Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Bisnis Online » Cara Berbisnis Online

Cara Berbisnis Online

(876 Views) January 9, 2015 9:25 am | Published by

Cara Berbisnis Online

6 langkah mudah Cara berbisnis Online untuk pemula. Bagi Anda yang sedang bingung cara memulai bisnis online, saya akan sedikit memberikan tips semoga bisa menjadi pencerahan.

Langkah apa saja yang harus dilakukan :

 

1. Tentukan Produk

Tentukan produk apa yang ingin Anda pasarkan di internet, mulailah dari produk yang Anda suka, seorang penjual akan lebih mudah menjual produk yang mereka suka.

Pahami kelebihan dan kekurangan produk, agar nantinya Anda lebih mudah dalam menjawab setiap pertanyaan yang muncul dari calon pelanggan.

 

2. Cari Suplayer Produk

Setelah menentukan produk sekarang waktunya mencari suplayer, cari suplayer yang menawarkan harga terendah dengan kualitas terbaik.

Kemana mencari Suplayer?

Tanya saja pada Mbah yang serba tahu, ya siapa lagi kalau bukan Mbah Google tinggal Anda ketik Suplayer … (… isi dengan produk yang Anda cari) maka akan keluar ratusan bahkan jutaan website yang sesuai.

Tidak Punya Modal?

Jangan khawatir, sekarang banyak produsen dan distributor yang menawarkan sistem dropship, dengan sistem dropship Anda tidak perlu stok barang, tugas Anda hanya memasarkan produk, jika ada pembeli, Anda tinggal menghubungi pihak distributor, produk akan dikirimkan langsung dari distributor ke pembeli dengan menuliskan nama Anda sebagai pengirimnya.

 

3. Tentukan Media Promosi

Media promosi online mana yang ingin Anda gunakan, FaceBook, Twitter, Instagram, Blog atau media promosi online lainnya. Di awal pilih salah satu media tadi dan fokuslah, jangan menjadi follower atau ikut-ikutan. Gunakan media online yang paling sering Anda gunakan dan aktif disana.

Semua media online bagus asal kita fokus, kebanyakan orang gagal karena tidak fokus, sering berganti-ganti media promosi hanya karena melihat orang lain sukses di media promosi tadi.

Jika sudah sukses berjualan di satu media online, baru Anda merambah ke media online lainnya tanpa meninggalkan media online pertama, kecuali Anda bekerja dengan team, bisa berbagi tugas dalam menjalankan promosi di setiap media online.

 

4. Bangun Website Penjualan

Setelah sukses berjualan di Media Social bangunlah Website Penjualan atau Toko Online Anda, karena website merupakan Toko Anda di dunia maya, sedangkan SocMed seperti pameran atau stand yang kontraknya sewaktu-waktu akan habis.

Saya lebih menyarankan di awal Anda menggunakan SocMed sambil membangun Website Penjualan. SocMed digunakan untuk menarik pelanggan ke Website karena di web Anda bisa mengumpulkan database pelanggan untuk melakukan follow up dikemudian hari.

Berjualan di SocMed bisa tembus Omset puluhan bahkan ratusan juta namun sifatnya hanya sementara, karena sewaktu-waktu SocMed bisa ditinggal penggunanya seiring munculnya SocMed-SocMed baru dikemudian hari.

Seperti halnya Friendster yang dulu sangat digandrungi namun kini sudah ditinggalkan karena munculnya Facebook dan Twitter, tidak mustahil di kemudian hari Facebook dan Twitter akan ditinggalkan penggunanya.

Satu dari dulu yang tetap ada dan tetap eksis, yaitu website.

 

5. Saatnya Produksi

Jika Omset sudah ratusan juta bahkan milyaran mulailah berfikir untuk produksi, tentunya produk sejenis dengan yang Anda jual sebelumnya.

Kenapa tidak dari awal produksi?

Produksi di awal sangat beresiko karena Anda belum mempunyai pangsa pasar. Barang bisa menumpuk akhirnya bangkrut karena tidak bisa jualan.

Menguasai pasar lebih dulu bisa menekan resiko itu,  Anda sudah punya database dan pelanggan tetap yang siap membeli bahkan memborong produk Anda.

Hal yang perlu perhatian khusus adalah kualitas produk, kualitas produk harus lebih bagus dari produk orang lain yang Anda jual sebelumnya atau minimal sama. Jika kualitas lebih rendah pelanggan akan kecewa dan tidak kembali.

 

6. Padukan dengan Sistem Offline

Sudah punya produk sendiri dan pangsa pasar yang besar, sekarang waktunya memadukan sistem online dengan sistem offline. Sudah saatnya Anda mempunyai toko bahkan kantor untuk produk dan Brand Anda.

 

Lakukan semua sesuai urutannya ya, sukses selalu untuk Anda dan orang-orang yang tidak pernah berhenti berusaha untuk meraihnya.

 

Demikian artikel tentang 6 langkah mudah Cara Berbisnis Online, semoga bermanfaat.

Categorised in: ,

Comment Closed: Cara Berbisnis Online

Sorry, comment are closed for this post.