Menu Click to open Menus
Home » Belajar Bisnis » Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

(199 Views) July 6, 2020 9:12 am | Published by

Kali ini saya ingin membahas tema yang sedikit berbeda, jika biasanya kita lebih sering membahas tentang teknik dan perkembangan SEO, kali ini kita bahas cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula.

Kenapa tema ini yang saya angkat?

Tema ini saya angkat karena banyaknya informasi yang masuk mengenai teman-teman yang usahanya mengalami penurunan, tentang teman-teman yang di PHK dari pekerjaanya dan saat ini membutuhkan penghasilan untuk tetap bertahan.

Banyak-banyak bersyukur untuk kita yang saat ini usahanya masih berjalan, untuk Anda yang saat ini masih bekerja walau pun mengalami pemotongan gaji. Karena ternyata diluaran sana banyak orang yang sudah tidak berpenghasilan.

Semoga tulisan dan video kali ini bisa menjadi jalan untuk Anda mendapatkan ide mencari rezeki terutama mendapatkan uang dari internet.

Bagaimana cara cepat menghasilkan di kondisi pandemi seperti ini?

Dulu saat saya mengalami masa-masa sulit, saya tidak berpikir jernih. Apapun peluang yang ada saya ambil, produk apapun yang bisa saya jual, saya jual dan saya coba pasarkan kesemua orang yang saya kenal baik secara offline maupun online.

Dan akhirnya saya menyerah karena produk yang saya tawarkan tidak laku.

Apa yang salah disini?

Salahnya adalah karena saya mulai dari produk dan dalam kondisi saya tidak mengerti cara memasarkan produk secara online seperti menggunakan SEO, FB ads, marketplace atau lainnya.

Jangan mulai dari Produk

Maka saran saya untuk Anda yang masih pemula dan ingin cepat mendapatkan uang dari ineternet, jangan mulai dari produk. Tapi mulai dari membaca kebutuhan market yang ada.

Baca Kebutuhan Market yang Ada

Maksudnya gimana?

Agar lebih mudah dipahami saya beri beberapa contoh kasus dari alumni pelatihan SEO.

Contoh kasus 1

Salah satu alumni pelatihan yang merupakan sarjana fakultas kedokteran diawal memulai pelatihan sedikit bingung produk apa yang mau dioptimasi untuk praktek pelatihan.

Setelah saya gali, ternyata beliau masih aktif di kampusnya. Dan kebutuhan mahasiswa kedokteran adalah alat-alat kesehatan untuk praktek kuliah.

Akhirnya dia putuskan untuk menjual alat-alat kesehatan, terutama alat-alat kesehatan yang sering digunakan untuk praktek mahasiswa kedokteran.

Hasilnya produknya laris sebelum SEO nya selesai dioptimasi.

Hanya bermodal promosi di grup WA, di sosial media pribadi dan grup-grup kampus.

Kenapa bisa laris?
Karena marketnya sudah ada, dan beliau kenal baik dengan marketnya.

Coba saja kalau saat itu peserta pelatihan ini menjual produk lainnya yang tidak ada hubungannya dengan mahasiswa kedokteran seperti baju muslim misalnya. Pasti hasilnya akan berbeda.

Contoh Kasus 2

Contoh kasus berikutnya adalah saya sendiri, sekitar 2-3 tahun lalu, saat itu order jasa seo saya belum seramai saat ini, karena belum ramai saya harus mencari produk lainnya yang bisa saya jual untuk mendapatkan tambahan penghasilan di bisnis SEO ini.

Melihat market yang ada disekitar, yaitu orang-orang yang senang SEO, orang-orang yang memasarkan produk mereka menggunakan SEO. Akhirnya saya coba list kebutuhan orang-orang yang bermain SEO.

Dari situ saya mendapatkan kebutuhan yang paling urgent adalah artikel, saat itu juga saya mencari orang yang bisa diajak kerjasama untuk memenuhi kebutuhan ini.

Setelah dapat, kemudian saya coba promosikan.

Promosi saat itu belum menggunakan SEO, belum menggunakan promosi berbayar. Yang saya lakukan hanya :

  • Posting di Grup Alumni
  • Posting di Sosial media pribadi
  • Tawarjan ke peserta pelatihan

Dan hasilnya hari pertama langsung mendapatkan ratusan order artikel, hari-hari berikutnya mendapatkan ribuan order artikel.

Kenapa bisa langsung laris?

Karena saya sudah mempunyai marketnya, saya tidak memaksakan produk saya masuk ke market, tapi saya melihat kebutuhan market dan memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Satu orang kebutuhan artikelnya minimal 50 dan saya memiliki banyak market dari grup alumni, peserta pelatihan dan teman-teman sosmed yang juga melakukan promosi menggunakan SEO. Jadi wajar kalau langsung laris.

Sayang usaha ini tidak berlanjut karena mitra saya ketetran dan belum bisa memenuhi permintaan order yang membludak.

Contoh Kasus ke 3

Misal Anda adalah seorang ibu muda yang rajin ikut pengajian, majelis taklim atau sebagainya. Orang-orang disekitar Anda tentu merupakan wanita-wanita muslimah.

Wanita muslimah ini merupakan kuncinya.

Setelah mengetahui market Anda adalah merupakan wanita muslimah, selanjutnya Anda perlu me-list produk-produk apa saja yang menjadi kebutuhan wanita muslimah.

Salah satu contohnya adalah busana atau baju muslim.

Jangan lupa Anda juga harus menyesuaikan harga baju muslim Anda dengan market yang ada. Jika marketnya merupakan kalangan menengah ke atas maka Anda bisa menjual baju muslim dengan harga mahal namun dengan kualitas terbaik.

Tapi jika market Anda kalangan menengah ke bawah, jangan tawarkan baju muslim dengan harga mahal, tapi bisa tawarkan baju muslim dengan harga yang terjangkau namun dengan kualitas cukup baik.

Tiga contoh di atas saya rasa cukup ya untuk menjelaskan kenapa Anda harus mulai dari membaca kebutuhan market bukan mulai dari produk.

Yang Perlu Anda Lakukan Sekarang

Setelah mengetahui hal di atas maka yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mulai mendata market yang ada disekitar Anda. Saya yakin pasti ada banyak sekali tipe market yang berbeda, namun dari semuanya pasti ada satu yang paling banyak atau paling menonjol.

Setelah menemukan marketnya, beriktunya adalah list produk-produk apa saja yang dibutuhkan market Anda. Buat list sebanyak-banyaknya agar nantinya Anda memiliki banyak pilihan.

Bolehkan menawarkan lebih dari satu produk?

Boleh, Anda boleh menawarkan lebih dari satu produk. Yang terpenting produknya masih menjadi kebutuhan market yang Anda miliki. Jangan mencari market baru tapi fokus pada kebutuhan market yang ada lebih dulu.

Tahap berikutnya mulailah mencari mitra, produsen atau distributor dari produk yang dibutuhkan market. Dan mulailah menjalin kerjasama.

Jangan lupa walau Anda kenal baik dengan distributornya Anda wajib menuliskan perjanjian kerjasama secara detail.

Tahap terakhir mulailah mempromosikan produk tersebut pada market Anda, bisa melalui WA atau sosial media yang Anda miliki.

Kesimpulan

  • Salah satu cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dengan cepat adalah mulai dari membaca kebutuhan market.
  • Setelah Anda tahu produk apa yang dibutuhkan market, mulailah mencari produsen atau distributor produk tersebut untuk diajak kerjasama.
  • Selanjutnya promosikan produk tersebut ke market yang ada dengan cara posting di sosmed, posting di grup WA dan media lain yang Anda miliki. Ingat tetap jaga adab dalam berpromosi.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Sorry, comment are closed for this post.