Menu Click to open Menus
Home » Website » Cara Membuat Website Toko Online

Cara Membuat Website Toko Online

(176 Views) February 15, 2021 6:45 am | Published by

Bagaimana cara membuat website toko online sendiri, mudah dan tanpa coding? Simak terus konten ini sampai selesai.

Pada konten website kali ini saya akan bahas bagaimana membuat toko online dengan mudah, dijelaskan secara step by step sehingga mudah dipahami dan mudah diikuti.

Pelajari selengkapnya disini :

Link yang disebutkan di video :

  1. Grup Sharing Ilmu Laskarseo {S-I-L} https://defriansyah.net/grup-sil/
  2. Cara Membuat Website Part 1 : Klik disini

Pada dasarnya membuat toko online itu mudah, yang membuat sulit adalah karena kita belum mengetahui basic ilmunya. Selain itu toko online cenderung terlihat rumit karena ada interaksi pengunjung website dengan produk yang ditampilkan di sana. Sehingga ada banyak sekali setting website toko online yang harus dilakukan oleh pemilik situs.

Namun jangan khawatir, Anda sekarang bisa membuat toko online sendiri bahkan tanpa coding sekalipun. Website toko online atau e-commerce tersebut nantinya hanya memerlukan pengaturan dengan berbasis UI atau user interface melalui setting panels yang muncul di layar. Caranya, tentu saja menggunakan theme atau tema WordPress khusus untuk toko online.

Berbagai jenis website yang WordPress based di internet biasanya menggunakan tema tertentu yang biasanya disesuaikan dengan keperluan pembuatan web itu sendiri. Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan teknik melakukan pengaturan web toko online dengan salah satu tema berbayar, yaitu tema yang bernama Lapax.

Komponen Wajib Sebuah Toko Online Terpercaya

Dilihat dari sudut pandang pengunjung, toko online yang memiliki komponen lengkap serta tidak lemot ketika di-load pasti menjadi primadona. Dalam kata lain, website seperti itulah yang akan disukai serta dikunjungi berkali-kali untuk kepentingan belanja online.

Tidak usah jauh-jauh melihat marketplace dengan sistem marketing serta penjualan terbaik seperti Tokopedia atau Shopee. Sebenarnya Anda bisa memasang produk Anda pada sebuah toko online bikinan Anda sendiri dengan sistem penjualan yang sederhana. Contohnya seperti menaruh di keranjang, memesan pre order, membeli barang yang ready stock, dan membayar pesanan.

Lalu apa saja komponen penting yang diperlukan dalam sebuah website toko online? Nah berikut ini berbagai komponen wajib toko online terpercaya yang harus ada di situs Anda nantinya :

1. Domain dan hosting yang terpercaya

Satu hal yang pasti dibutuhkan oleh setiap website termasuk website toko online atau e-commerce adalah domain serta hosting. Domain bisa dibilang sebagai alamat dari website toko online tersebut, sedangkan hosting adalah penyedia server untuk menyimpan berbagai data yang akan diunggah di situs Anda.

Untuk setting domain serta hosting dan instalasi WordPress, kami telah membahasnya secara mendetail pada video kami yang lain. Yang pasti, untuk tampilan toko online pastikan domain yang dipilih tidak asal-asalan. Karena tujuan utama dari pembuatan website tersebut adalah untuk kepentingan bisnis.

2. Detail produk

Pengunjung yang berkunjung ke website toko online Anda adalah calon pembeli yang punya kemungkinan besar melakukan purchasing terhadap barang yang dijual. Sama seperti ketika Anda menawarkan barang secara tatap muka langsung, buatlah kalimat atau kata-kata yang menyentuh hati.

Deskripsikan barang yang Anda jual dengan kalimat yang jelas, lugas, dan tidak punya banyak arti. Jelaskan pula berbagai detail produk hingga sejelas mungkin, agar nantinya pengunjung tidak perlu melakukan chat pada penjual terkait produk yang akan dibeli (karena sebagian pengunjung risih jika harus chat lebih dulu).

3. Foto produk real

Foto produk menjadi komponen lain toko online yang harus banget diadakan. Foto ini akan memperjelas gambaran produk yang sedang dijual secara online, yang bisa memuaskan rasa penasaran pengunjung. Dengan adanya sebuah foto produk, pengunjung (walau yang tidak membeli sekalipun) bisa melihat gambaran produk yang dijual tanpa harus ribet.

Saran dari kami, pasanglah foto real produk sesuai dengan kenyataan. Jika memang Anda tidak memiliki produk real-nya atau hanya menjualkan produk orang lain, pastikan untuk memasang gambar yang sesuai dengan deskripsi.

4. Kategori produk

Kategori produk juga menjadi komponen website toko online yang harus diadakan oleh pemilik situs. Pemilihan produk berdasarkan kategorinya memang memudahkan pengunjung toko online dalam berbelanja. Setelah itu, produk yang diposting pasti bisa dipisahkan sesuai dengan kategorinya agar tampilan website lebih ringkas.

 Dan masih ada banyak lagi berbagai komponen dari toko online yang harus ada. Namun begitu, keempat poin di atas adalah yang paling penting keberadaannya.

5. Cara Setting Website Toko Online

Untuk bisa melakukan setting toko online, Anda butuh membuka panel setting admin WordPress terlebih dahulu. Caranya, akses dashboard wp-admin wordpress dengan mengetikkan *domainanda.com/wp-admin* pada address bar browser Anda. Setelah itu klik Appearance > Themes > Add new.

Anda yang telah membeli tema berbayar, pasti akan mendapatkan suatu email baru dari penjual tema WordPress tersebut. Nantinya ada pilihan file yang harus diunduh agar bisa melakukan setting tema WordPress. Nah, unduhlah file tersebut, dan biarkan email terbuka agar nantinya bisa mengetikkan kode aktivasi yang diperlukan.

Jika sudah mengunduh file, lakukan langkah berikut : Klik Upload Theme pada WordPress > Choose File> Pilih file yang telah didownload tadi > Open > Install. Setelahnya Anda akan mendapatkan akses untuk mengaktivasi tema yang telah dibeli. Klik Activate > jika diminta verfiikasi, gunakan kode yang dikirim lewat email.

Setelahnya, Anda akan bisa melakukan setting default melalui langkah berikut ini :

  • Klik pada nama tema yang telah diinstall, lakukan setting pada menu yang tertampil dari atas hingga bawah. Yaitu :
    • Pengaturan tentang toko  (nama, logo, favicon, jam kerja toko)
    • Pengaturan kontak (email , call center, WA, dsb)
    • Home setting (slider On / Off, windows text On / Off, welcome text, setting layout manager. Uuntuk layout manager, ada dua bilah. yaitu Enable dan Disabled. yg Enable yang akan ditampilkan pada layar, jika ingin mengaktifkan yang di bilah Disabled, tinggal di-drag ke bagian Enable
    • Lakukan setting banner dengan gambar yang memenuhi kriteria. Biasanya gambar yang memenuhi syarat sebagai banner website toko online yaitu 728 x 90 piksel. Anda bisa melakukan pengaturan ini pada aplikasi editing foto
    • Kategori spesial dari produk yang akan ditampilkan
    • Testimoni yang akan ditampilkan
    • Setting teks berjalan On / Off
    • Responsive layout (disesuaikan dengan layar gadget)
    • Setting metode belanja
    • dan berbagai pengaturan lain yang Anda inginkan (bisa dilihat pada tema WordPress masing-masing)
  • lakukan setting produk, klik “Produk” > “Tambah Produk”. Pada bagian ini, Anda bisa bebas mengisi deskripsi produk yang hendak ditampilkan. Bisa dimulai dari menambahkan judul, detail teks hingga mengatur harga produk yang ingin ditampilkan pada bagian bawah kolom teks. Anda juga diharapkan untuk mencontreng kotak kategori produk agar tampilan website lebih sistematis.

Nah, itulah cara mengatur tampilan toko online agar nantinya terlihat lebih indah dan enak dipandang. Selain itu, hendaknya tampilan website toko online dibuat dengan menonjolkan fungsinya, bukan sekedar keindahannya. Karena pengunjung toko online cenderung lebih suka website e-commerce yang simpel, sederhana, dan fungsional daripada yang terkesan ribet. Selamat mempraktekkan dan semoga bermanfaat!

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Cara Membuat Website Toko Online

Sorry, comment are closed for this post.