Menu Click to open Menus
Home » Website » Berapa Biaya Pembuatan Website?

Berapa Biaya Pembuatan Website?

(84 Views) January 28, 2021 10:08 am | Published by

Ternyata biaya pembuatan website tidak semahal yang Anda bayangkan, website yang tampilannya sangat bagus dan terlihat profesional belum tentu harganya mahal.

Apalagi jika Anda bisa membuatnya sendiri, tentu akan sangat menghemat budget.

Website adalah salah satu media yang sangat sering kita kunjungi ketika berselancar di internet, selain sosial media dan sarana surfing lain tentunya. Ketika melihat website milik orang lain, mungkin banyak dari kita yang terkagum-kagum karena tampilan website yang begitu apik. Selain itu, berbagai navigasi yang ada di dalamnya juga dirumuskan dengan rapi, begitu juga dengan konten di dalamnya yang unik.

Pasti di antara para pembaca juga sangat banyak yang merasa ingin memiliki website sendiri, akan tetapi mengundurkan niat karena merasa biaya pembuatan website itu mahal. Padahal tidak selalu proses pembuatan website dikenakan biaya yang sangat banyak, seperti puluhan hingga ratusan juta. Bahkan beberapa diantaranya justru gratis dan tak membutuhkan biaya pembuatan website sama sekali, akan tetapi tetap kualitasnya lebih baik yang berbayar.

Fungsi Website Secara Umum

Ketika ingin mencari sebuah informasi di internet, pasti kita lebih mempercayai informasi yang berasal dari sebuah website, bukan? Walaupun belum tentu informasi dari platform lain kurang kredibel, akan tetapi website memang cenderung disukai. Nah, ada banyak fungsi website untuk para pengguna. Diantaranya sebagai berikut :

1. Laman penyedia informasi

Fungsi utama website yang sangat kita kenal adalah sebagai laman penyedia informasi. Para pemilik website baik yang berasal dari kalangan pribadi, perusahaan, maupun pihak pemerintah menyediakan informasi yang diinginkan atau dibutuhkan masyarakat. Jenis informasi yang diposting pun juga tergantung dari keinginan pemilik situs.

2. Sarana berbagi (sharing)

Mungkin sebagian dari kita menganggap media sosial adalah sarana berbagi (sharing) yang efektif. Akan tetapi banyak juga yang menganggap website adalah media berbagi yang lebih baik karena lebih privat dan eksklusif. Dalam kata lain, berbagi cerita atau pengalaman pribadi di website akan lebih terasa menyenangkan.

3. Sarana personal branding

Fungsi lain dari sebuah website adalah untuk sarana personal branding atau menciptakan nilai diri. Seseorang yang memiliki sebuah website akan bisa membentuk citra dirinya sendiri dengan cara memposting konten yang akan membentuk opini publik tentangnya. Biasanya personal branding ini berkaitan erat dengan masalah karir.

4. Penghasil uang

Fungsi penghasil uang pada sebuah website terbentuk karena keinginan orang mendapatkan banyak penghasilan walau tanpa bekerja. Metode menghasilkan uang dari sebuah website pun cukup banyak. Ada yang melalui Google AdSense, bekerjasama dengan pengiklan langsung, menggunakan metode afiliasi perusahaan, hingga melalui website e-commerce. Di antara berbagai fungsi tersebut, jelas sudah mengapa website lebih disukai daripada hanya sekedar membagikan informasi di media sosial.

Jenis-Jenis Website Yang Mudah Ditemui

Walaupun kesannya website yang satu dengan yang lain itu sama, akan tetapi ada banyak jenis website di internet. Berikut ini berbagai jenis website yang perlu Anda ketahui :

  • Website untuk pribadi : yang biasanya dimiliki oleh perseorangan dan difungsikan untuk membagi berbagai informasi yang ingin diposting oleh pemilik.
  • Website untuk toko online : yang digunakan untuk sarana jual beli berbagai jenis produk yang diunggah oleh pemilik.
  • Website blog : yang digunakan untuk memposting konten yang berisi pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan teknologi.
  • Website company profile : yang digunakan untuk memposting informasi dasar sebuah perusahaan.
  • Website government : yang merupakan situs milik pemerintah dan menaungi kepentingan orang banyak.

Apakah Bisa Membuat Website Sendiri?

Karena sebuah website memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat, Anda sangat disarankan untuk membuat website sendiri. Walaupun ada banyak penyedia jasa buat website, akan tetapi mayoritas mereka menawarkan harga yang cukup tinggi. Padahal jika Anda membuat website sendiri, perhitungan biaya pembuatan website akan lebih murah.

Dalam kata lain, pembuatan website menggunakan jasa website developer lebih tinggi karena harus membayar jasa profesional mereka. Berbeda dengan pembuatan website sendiri, karena Anda pun bisa memilih berbagai komponen pembuatan situs website yang gratis maupun berbayar dengan kualitas baik.

Jangan khawatir masalah teknis, karena sejatinya tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika Anda memiliki niat yang kuat. Anda pun bisa menemukan berbagai tutorial pembuatan situs website, termasuk dalam website kami ini nantinya. Kami pun telah mengunggah video terkait alasan kuat Anda harus menggunakan website jika Anda butuh diyakinkan terkait hal itu.

“Tetapi saya kan tidak paham teknologi?”

Mungkin sebagian dari Anda pernah berpikir seperti itu. Akan tetapi satu hal yang pasti, jika Anda sudah memiliki keyakinan kuat dan telah mengenal dasar-dasar penggunaan internet, pasti tidak ada yang tidak mungkin. Anda harus mulai membuat website sejak dini karena nyatanya website itu sangat diperlukan, dan teknik pembuatannya tidak semahal / serumit yang diperkirakan.  

Tapi saya tidak bisa membuat website mas Defri

Tenang saja, InsyaAllah di tahun ini saya akan banyak memposting konten-konten tentang website termasuk bagaimana cara membuat website sendiri dengan biaya yang sangat terjangkau.

Memang berapa biayanya mas?

Beranjak pada bagian terpenting, kita akan membahas tentang rincian biaya pembuatan website yang perlu dibayar jika ingin membuat website sendiri. Pada video ini kami bukan sedang mempromosikan jasa pembuatan situs website kami, akan tetapi lebih bertujuan untuk sharing terkait ilmu mengenai Biaya pembuatan website yang terjangkau namun berkualitas.

Nah, pada dasarnya ada tiga hal yang perlu Anda ketahui terkait komponen paling penting dalam biaya pembuatan website. Yaitu Hosting, Domain, dan Theme (Tema). Di bawah ini akan kami bahas satu persatu poin tersebut beserta dengan perkiraan harganya.

1. Hosting

Sebuah website memerlukan penyedia hosting yang berkualitas, aman, dan profesional. Sehingga nantinya pemilik website bisa mengunggah berbagai komponen website sesuai dengan kapasitas hosting tersebut. Memang tak bisa dipungkiri jika kapasitas hosting sangat berpengaruh terhadap tampilan website.

Diibaratkan sebagai sebuah rumah, pasti semakin besar rumah (hosting)-nya, semakin banyak pula barang yang bisa disimpan di sana. Untuk kapasitas pemilihan hosting, kami sangat menyarankan Anda untuk memilih yang besarnya sekitar 2GB. Biaya hosting sekitar 2GB ini adalah sekitar 40rb per bulan atau 480rb per tahun.

2. Domain

Domain adalah alamat yang digunakan untuk membuat website. Biasanya berbentuk “.com”, “.co.id”, “.net”, dan lain sebagainya. Domain memang ada yang gratis dan berbayar. Namun kami sarankan Anda untuk menggunakan domain yang berbayar agar website lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencari.

Ciri-ciri domain gratis adalah berbentuk “.wordpress.com”, “.blogspot.com”, dan lain sebagainya. Dan website berdomain gratis memang kurang menarik. Berbeda dengan website dengan domain berbayar, yang akan lebih mudah diingat oleh orang. Biaya pembelian domain adalah sekitar 120rb per tahun (tidak bisa dibeli bulanan).

3. Theme

Tema sebuah website menentukan tampilan website tersebut. Anda bisa memilih berbagai tema di internet sesuka hati, terlebih banyak penyedia tema website yang menyediakan produk secara gratis. Sehingga kita asumsikan biaya pembelian tema untuk situs Anda adalah Rp 0,-.

Ketiga komponen tersebut sangat penting bagi sebuah website, sehingga pasti akan digunakan nantinya. Sehingga perkiraan biaya awal pembuatan website adalah sekitar Rp 160.000 saja (hosting Rp 40 ribu + domain Rp 120 ribu + tema Rp 0). Sangat murah, bukan? Dan untuk masalah domain, kami sarankan Anda untuk menggunakan domain yang berbayar. Karena hal ini sangat berkaitan erat dengan kepercayaan klien.

Jawaban lengkapnya sudah saya informasikan full dengan rinciannya di video di bawah ini, Anda pasti tidak menyangka biayanya semurah itu.

Tonton videonya sekarang :

Link yang disebutkan di video :

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Berapa Biaya Pembuatan Website?

Sorry, comment are closed for this post.