Banner Iklan Kursus SEO
Menu Click to open Menus
Home » Optimasi Mesin Pencari » [Penting] Peringatan Tegas Google Terkait Wdget Links Pada Sebuah Website

[Penting] Peringatan Tegas Google Terkait Wdget Links Pada Sebuah Website

(1061 Views) September 9, 2016 10:50 am | Published by

Sejak jauhhari, pihak google telah menegaskan akan menindaklanjuti sebuah link, yang ditujukan untuk memanipulasi peringkat halaman sebuah website.

Dan pada hari Kamis 8 september 2016, google kembali menegaskan hal tersebut.

Pihak google menganggap adanya upaya manipulasi kata kunci, yang disisipi pada sebuah website, dan diarahkan menuju berbagai macam website.

Salah satu caranya (Manipulasi), adalah dengan menggunakan widget links. Atau link yang terdapat pada sebuah widget.

Bagi seorang pemilik website, terutama mereka yang paham tentang cara melakukan berbagai pengaturan di websitenya, pastinya cukup familiar dengan yang namanya widget links.

Ya. Widget links biasanya terdapat di sidebar sebuah website, dan seringnya berbentuk sebuah banner dengan berbagai ukuran.

Banner tersebut jika diklik akan menuju ke sebuah halaman website lain. Seperti halaman penjualan produk affiliasi, halaman sponsor, dan halaman-halaman lainnya yang kemungkinan besar bukan merupakan website dari si pemilik widget.

Inilah yang disebut sebagai widget links. Atau sederhananya, link yang tertanam pada sebuah website.
Namun ternyata, hal ini (Widget links) menjadi perhatian yang sangat serius dari google, yang merupakan search engine paling populer di dunia.

Tepatnya pada hari Kamis, 8 september 2016, pihak google memberikan sebuah peringatan mengenai widget links.

Peringatan tersebut ditujukan terkait widget links, yang dianggap bisa melanggargoogle webmaster guidelines.

Ada Apa Dengan Widget Links?

Biasanya, widget terletak di bagian sidebar sebuah website.

Berdasarkan fungsinya, widget diibaratkan sebagai aksesoris pada sebuah website, yang dianggap bisa memperkaya tampilan sebuah website.

Terlebih lagi jika yang ditampilkan pada widget tersebut, merupakan sesuatu yang relevan terhadap topik sebuah website.

Namun pihak google meyakini bahwa beberapa widget yang ditampilkan pada sebuah website, khususnya yang disisipi oleh link menuju ke website lain, dapat dikategorikan sebagai link yang tidak wajar.

Pasalnya, pemilik websitetidak bisa mengendalikan sepenuhnya, terkait konten yang terdapat pada website yang dituju, yang bersumber dari widget links.

Berikut ini merupakan contoh gambar widget links yang menjadi perhatian serius pihak google.

Widget Link

Untuk menindaklanjuti hal ini, tim Webspam google akan melakukan pemeriksaan secara manual terhadap link yang dianggap tidak wajar.

Dan jika anda merupakan pemilik website yang melakukan hal tersebut, anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui search console.

Untuk itu, pihak google ingin agar anda segera menyelesaikan masalah ini. Yakni dengan cara mengajukan permintaan peninjauan kembali kepada google.

Permintaan ini diajukan agar google kembali melakukan review terhadap website anda, setelah melakukan berbagai perbaikan yang disarankan.

Namun sebelum melakukan permintaan peninjauan kembali kepada google, anda harus terlebih dahulu menyelesaikan masalah terkait widget links.

Caranya, anda bisa menambahkan rel=”nofollow” attribute pada widget links. Atau mungkin menghapus link keluar pada widget links secara keseluruhan.

Setelah melakukan cara tersebut, silahkan mengajukan permintaan peninjauan kembali kepada google, dan biarkan google melakukan pemeriksaan kembali terhadap website anda.

Dengan demikian, google akan segera memberitahukan terkait berhasil atau tidaknya permintaan yang anda ajukan.

Semoga hal ini (Masalah widget links) bisa menjadi pertimbangan bagi para pemilik website.

Sumber : webmasters.google.com

 

Categorised in:

Comment Closed: [Penting] Peringatan Tegas Google Terkait Wdget Links Pada Sebuah Website

Sorry, comment are closed for this post.