Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » 7 Teknik SEO Terbaik Tahun 2020

7 Teknik SEO Terbaik Tahun 2020

(309 Views) March 3, 2020 8:45 am | Published by
Teknik SEO

7 Teknik SEO Terbaik di 2020, apakah judul yang menggunakan angka di depan seperti ini mempengaruhi peringkat sebuah website? Simak faktanya berikut ini.

Pada tulisan kali ini saya tidak ingin membahas tentang 7 teknik SEO terbaik di tahun 2020, tapi saya ingin membahas apakah dengan menambahkan angka 7 atau angka lainnya di depan judul berpengaruh terhadap SEO dan peringkat sebuah website.

Pendahuluan

Tulisan ini dibuat atas dasar pertanyaan yang masuk di Grup WA Belajar SEO 2020, sebuah grup gratis yang saya buat sebagai sarana tanya jawab seputar teknik SEO untuk Anda yang saat ini belum berkesempatan belajar langsung dengan saya di program Kursus SEO.

Satu minggu sekali biasanya saya menjadwalkan sesi tanya jawab rutin 1-2 jam lamanya.

Belum join Grupnya? Klik Disini >> Grup WA

Selain itu jika kita amati pada keyword-keyword tertentu seperti keyword teknik SEO. Website-website teratas menggunakan angka di depan judul mereka. Lihat gambar di bawah ini :

7 Teknik SEO 2020

Dari 5 website teratas untuk keyword teknik SEO, 4 diantaranya menggunakan angka di depan judul mereka. Ada yang menuliskan angka 10, 14, 8 dan 30. Dan website ini berada di halaman satu Google bahkan menempati peringkat 5 besar Google.

Jadi apakah penulisan angka di depan judul mempengaruhi SEO dan peringkat website?

Baca terus ya, akan kita gali lebih dalam lagi.

Menurut Pedoman Google

Sepanjang saya membaca pedoman Google dan mengikuti artikel-artikel SEO yang dituliskan langsung oleh Google saya belum pernah menemukan tulisan yang menyatakan bahwa penulisan angka di depan judul mempengaruhi peringkat.

Koreksi jika saya salah, karena mungkin saja ada tulisan yang terlewat atau saya lupa sebagai seorang manusia biasa 🙂 .

Dari sini bisa disimpulkan bahwa menurut Google ini sama sekali tidak mempengaruhi peringkat.

Pertanyaannya kenapa pada gambar di atas dari 5 website teratas Google 4 diantaranya menggunakan angka di depan judul mereka?

Seperti yang sudah sering saya katakan, dalam mempelajari SEO jangan mudah percaya sekalipun Google yang memberi informasi secara langsung sebelum Anda praktekan dan melihat sendiri hasilnya.

Ini juga berlaku ketika Anda membaca tulisan-tulisan saya di website ini terkait teknik SEO, jangan percaya begitu saja sebelum Anda praktekan dan rasakan hasilnya.

Berdasarkan Analisa Pribadi

Sekali lagi ini berdasarkan analisa pribadi, jadi bisa saja salah. Tapi saya coba tuliskan berdasarkan pengalaman 7 tahun lebih menekuni dunia SEO.

Secara langsung penulisan angka di depan judul memang tidak berpengaruh terhadap peringkat, tidak seperti meningkatkan kecepatan website yang bisa secara langsung dirasakan peningkatan peringkatnya.

Atau tidak seperti memberikan backlink berkualitas yang juga bisa langsung dirasakan manfaatnya terhadap kenaikan peringkat website.

Tapi penulisan angka di depan judul berpengaruh terhadap psikologi user, user seperti Anda lebih tertarik untuk meng-klik judul yang ada angka di depannya.

Masa sih mas? Mana buktinya?

Buktinya, Anda masuk dengan meng-klik tulisan ini dan membaca sampai pada bagian ini 🙂 .

Coba saja bandingkan dua ini :

  • Teknik SEO
  • 7 Teknik SEO

Mana yang lebih menarik antara dua judul di atas, teknik SEO atau 7 teknik SEO.

Dan berdasarkan pengalaman, ketika saya menuliskan judul dengan angka di depan seperti pada tulisan ini. Biasanya jumlah orang yang klik dan masuk ke dalam website untuk membaca artikelnya jauh lebih banyak dari konten yang judulnya tidak menuliskan angka di depan.

Meningkatkan RKT

Secara langsung penulisan angka di depan judul memang tidak mempengaruhi SEO atau tidak mempengaruhi kenaikan peringkat, tapi secara tidak langsung penulisan angka ini dapat menaikan RKT (Rasio Klik Per Tayang).

Dan RKT ternyata sangat mempengaruhi peringkat, begini cara kerjanya.

Sebagai contoh saja, ketika saya mengetikan keyword Teknik SEO Terbaik, muncul judul-judul seperti ini :

  1. Teknik SEO Terbaik
  2. Teknik SEO Terbaik untuk Pemula
  3. Teknik SEO WordPress
  4. 7 Teknik SEO Terbaik
  5. Teknik SEO Terbaik yang harus Anda pelajari

Ini hanya contoh ya.

Misal website Anda saat ini berada di urutan ke 4 dengan judul 7 Teknik SEO Terbaik. Dan 5 website lainnya tidak menuliskan angka di depan judul mereka.

Berdasarkan psikologi tadi angka di depan lebih menarik untuk di klik. Walau website Anda berada di peringkat ke-4 bisa saja website Anda yang di klik lebih dulu oleh user, karena dianggap lebih menarik.

Jika ini sering terjadi efeknya RKT Anda naik, dan RKT website pesaing di atas Anda turun, akibatnya Google akan mengganggap website Anda lebih relevan untuk keyword ini, sehingga Google menaikkan peringkat website Anda dan menggeser website-website di atas Anda.

Kalau semuanya menuliskan angka bagaimana?

Tambahkan kata-kata lain yang menarik selain menuliskan angka di depan tadi. Contoh pada tulisan ini saya menambahkan di tahun 2020, karena untuk teknik SEO saya yakin user mencari teknik terbaru untuk mereka pelajari, maka saya tambahkan tahun di belakang judulnya.

Anda juga bisa memilih angka-angka yang secara psikologi lebih menarik dari angka lainnya misalnya :

  • Angka 3
  • Angka 5
  • Angka 7
  • Angka 10

Biasanya ke 4 angka ini lebih menarik dari angka lainnya. Di coba saja ya!

Kesimpulan

Menuliskan angka di depan judul secara langsung memang tidak mempengaruhi peringkat, tetapi secara tidak langsung dengan menuliskan angka di depan judul bisa menaikkan RKT pada konten Anda.

Dan ternyata RKT ini salah satu faktor algoritma Google dalam menentukan peringkat website di halaman pencarian mereka.

Jadi jika memungkinkan tulisalah angka di depan judul tulisan Anda.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: 7 Teknik SEO Terbaik Tahun 2020

Sorry, comment are closed for this post.