Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Berkenalan dengan Fitur-fitur Google Search Console

Berkenalan dengan Fitur-fitur Google Search Console

(292 Views) April 15, 2021 11:59 am | Published by
Kursus SEO

Google Search Console merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting bagi penerapan SEO. Google membuat Google Search Console sebagai alat utama untuk melakukan analisis kualitas dan data sebuah website dengan fitur yang sangat lengkap. Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai fitur tersebut serta cara penggunaannya bagi website.

Cara Menggunakan Google Search Console Untuk SEO

Part 1 : Overview Report

Pada bagian ini, Anda akan bisa melihat tiga bagian utama pada website. Yaitu Performance, Coverage, dan Enhancements.

Part 2 : URL Inspection Tool

Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk menginspeksi website Anda sendiri dari sudut pandang Google. Ketika Anda membuat blog atau melakukan renovasi website, alat yang terletak pada bagian atas Overview Report ini bisa digunakan untuk “meng-kode” Google untuk crawling website tersebut.

Cara menggunakannya cukup simpel, masukkan laman URL website Anda pada bilah pencarian yang tersedia. Lalu klik enter.

Berbagai kegunaan lain dari fitur ini diantaranya meluncurkan bagian baru situs, membuat desain mobile yang baru, melakukan pembaruan website yang lama, melakukan transisi HTTP ke HTTPS, memperbarui file robots.txt.

Part 3 : Performance

Pada bagian ini, Anda akan melihat grafik performa situs Anda. Data yang tampil pada laman yang satu ini bisa di-keep selama 16 bulan atau 1 tahun 4 bulan. Anda bisa melihat grafik yang berbeda dari laman tersebut dengan filter Job Posting, Rich Results, AMP Pages, Non-rich AMP Results, dan News.

Bagian Performance memberikan gambaran yang akurat terkait kinerja website dan kinerja konten pada SERP. Berbagai hal yang bisa diidentifikasi oleh bagian Performance adalah sebagai berikut :

  • Halaman dengan performa terbaik
  • Halaman dengan RKPT rendah
  • Jumlah klik per keyword
  • Dan lain sebagainya

Part 4 : Discover

Pada bagian ini, Anda bisa mencari tahu bagaimana konten Anda bereaksi terhadap aktivitas pengguna Google. Sehingga nantinya bisa diketahui konten mana yang bisa memancing tingkat interaksi pengunjung paling baik, seberapa sering pengunjung mengunjungi website Anda, dan lain sebagainya. Ada pula laporan AMP pada bagian ini.

Part 5 : Google News

Google selalu memberikan update riset data para pengguna layanan mereka secara berkala. Pada bagian ini Anda bisa mencari tahu tentang rasio klik – tayang dan berbagai hal lainnya berdasarkan negara, perangkat, dan tanggal akses. Google memantau setiap aktivitas para pengguna yang mengakses sebuah situs, apapun perangkat yang digunakan.

Part 6 : Index Reports

Laporan Indeks sangat berguna untuk mengetahui aksesibilitas CSS, mengetahui pembengkakan indeks pada sebuah web, melakukan penghapusan URL, serta berbagai fitur lainnya. Anda bisa mendapatkan data tentang performa konten pada penelusuan Google pada bagian Index Reports Google Search Console.

  • Coverages

Pada bagian ini, Coverages menampilkan berbagai halaman yang telah diindeks oleh Google. Laporan yang satu ini juga bisa menampilkan kesalahan dalam crawling, sehingga bisa memberitahukan bagian yang rusak dalam sebuah web. Anda juga bisa menemukan penggembungan indeks (Index Bloat) pada bagian ini.

Caranya : buka Google, masukkan URL. Gali setiap halaman hasil pencarian untuk menemukan pola dalam parameter setiap halaman. Jika Anda melihat halaman yang tak ingin diindeks ternyata diindeks Google, pastikan untuk menambahkan tag “noindex” pada file robots.txt.

  • Sitemap

Bagian Sitemap biasanya memberikan peringatan terhadap berbagai komponen yang ada pada situs Anda. Bagian-bagian dalam situs Anda dan perubahan di dalamnya bisa ditampilkan pada Sitemap. Anda bisa mengetahui riwayat perubahan dalam situs tersebut melalui laporan Sitemap.

  • Removals

Bagian Removals atau Penghapusan dalam Google Search Console dibagi menjadi tiga, yaitu :

  • Temporarily Removals (penghapusan sementara, berlangsung 6 bulan dan 1 hari proses)
  • Outdated Contents (konten kadaluarsa, penghapusannya bisa di-request oleh pengunjung situs)
  • SafeSearch Filtering (untuk melihat konten yang dilaporkan sebagai konten dewasa)

Bagian ini bisa juga digunakan untuk menghapus konten duplikat. Cara penggunaannya adalah :

  • Tambahkan tag meta “noindex” pada tiap halaman
  • Sisipkan tag rel = canonical pada tiap halaman
  • Larang halaman dalam file robots.txt
  • Kirim untuk melakukan penghapusan URL

Part 7 : Enhancements

Anda bisa melakukan banyak peningkatan kinerja situs melalui bagian Enhancements. Berikut ini berbagai fitur dalam bagian Enhancements :

  • Core Web Vitals

Core Web Vitals menunjukkan kualitas pengalaman pengunjung situs ketika melakukan visitasi pada website Anda. Segmen dalam Core Web Vitals adalah Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cummulative Layout Shift (CLS).

  • Mobile Usability

Pada bagian ini, Google memberikan alat untuk melakukan pengaturan seluler pada situs. Anda bisa memikirkan lebih lanjut terkait strategi web desain agar nantinya menyajikan performa yang cepat, bisa selalu diklik, dan lain sebagainya. Yang pasti, pada bagian ini Anda bisa melakukan modifikasi agar versi seluler situs bekerja dengan baik.

  • Accelerated Mobile Pages (AMP)

Laporan AMP akan memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan halaman AMP. Laporan yang satu ini menyajikan data peningkatan halaman seluler sebuah situs. Pada dasarnya, laporan AMP bisa juga dilihat pada bagian Performance.

  • Breadcrumbs

Jenis laporan yang satu ini bisa digunakan untuk memberitahu pemilik situs terkait masalah yang mencegah breadcrumbs ditampilkan pada SERP. Selain itu pemilik website bisa melihat berbagai kesulitan penerapan data pada SERP. Anda bisa memperbaiki kesalahan Breadcrumbs pada Google Search Console > Enhancements > Breadcrumbs.

  • Rich Results

Bgaian ini bisa membantu Anda melacak kesalahan serta hasil kinerja kaya yang telah dibuat. Bagian ini juga bisa menunjukkan kesalahan kritis pada konten yang telah Anda unggah di website. Rich Results pada Google Search Console melaporkan data yang lebih terstruktur. Contohnya seperti markup telusur tautan situs, markup produk, dsb.

  • Review Snippets

Bagian ini memberikan laporan cuplikan ulasan yang memberitahukan kinerja halaman selama ini. Selain itu bagian ini juga memberitahukan berbagai bagian cuplikan yang diaktifkan, serta memberikan laporan bahwa ulasan telah diterapkan dengan benar atau tidak.

  • Logos

Bagian logo memberikan indikator kinerja dan kesalahan yang terkait dengan markup tersebut. Jika terdapat kesalahan pada bagian ini, maka akan tampil notifikasi. Anda juga akan diberitahukan cara untuk memperbaikinya.

  • Sitelinks Searchbox

Pada bagian ini, Anda bisa mengetahui berbagai indikator kinerja dan kesalahan pada laporan kotak telusur tautan situs. Anda bisa memahami masalah yang muncul dan menerapkan langkah perbaikannya sesuai dengan intruksi yang diberikan.

Part 8 : Security & Manual Actions

Pada bagian ini, Google memberitahukan berbagai aturan terkait keamanan penggunaan website serta mencantumkan tindakan manual bagi para pemilik situs. Bagian ini terbagi menjadi dua, yaitu Manual Actions dan Security Issues. Anda bisa melihat satu persatu bagian tersebut untuk mendeteksi kesalahan yang mungkin muncul dan melakukan perbaikan sesuai instruksi yang diberikan.

Part 9 : Legacy Tools & Reports

Bagian ini terdiri dari International Targeting Reports, Messages, URL Parameters, dan Web Tools. International Targeting Reports memberikan informasi terkait target negara tertentu, serta memberitahukan kesalahan dalam tag hreflang. Anda juga bisa mengatur preferensi negara pada bagian ini.

Pada bagian Messages, Anda bisa melihat pesan yang dikirimkan Google pada Google Search Console. Bagian URL Parameters mengidentifikasi adanya konten duplikat, serta memberikan informasi lain terkait URL situs Anda. Sedangkan Web Tools berisi berbagai fitur untuk melakukan pengaturan pengiklanan seperti Google Ads, Google My Business, dan lainnya.

Part 10 : Links

Bagian ini menampilkan berbagai informasi terkait internal dan external links yang dituju dan menuju situs Anda. Biasanya website terbaik memerlukan penautan link pada website dengan DA/PA tinggi seperti CNN, Wikipedia, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memantau tautan balik dari website lain menuju situs Anda melalui bagian ini.

Part 11 : Settings

Bagian berikutnya yaitu Settings, yang berisi berbagai pengaturan terkait situs yang Anda miliki. Contohnya Change of Address, Email Notifications, Crawl Stats (Statistik Perayapan oleh Google), dan Associations.

Itulah bagian-bagian dari Google Search Console serta manfaatnya untuk penerapan SEO. Kedepannya, Google berencana untuk memberikan insights lebih baik pada bagian Core Web Vitals.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Berkenalan dengan Fitur-fitur Google Search Console

Sorry, comment are closed for this post.