Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Rangkuman Sesi Tanya Jawab 1 Grup Belajar SEO 2020

Rangkuman Sesi Tanya Jawab 1 Grup Belajar SEO 2020

(292 Views) February 10, 2020 8:19 am | Published by
Belajar SEO

Tulisan ini merupakan rangkuman dari sesi tanya jawab bagian 1 di grup WhatsApp Belajar SEO 2020, sudah join grupnya kan?

Join Grup WhatsApp Belajar SEO 2020 >> KLIK DISINI

Kalau tidak salah grup WA hanya bisa menampung 256 anggota dan saat tulisan ini dibuat anggota grupnya sudah mencapai 233, sedikit lagi penuh. Ayo segera Join, mumpung masih Gratis.

InsyaAllah jika tidak ada halangan, rutin setiap satu minggu sekali kita akan mengadakan sesi tanya jawab di grup tersebut, saat ini di grup sudah diadakan 2x sesi tanya jawab dengan tema pembahasan yang berbeda.

Berikut rangkuman sesi tanya jawab bagian 1 di grup Belajar SEO 2020

Sebelum membaca sesi tanya jawab ada baiknya Anda membaca dulu materi yang menjadi pembahasan di sesi tanya jawab 1 grup Belajar SEO 2020 disini >> Belajar SEO

Semua web yang saat ini posisi satu google apakah hanya memakai tehnik SEO saja atau awalnya di bantu dengan ads juga?

Contoh saat ini web A berada di halaman 1 google tanpa ads karna sudah 3 bulan mengoptimasi SEO dan seperti pertanyan di atas apakah web A tsb waktu bulan pertama dan kedua di bantu dengan ads? atau benar benar murni memakai tehnik saja?

Jawab :

Untuk pertanyaan ini ada 2 pendapat berbeda dari para pakar SEO, pendapat yang pertama mengatakan bahwa ads sangat mempengaruhi peringkat Google. Pendapat kedua mengatakan sebaliknya, ads tidak mempengaruhi peringkat Google.

Sedangkan dari pengalaman saya pribadi 7 tahun menekuni dunia SEO, saya rasa tidak ada pengaruhnya. Pernah pakai ads atau tidak website yang dioptimasi tetap bisa masuk halaman satu Google.

Adapun jika kita bahas dari segi pebisnis, tentu Ads sangat penting dilakukan di awal agar bisnis tetap berjalan. Gunanya bukan untuk mendongkrak peringkat tapi untuk tetap mendapatkan order sebelum SEOnya naik.

Bayangkan jika Anda membuka sebuah bisnis, kemudian hanya mengandalkan SEO saja di awal yang hasilnya baru bisa dirasakan 3 bulan ke depan. Selama 3 bulan SEO nya belum naik, bisnis Anda tidak berjalan karena tidak ada order yang masuk.

Judul menggunakan angka, apakah mempengaruhi peringkat?

Judul yang paling depan menggunakan angka misal, 7 trik agar website di halaman pertama google dalam waktu 3 hari. Contoh seperti itu ada angka 7 apa benar itu pengaruh utk menaikan web biar posisinya cepet di halaman 1 (meski tetap intinya konten yang bagus ya). Saya sering melihat judul judul seperti itu soalnya. Apa sekarang masih relevan utk dipakai?

Jawab :

Angka di depan judul secara langsung tidak mempengaruhi peringkat, tapi biasanya angka di depan judul menaikan CTR (Click Through Rate) atau dalam bahasa Indonesia rasio klik per tayang (RKT).

CTR adalah jumlah klik yang Anda dapatkan dibagi dengan jumlah halaman website Anda tampil di halaman pencarian Google.

Contoh misalkan ada 100 user mengetikan kata kunci belajar SEO, kemudian website ini muncul di halaman pencarian Google (misalnya).

Dari 100 user tadi hanya 10 orang yang mengklik dan masuk ke dalam website Anda, artinya CTR Anda.

10 : 100 X 100% = 10%

Seperti yang saya katakan tadi angka di depan judul secara psikologi lebih menarik bagi user dan akan meningkatkan CTR. Semakin bagus CTR maka peringkat website Anda bisa naik dengan catatan CTR Anda lebih bagus dari website-website yang peringkatnya berada di atas Anda.

Apakah penempatan Heading (H1, H2, H3, H4, H5, H6) mempengaruhi peringkat?

Bagaimana dengan Penempatan Heading (H1,2…..H6), karna dengan plug in yoast SEO, banyak indikator yang memperhatikan penempatan Heading, keyword, dll?

Jawab

Tahun lalu tepatnya 3 Oktober 2019 dalam episode Ask Google Webmasters, John Mueller membahas tentang ini. Tonton video di bawah ini :

Intinya beliau mengatakan bahwa heading tidak memepengaruhi sistem Google, tidak menjadi penilaian Google dalam menentukan peringkat.

Ini menjadi bantahan Google atas apa yang selama ini diajarkan oleh sebagian besar pakar SEO dari seluruh dunia. Karena kebanyakan pakar SEO mengajarkan struktur heading sangat mempengaruhi peringkat.

Faktanya

Seperti yang sering saya katakan, untuk SEO jangan pernah percaya 100% sebelum Anda mempraktekannya sendiri meski orang Google yang mengatakannya langsung.

Setelah video ini tayang saya beberapa kali menerapkan optimasi Heading dan hasilnya masih berpengaruh, beberapa kali saya menguji coba dengan berbagai artikel. Membandingkan artikel yang mengoptimasi Heading dan yang tidak mengoptimasi heading.

Hasilnya. artikel yang mengoptimasi heading mendapat peringkat yang lebih baik.

Penggunaan Theme Builders

Apa menggunakan theme builders sangat berpengaruh terhadap SEO (daya serap lambat), selain berpengaruh ke speed load, apa struktur theme-nya juga sangat berpengaruh kepada teknik SEO yang di terapkan?

Jawab

Untuk penggunaan theme builders masalah utamanya adalah speed loadnya lambat, sedangkan untuk strukturnya sebenarnya masih bisa diatur agar sesuai dengan keinginan Google.

Hanya saja saat ini speed menjadi salah satu penilaian utama Google dalam menentukan peringkat.

Backlink yang bagus

Mau tanya, backlink apa saja yang bagus untuk menaikan sebuah website?

Jawab

Saat ini materinya belum sampai ke backlink, saya beri klunya ya. Backlink yang bagus saat ini yaitu contextual link.

Contextual link adalah backlink yang berada di dalam sebuah paragraf yang menuliskan sebuah topik yang sama dengan kata kunci yang Anda targetkan. Lain waktu kita bahas.

Rekomendasi Themes yang bagus

Adakah rekomendasi Themes yang bagus menurut kacamata mas untuk SEO blog yang menjual jasa, baik lokal maupun dr luar ?

Jawab

Untuk theme Indonesia saya biasanya menggunakan theme dari sini “laskarseo.com/theme” (link affiliate 🙂 ) , Silahkan diketikan saja di browser Anda. Nanti akan terbuka theme-theme yang menurut saya bagus dari segi SEO/

Saya dan banyak alumni juga banyak menggunakan theme dari sana.

Untuk theme luar saat ini belum berani merekomendasikan, di cek saja web demonya. Yang utama cek kecepatan aksesnya, kalau kecepatan aksesnya bagus, masalah struktur biasanya masih bisa diubah.

Cara Menentukan Keyword

Mas mau tanya saya seorang pelajar saya pkl bagian SEO paner gitu , nah saya bingung untuk menentukan keyword nya , adakah saran keyword untuk penjualan tanah , kaos dan bangunan ?

Jawab

Untuk menentukan keyword bisa menggunakan tools neilpatel ubersuggest atau Google keyword planner. Caranya pernah saya tuliskan disini >> Cara riset keyword

Jangan memilih keyword berdasarkan asumsi, tapi gunakan tools agar hasilnya tepat.

Bingung dalam menentukan kata kunci mana yang digunakan

Saya melakukan riset kata kunci di tahun 2020 mencari kata kunci dgn persaingan rendah, dari ribuan kata kunci saya menemukan 57 kata kunci persaingan rendah, saya bingung mau milih kata kunci yg mana untuk saya targetkan, mungkin ada kriteria kata kunci yg mana diantara puluhan yang saya saring tsb… Mohon bantuannya.. terima kasih

Jawab

Ini tergantung dari tujuan Anda mengoptimasi keyword, apakah untuk jualan atau hanya ingin menambah traffic ke website.

Jika tujuannya untuk menambah traffic pilih yang volume pencariannya paling besar, karena itu benar-benar akan mendongkrak traffic di website Anda.

Namun jika tujuannya untuk jualan beda lagi, keyword yang Anda pilih bukan hanya keyword yang memiliki jumlah pencarian besar tapi juga bisa menghasilkan konversi, atau bisa menghasilkan penjualan.

Saya menyebutnya dengan keyword penjualan. Keyword penjualan biasanya mengandung kata :

  • Jual
  • Beli
  • Toko
  • Jasa
  • Nama kota
  • Agen
  • Distributor
  • Grosir
  • dan kata lain sejenis ini

Misal produk saya adalah layanan SEO, maka keyword yang bisa mendatangkan konversi salah satunya adalah Jasa SEO.

Apakah huruf yang dibold mempengaruhi seo?

Apakah huruf yang dibold mempengaruhi seo? Termasuk huruf miring dan underline?

Jawab

Huruf di bold, underline dan italic atau huruf miring ini termasuk teknik yang sudah usang. Saat ini ketiganya sama sekali tidak mempengaruhi peringkat.

Optimasi judul

Untuk optimasi judul itu jika menggunakan keyword minimal yg longtail keyword berapa kata ya? Biar ada kesempatan memenangkan posisi page one, biasanya saya sering ambil yg 3 kata tp selalu kalah saing.

Jawab

Semakin banyak jumlah kata dalam keyword biasanya semakin mudah optimasinya, dan untuk optimasi judulnya, keyword harus dituliskan di judul.

Artikel pendukung internal apa masih wortit?

kalo artikel pendukung internal apa masih wortit bang ?

Jawab

Artikel pendukung di dalam website sendiri masih sangat penting, semakin banyak artikel pendukung yang membahas seputar keyword yang ditargetkan semakin bagus.

Jangan lupa berikan link internal di dalamnya, atau bisa juga menggunakan Related post (artikel terkait).

Kalau artikel kita masukin out link (link keluar), apakah mempengaruhi SEO?

Kalau artikel kita masukin out link, pengaruh seo ga bang?

Jawab

Ini menjadi topik yang sedang hangat diperbincangkan pakar SEO Indonesia dan luar, kebanyakan mengatakan bahwa link keluar bisa berpengaruhh buruk terhadap peringkat.

Tapi faktanya saat saya melakukan analisa ke beberapa keyword dengan persaingan tinggi. Masih banyak yang menggunakan link keluar dan peringkat websitenya masih bertahan di 3 besar Google.

Jadi bagus atau tidaknya harus dicoba, kalau saya memilih untuk menghindari ini sekarang.

Mohon maaf, tidak semua diskusi yang masuk di sesi 1 tanya jawab grup Belajar SEO 2020 saya posting disini. Jika Anda ingin bertanya langsung dengan saya seputar SEO bisa ikut bergabung di grup Belajar SEO 2020.

Chat di grup tersebut saat ini memang ditutup, diseting hanya admin yang bisa mengirimkan pesan dan akan dibuka pada saat sesi tanya jawab saja, agar tidak ada spam di dalam grup.

Join Grup Belajar SEO 2020 disini >> KLIK DISINI

FAQ

Apa itu grup belajar SEO 2020?

Grup Belajar SEO 2020 merupakan grup WhatsApp yang saya buat untuk diskusi seputar SEO terupdate. Disana rutin satu minggu sekali dijadwalkan sesi tanya jawab.

Apa grup ini berbayar?

Grup 100% gratis tidak dipungut biaya sama sekali.

Kenapa grup ini dibuat?

Grup ini dibuat hanya sebagai sarana tanya jawab seputar SEO untuk Anda yang belum bisa mengikuti kursus SEO yang saya adakan.

Apakah setalah gabung grup wajib ikut kursus SEO?

Tidak, Anda bisa bebas bertanya di grup tanpa harus mengikuti kursus. Namun jika Anda mau dibimbing langsung bisa ikut program kursus SEO.

Apa keuntungan join di grup belajar SEO 2020?

Keuntungannya Anda bisa tanya jawab langsung dengan saya seputar teknik SEO yang setiap minggunya membahas tema berbeda tanpa bayar.

Saya ragu untuk join grup Belajar SEO 2020

Tidak ada paksaan untuk Anda join di grup Belajar SEO 2020, karena Anda join ataupun tidak untung dan ruginya ada di Anda. Anda-lah yang akan merasakan manfaatnya.

Bagaimana cara join grup Belajar SEO 2020?

Cara join grup Belajar SEO 2020 ada di atas dan di bawah artikel ini. Silahkan klik linknya.

Chat di grup Belajar SEO 2020 ditutup mas?

Chat di grup Belajar SEO 2020 hanya dibuka pada saat sesi tanya jawab, hal ini untuk menghindari spam.

Kapan jadwal sesi tanya jawab berikutnya?

Jadwal sesi tanya jawab berikutnya akan diinformasikan di grup.

Nanti masuk grup hanya akan dijuali produk mas Defri saja?

Di grup, sesekali saya akan menginformasikan program-program yang saya adakan baik program berbayar maupun program gratis. Intinya hanya sebagai informasi, Anda boleh ikut programnya boleh juga tidak. Sekali lagi, tidak ada paksaan.

Namun dengan join di grup ini Anda mendapatkan keuntungan bisa mengikuti sesi tanya jawab dan bertanya langsung kepada saya seputar SEO terbaru.

Sampai bertemu di Sesi Tanya Jawab Grup Belajar SEO 2020 berikutnya ya!

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Rangkuman Sesi Tanya Jawab 1 Grup Belajar SEO 2020

Sorry, comment are closed for this post.