Menu Click to open Menus
Home » Website » Cara Membuat Website Sendiri

Cara Membuat Website Sendiri

(146 Views) February 8, 2021 10:09 am | Published by

Bagaimana cara membuat website sendiri dari nol tanpa coding, simak penjelasan lengkapnya dikonten ini.

Membuat website ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, Anda tidak perlu bersusah payah mempelajari coding yang sangat rumit. Hanya tinggal klik dan instal maka website Anda siap untuk digunakan.

Pelajari selengkapnya di sini :

Link yang disebutkan di Video :

  1. Grup Sharing Ilmu Laskarseo {S-I-L} https://defriansyah.net/grup-sil/
  2. Tutorial Cara Membeli domain dan Hosting

Anda ingin sekali membuat situs website pribadi dengan praktis walau tidak menguasai sistem coding atau pemrograman website? Tenang saja, Anda telah membaca artikel yang paling tepat. Karena pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan cara untuk membuat website sejak awal dengan mudah walau Anda tidak paham tentang pemrograman sekalipun.

Karena nyatanya cara membuat website itu sangat mudah, dan sangat praktis untuk dipraktekkan. Kami pun membuat video ini karena berharap agar di masa depan semakin banyak orang yang tergerak untuk membuat website pribadi maupun untuk kepentingan bisnis agar nantinya bisa semakin go international.

Manfaat Pembuatan Website Sejak Dini

Di era milenial, internet semakin banyak digunakan untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Adanya sebuah website bukan hanya dijadikan sebagai situs untuk mencurahkan isi hati saja, namun juga digunakan sebagai sarana monetisasi. Website yang dulunya hanya digunakan sebagai sarana menuliskan apa yang ada dalam pikiran, kini digunakan sebagai sarana mendapatkan penghasilan.

Nah, inilah pentingnya bagi Anda untuk membuat website sejak dini, karena nyatanya persaingan melalui internet semakin ketat dari hari ke hari. Persaingan yang dimaksud adalah persaingan dalam hal trafik. Karena semakin dini Anda membuat website, maka semakin besar pula kemungkinan website Anda untuk unggul dalam ranah niche tertentu. Terlebih website tersebut terus menerus diberi optimasi Search Engine Optimization (SEO).

Selain itu memulai proses pembuatan website sejak dini juga bermanfaat untuk membangun brand awareness atau mendapatkan kepercayaan klien. Karena tentu saja website yang telah lama berdiri lebih dipercaya daripada website yang baru saja dibuat. Terlebih website yang pakai fasilitas gratis atau tak berbayar.

Mari Buat Website Anda Sekarang Juga!

Sebenarnya tidak ada salahnya dengan mempraktekkan cara membuat website gratis dengan fasilitas yang tak berbayar. Akan tetapi lebih baik membuat website dengan fasilitas berbayar sejak dini agar nantinya para pengunjung menganggap situs Anda sebagai situs yang kredibel. Terutama jika Anda membuat website dengan tujuan berbisnis.

Berikut ini kami berikan step by step membangun website tanpa coding yang bisa dengan mudah Anda praktekkan di rumah.

1. Persiapkan Domain serta Hosting

Hal pertama yang harus Anda siapkan agar nantinya tidak repot ketika membuat website adalah Domain serta Hosting. Bagi Anda yang belum paham terkait konsep Domain serta Hosting, berikut ini penjelasan singkatnya :

  • Domain : merupakan alamat website, yang akan pertama kali diperhatikan oleh pengunjung ketika berkunjung ke situs Anda. Bentuk domain biasanya berupa .com, .co, .id, atau .co.id untuk yang berbayar. Sedangkan domain gratis biasanya berbentuk .wordpress.com, .blogspot.com.
  • Hosting : merupakan situs pusat / server yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang Anda unggah di website Anda nantinya. Semakin besar kapasitas hosting yang Anda sewa, maka akan semakin banyak pula komponen yang bisa Anda tampilkan di situs yang Anda buat.

Pada postingan sebelumnya, kami telah menyarankan Anda untuk menyewa domain serta hosting yang berbayar pada situs penyedia D & H yang kredibel. Kami pun juga telah menyertakan tutorial beli domain serta hosting yang terpercaya pada postingan yang lain.

2. Setting CPanel + Install WordPress

Setelah menyewa hosting berbayar, biasanya Anda akan mendapatkan email dari pihak penyedia hosting berisi URL (domain yang dipilih), username, serta password awal. Yang Anda perlukan adalah melakukan login CPanel dengan menggunakan identitas yang ditentukan oleh pihak pusat. Setelah bisa login, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Cari bagian “Software”, klik “Wordpress”. Nantinya Anda akan dibawa pada pengaturan instalasi WordPress agar bisa melakukan building situs tanpa coding.
  • Pilih URL sesuai dengan yang Anda inginkan. Jangan lupa juga pilih versi WordPress yang ingin Anda install (disarankan untuk install versi terbaru, yaitu versi 5.61). Berbeda versi WordPress, maka berbeda pula fasilitas yang didapatkan.
  • Lakukan setting profil pada bagian Site Name (sesuai dengan nama situs yang diinginkan), Site Description (diisi dengan deskripsi situs yang ingin ditampilkan).
  • Lakukan setting Admin Username, usahakan tidak menggunakan nama “admin” karena mudah di-hack. Jangan lupa juga untuk melakukan pengaturan password baru agar nantinya situs WordPress Anda semakin aman.
  • Pada bagian Plugin, pilih add ons yang diinginkan sesuai dengan yang ingin ditampilkan pada website. Untuk masalah plugin, pilihlah yang benar-benar Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Karena semakin banyak plugin yang terinstal, menyebabkan semakin berat pula website Anda di-load pengguna internet (bisa berakibat buruk untuk trafik pengunjung).
  • Klik Install untuk menginstal WordPress, dan tunggu hingga proses selesai (100%).

3. Setting WordPress

Setelah proses instalasi selesai, nantinya Anda akan dibawa ke laman setting WordPress secara langsung. Namun jika Anda menutup layar setelah instalasi selesai, Anda bisa mengakses situs tersebut melalui alamat *domainanda*.com/wp-admin/. (Note: domainanda diganti dengan alamat Anda yang sebenarnya)

Website Anda memang sudah jadi, akan tetapi tampilannya masih sangat default atau sederhana. Jika Anda ingin merubah tampilan website tersebut, bisa menggunakan fasilitas yang ada di dalam halaman setting WordPress tersebut. Nah, untuk melakukan modifikasi tampilan terutama untuk website toko online, akan kami bahas pada postingan video selanjutnya.

Namun yang paling penting, nantinya Anda harus melakukan setting Permalink, karena nantinya model alamat situs juga mempengaruhi penilaian dari situs mesin pencarian. Kami sarankan agar Anda memilih tipe “Postname” dengan model yang simpel agar nantinya pengunjung bisa lebih mudah untuk menghafal nama URL Anda.

Bagaimana, mudah bukan, cara membuat website dengan media WordPress tanpa coding sama sekali? Dengan membuat website sejak dini, Anda akan bisa bersaing dengan kompetitor Anda nantinya. Untuk proses setting website yang lebih kompleks, nantinya kami akan posting video terbaru. Jadi jangan sampai ketinggalan!

Lalu Mengapa Harus Pakai WordPress?  

Platform pembuatan website sangat banyak jika Anda mencarinya di internet, tidak hanya WordPress saja. Akan tetapi kami lebih menyarankan penggunaan WordPress karena memang sangat populer dan tidak memerlukan wawasan serta aplikasi praktek coding (pemrograman). Anda tinggal melakukan basic setting sesuai dengan berbagai langkah yang telah kami berikan pada artikel atau video pada halaman ini.

WordPress juga merupakan platform pembuatan website yang memiliki ragam template gratis maupun berbayar yang paling banyak, bebas untuk Anda pilih. Bahkan berbagai perusahaan ternama pun juga menggunakan WordPress sebagai platform pembuatan situs resmi mereka.  Ini membuktikan jika WordPress sangat direkomendasikan terutama untuk pihak pemula yang ingin membuat website sedari dini.

Itulah cara membuat website yang mudah tanpa mengaplikasikan pemrograman sama sekali. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa ikuti terus update terbaru metode buat website termudah dari kami selengkapnya. Terimakasih!

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags:
Categorised in:

Comment Closed: Cara Membuat Website Sendiri

Sorry, comment are closed for this post.