Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Kursus SEO » Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting

(744 Views) February 6, 2015 4:31 am | Published by

Pengertian Domain dan Hosting

Bab ini sengaja saya buat karena ternyata masih banyak yang belum memahami pengertian domain dan hosting, masih banyak yang bertanya Apa itu Domain dan Apa itu Hosting.

 

Pengertian Domain dan Hosting

 

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server. Gunanya untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses server. (wikipedia).

Dengan adanya alamat domain, pengunjung website tidak perlu menghafalkan nomor IP server yang cukup panjang saat mengakses website, mereka cukup menuliskan nama domain yang lebih mudah diingat.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain yang dapat dibuat sebanyak mungkin dan menampilkan tampilan yang berbeda dari domain utama karena subdomain berdiri sendiri.

Domain dan Subdomain adalah dua website yang berbeda.

Sebagai contoh adalah website ini seo.defriansyah.net yang merupakan subdomain dari defriansyah.net.

Addon Domain

Addon domain adalah domain lain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke sub direktori. Bisa dibilang addon domain menumpang tempat dari domain utama.

Addon domain juga berdiri sendiri, merupakan website yang berbeda dengan domain utama.

Parked Domain

Parked domain adalah domain yang diparkirkan di atas domain utama, jika Anda mengakses parked domain maka yang akan ditampilkan adalah website domain utama.

 

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan database sebuah website, jika domain adalah alamatnya maka hosting adalah lahannya dan website merupakan bangunannya.

Space Hosting

Space hosting adalah besarnya kapasitas tempat penyimpanan data. Semakin besar space semakin banyak data atau file yang bisa disimpan.

Bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas maksimum data transfer atau data yang keluar masuk pada web. Bandwidth akan terus berkurang setiap kali website di akses. Jika kuota bandwidth habis maka website tidak bisa diakses.

Kuota akan kembali ke  awal setiap bulannya, apabila di pertengahan bulan habis, Anda bisa menghubungi jasa penyedia hosting untuk menambah kuota bandwidth.

Sekarang sudah paham ya pengertian dari domain dan hosting.

 

Materi yang berhubungan dengan Pengertian Domain dan Hosting :

Bab I Pengertian SEO

Bab 2 Riset Keyword

Bab 3 Domain dan Hosting

Bab 4 Cara Membuat Website

Bab 5 Optimasi Konten

Bab 6 Google Webmaster Tools

Bab 7 Link Building

Bab 3 Kursus SEO

Categorised in: ,

Comment Closed: Pengertian Domain dan Hosting

Sorry, comment are closed for this post.