  • Share konten di Social Bookmark

Salah satu social bookmark Indonesia yang terbaik menurut saya adalah lintas.me karena tidak jarang artikel yang saya share di sana masuk ke halaman pencarian Google.

Walau tidak masuk halaman utama tapi efeknya bisa mendongkrak peringkat website Anda di halaman pencarian.

 

  • Bergabung dengan forum yang berhubungan

Bergabunglah di forum yang berhubungan dengan tema website Anda, tulis konten yang bermanfaat disana, beri link yang mengarah ke website Anda.

Dengan begini Anda bisa mendapatkan tambahan trafik dari pengunjung forum tersebut, salah satu forum yang bagus di Indonesia adalah Kaskus.

 

  • Bergabung dengan website komunitas

Anda juga bisa bergabung dengan website komunitas yang sesuai dengan tema website Anda, dengan begini website Anda berpeluang mendapatkan trafik dari anggota komunitas tersebut.

Salah satu komunitas yang terbaik di Indonesia adalah yukbisnis.com, Anda bisa bergabung disana.

 

4 cara di atas bisa Anda coba untuk membangun backlink yang baik dan aman, sekali lagi pastikan Anda sudah mempunyai konten yang berkualitas untuk Anda share di sana.

Ciri konten yang berkualitas adalah bermanfaat untuk orang lain atau meruapakan jawaban dari pertanyaan banyak orang.

Hindari men-share konten jualan Anda, berikan dulu manfaat, secara tidak langsung pengungjung website akan membuka konten jualan Anda, jika sudah begitu, terjadinya transaksi jual beli hanya tinggal menunggu waktu.

 

Yuk kita diskusi tentang membangun backlink yang baik dan aman di kolom komentar.

Categorised in:

Comment Closed: Bagaimana Membangun Backlink yang Baik dan Aman?

Sorry, comment are closed for this post.