Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Blog » Memahami Cara Kerja Google

Memahami Cara Kerja Google

(1831 Views) January 28, 2015 7:48 pm | Published by

Cara Kerja Google

Saat melakukan pencarian menggunakan google, pernahkah terfikir oleh Anda bagaimana cara kerja google yang dalam sekejap bisa menampilkan ribuan bahkan jutaan halaman situs yang relevan dengan kata yang Anda cari.

Bagaimana google menentukan mana peringkat satu, mana peringkat dua, tiga, empat dan peringkat seterusnya dari jutaan halaman situs yang relevan, berikut cara kerja yang dilakukan google dalam menampilkan halaman situs.

3 Cara Kerja Google yang Harus Anda Ketahui

1. Merayapi

Google memerintahkan googlebot untuk merayapi setiap halaman situs baru dan halaman situs yang telah diperbaharui untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam database google.

Proses perayapan google dimulai dari URL, masuk ke halaman utama selanjutnya terus merayapi setiap tautan yang ada di halaman utama situs Anda.

Proses perayapan akan jauh lebih baik jika Anda membuat peta situs dan menambahkannya ke google webmaster tools, sehingga google lebih mudah dalam merayapi seluruh halaman pada situs Anda.

2. Mengindeks

Setelah merayapi googlebot kemudian mengindeks setiap kata yang ditemukannya untuk dimasukkan ke dalam database mereka lengkap dengan lokasi kata-kata tersebut pada setiap halaman.

Googlebot dapat mengindeks semua konten kecuali konten berupa gambar, untuk itu Anda perlu menambahkan ALT pada konten gambar agar google dapat membaca gambar dan mengindeks ke dalam database.

3. Menampilkan Hasil

Saat Anda mengetikkan kata kunci, google menelusuri database mereka untuk mencari halaman yang paling relevan dan menampilkan hasilnya di halaman pencarian.

Peringkat halaman ditentukan dari banyak faktor, seperti relevansi kata kunci pada URL, Judul Halaman, Deskripsi Halaman dan isi konten pada halaman, selain itu masih ada lebih dari 200 faktor lainnya yang tidak diungkap google.

Untuk mendapatkan peringkat yang baik, Anda perlu mengetahui sebarapa baik google dapat merayapi setiap halaman pada situs Anda, dan memastikan bahwa google telah mengindeks setiap halaman pada situs Anda.

Anda bisa cek apakah situs sudah terindeks dengan mengetikkan “site:domainanda.com” pada halaman mesin pencari, ganti domainanda.com dengan URL halaman yang ingin Anda cek. Jika situs muncul di halaman pencarian berarti situs Anda sudah terindeks dengan baik.

Sumber : google.com

Ingin mendalami SEO? Ikuti program Kursus SEO Online atau Member Tutorial SEO.

Silahkan di share artikel tentang Memahami Cara Kerja Google dengan klik tombol share di bawah ini.

Comment Closed: Memahami Cara Kerja Google

Sorry, comment are closed for this post.