Menu Click to open Menus
Home » Belajar Bisnis » Study Kasus Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Study Kasus Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

(83 Views) October 5, 2020 1:04 pm | Published by

Dimasa krisis ekonomi yang disebabkan pandemi Covid19 berkepanjangan seperti saat ini, tulisan tulisan dengan judul seperti cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula seperti ini tentu menjadi salah satu tulisan yang banyak dicari.

Tulisan seperti ini tentu sangat dibutuhkan untuk Anda yang saat ini mengalami :

  • Terkena PHK karena perusahaan tempat Anda bekerja mengalami penurunan Omset secara signifikan;
  • Di rumahkan tanpa gaji, karena tempat Anda bekerja sama sekali tidak bisa beroperasi karena pandemi;
  • Kehilangan penghasilan karena bisnis Anda terus mengalami kemerosotan penjualan;
  • Dan masih banyak penyebab lainnya yang membuat Anda kehilangan sebagian atau seluruh penghasilan rutin.

Sementara :

  • Anda tetap butuh penghasilan untuk membeli keperluan makan;
  • Anda tetap butuh penghasilan untuk membayar listrik, membayar air, bayar sekolah anak dan kebutuhan-kebutuhan lainnya;
  • Belum lagi Anda yang memiliki cicilan yang terus harus dibayar.

Jika Anda berada dalam posisi ini, saya tahu persis apa yang Anda rasakan. Bahkan mungkin keadaan saya saat itu jauh lebih buruk, seperti kisah yang saya posting beberapa hari lalu berjudul Uang Koin dan Telur Asin.

Jika Anda belum mendengarkan kisah tersebut Anda bisa mendengarkannya disini Uang Koin dan Telur Asin.

Disana saya menceritakan, bagaimana kondisi saat itu yang benar-benar sulit, bahkan untuk membeli 1 butir telur asin pun saya tidak mampu.

Jika hari ini, Anda masih mampu membelu sebutir telur asin, maka kondisi Anda masih jauh lebih baik dari kondisi saya saat itu. Jika saat itu saya bisa bangkit, yakinlah bahwa Anda juga bisa bangkit.

Tulisan ini berisi pengalaman pribadi, berisi tentang cara mendapatkan uang dari internet versi saya. Yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda, bisa menjadi ide untuk bisa segera mendapatkan uang dari internet.

Begini cara mendapatkan uang dari internet

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mendapatkan uang dari internet, kita bahas lebih dulu kenapa internet, kenapa tidak menggunakan cara lain untuk mendapatkan uang.

Kenapa Internet?

Ada banyak alasan kenapa Anda harus memanfaatkan internet saat ini, terutama untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya karena internet bisa menghubungkan Anda dengan orang-orang dibelahan bumi manapun.

Sehingga, jika Anda memanfaatkan internet untuk mendapatkan uang, atau dengan kata lain untuk berbisnis atau berjualan, target market Anda menjadi sangat luas, tidak hanya terbatas pada negara Indonesia.

Kenapa saya memilih internet sebagai jalan menghasilkan uang?

Jauh sebelum terjun ke dunia digital marketing, saya pernah membuka toko offline yang menjual perlengkapan bayi. Saat itu saya mengeluarkan banyak modal untuk membuka usaha.

Modal dibutuhkan untuk :

  • Sewa toko
  • Renovasi toko
  • Stok produk
  • Peralatan toko
  • Gaji penjaga toko
  • Dll

Dengan modal yang cukup besar, saya sama sekali tidak tau apakah toko ini kedepannya bisa menjadi jalan rezeki atau jalan saya untuk mendapatkan uang.

Dan benar saja, toko ini tidak bertahan lama. Karena selain penjualannya tidak terlalu ramai, ada salah satu penyebab lain yang tidak ingin saya ceritakan disini.

Setelah itu,

Saya termasuk orang yang ngotot dan pantang menyerah, buat saya kegagalan dalam bisnis itu biasa. Selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari setiap kegagalan yang terjadi, jika benar benar mau berfikir positif.

Kendala saat itu hanyalah :

Tidak memiliki modal

Yang sebenarnya setelah saya banyak belajar, modal ini bukanlah menjadi kendala utama, kendala utama sebenarnya adalah kurangnya ilmu. Dengan ilmu yang terbatas memiliki modal berapapun, tetap akan kembali jatuh ke dalam kebangkrutan.

Bukan berarti saat ini ilmu saya sudah sangat cukup, bukan ya. Sampai saat tulisan ini dibuat saya masih terus belajar.

Ini menjadi jawaban, jika saat ini Anda tidak memiliki modal uang. Karena saya tidak memilikinya saat itu.

Mas Defri enak menguasai SEO, Saya gaptek mas

Mungkin ada saja yang mengatakan seperti itu di dalam hati, perlu diketahui posisi saya saat itu gaptek berat. Jangan kan SEO, membuat Fans page Facebook saja saya tidak mengerti.

Jadi harusnya dua hal di atas yaitu tidak punya modal dan gaptek bukan lagi alasan ya.

Kenapa SEO?

Kenapa saya memilih SEO sebagai cara mendapatkan uang dari internet, kenapa tidak memilih facebook ads, instagram atau lainnya?

Ini panjang lagi ceritanya, dan saya sering sekali menceritakan hal ini.

Alasan utamanya, karena saya tidak memiliki modal, tidak memiliki uang untuk beriklan di facebook Ads atau media promosi online lainnya. Jadi saya harus memilih media promosi online gratis, salah satu yang bisa dipilih adalah SEO.

Sedikit saya ceritakan kembali,

Setelah toko perlengkapan bayi tutup, saya kembali berusaha untuk bangkit. Saya mendapatkan informasi bahwa penjualan baju muslim sangat bagus jika dilakukan secara online, informasi yang diterima saat itu jualan online yang bagus menggunakan fanspage Facebook.

Singkat certita saya mendatangi salah satu distributor baju muslim di Jakarta, yang saya temukan di internet. Pikir saya saat itu distributor ini pasti tempatnya sangat strategis, sangat besar karena bisa tampil di internet.

Ternyata saya salah, distributor ini hanya menggunakan sebuah rumah yang tidak terlalu besar dan berada di gang yang sepi untuk melayani pelanggannya.

Kebingungan saya bertamabah-tambah ketika melihat pembeli terus saja berdatangan, dan tumpukan barang yang sudah dipacking rapih untuk dikirim terus saja bertambah.

Ko bisa ya? toko ini ko ramai, padahal lokasinya berada di gang sempit yang sepi, tidak ada lalu lalang. Ini pasti ada ilmunya.

Setalah saya cari tahu beberapa waktu kemudian, ternyata toko tadi menggunakan SEO sebagai media promosinya.

Saat itu juga saya kuatkan dalam diri, SAYA HARUS BISA SEO BAGAIMANAPUN CARANYA.

Jadi lokasi toko tadi bisa jadi tidak bagus secara offline karena berada di gang yang sepi, tapi tidak demikian di online.

Karena setelah dianalisa, toko ini selalu tampil di halaman pertama mesin pencari Google ketika user mengetikan kata :

  • Distributor baju muslim di Jakarta
  • Produsen baju muslim di Jakarta
  • Agen baju muslim di Jakarta
  • Grosir baju muslim di Jakarta
  • Dan banyak kata kuncilainnya terkait ini

Sepi di Offline, Ramai di Online

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak orang mungkin juga Anda, ketika mencari sesuatu mengutamakan mencari menggunakan mesin pencari seperti Google.

Bahkan sampai ada istilah Googling

Dan parahnya orang orang ini sangat mempercayai rekomendasi yang diberikan mesin pencari tersebut.

Anda tidak harus menggunakan SEO

Sekali lagi SEO ini hanya salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang saya lakukan, Anda tidak harus mengikutinya, selain SEO masih banyak cara lainnya seperti menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads maupun Instagram gratisan, atau yang saat ini sedang populer menggunakan Youtube.

Jatuh Bangun

Jangan pernah mengharapkan hasil instan, karena Anda tetap akan mengalami jatuh bangun.

Setiap kali bertemu pebisnis-pebisnis sukses saya selalu menanyakan bagaimana perjalanan mereka membangun bisnis tersebut, terutama masa-masa sulit apa yang pernah mereka temui dan bagaimana cara mereka menghadapinya.

Percayalah semua itu yang membuat Anda semakin kuat, ketika mengalami masa-masa sulit.

Hampir tidak ada orang sukses yang saya temui tidak mengalami masa-masa sulit saat merintis bisnis mereka, sebagain besar mempunya kisahnya masing-masing.

Sebagian motivator atau coach bisnis mungkin sering mengatakan seperti ini :

Belajarlah dari pengalaman orang orang sukses saat mereka mendapatkan kegagalan, Anda tidak perlu mengalaminya sendiri

Sekilas tidak ada yang salah dengan kata kata di atas, belajar dari pengalaman orang lain memang sangat bagus untuk Anda, karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya mendapatkan kekuatan untuk bisa terus bertahan dimasa-masa sulit setelah mendengarkan pengalaman-pengalaman mereka.

Tapi, dengan tidak mengalamainya sendiri

  • Anda tidak akan mendapatkan kekuatan yang luar biasa besar
  • ketika Anda tidak mengalaminya sendiri Anda tidak akan mendapatkan ketegaran
  • ketika Anda tidak mengalaminya sendiri Anda tidak akan mendapatkan keyakinan yang luar biasa

Setelah benar-benar mengalami masa masa sulit dan berhasil keluar dari masa masa tersebut. Anda menjadi jauh lebih kuat, dan jauh lebih siap ketika diperjalanan selanjutnya mengalami hal yang sama.

Ada satu pembicaraan antara saya dan istri yang lagi lagi sudah pernah saya tuliskan sebelumnya :

  • Saya : Yg, kamu kelihatannya tenang banget. Padahal saat ini kita sedang susah.
  • Istri : Kita kan sudah pernah berada dititik yang jauh lebih rendah dari saat ini, berada disituasi yang jauh lebih sulit dari saat ini, tapi kita selalu bisa keluar, Allah selalu membantu kita. Jadi apalagi yang harus aku takutkan.

Perkataan seperti ini, tentu tidak akan bisa keluar dari seseorang yang belum pernah mengalaminya.

Ketegaran dan keyakinan yang luar biasa besar seperti ini tentu tidak bisa keluar dari seseorang yang hanya belajar dari pengalaman orang lain tanpa pernah merasakannya.

Hanya dengan merasakannya, kekuatan, ketegaran dan keyakinan ini tumbuh.

Dan nyatanya inilah yang membuat kami selalu bisa keluar dari setiap masalah yang kami hadapi.

Menghadapi masalah dengan tenang dan dengan penuh keyakinan bahawa masalah ini akan bisa segera teratasi adalah kunci

Step By Step Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula

Sekarang kita masuk bagaimana step by step cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula, semoga bisa menjadi wasilah untuk Anda yang saat ini sedang berada dalam masa masa sulit.

1). Mulai dari kebutuhan market yang ada bukan dari produk

Saya paham bagaimana rasanya berada di masa-masa sulit, otak tidak bisa berpikir dengan jernih, saat itu terjadi saya mengambil semua kesempatan yang ada tanpa melakukan pertimbangan apapun.

  • Ada yang menawarkan produk A, saya ambil dan saya pasarkan
  • Ada yang menawarkan produk B, saya ambil dan saya pasarkan
  • Ada yang menawarkan produk C, saya ambil dan saya pasarkan

Terus saja seperti itu, tanpa saya sadari hal ini lah yang membuat saya semakin terpuruk ke dasar.

Kenapa demikian?

Karena saat itu posisi saya sedang kacau, tidak memiliki uang, juga tidak memiliki ilmu. Setelah produk nya diambil, bingung cara memasarkannya.

Iya kalau produknya boleh diambil dulu tanpa bayar, kebanyakan produknya dibeli dulu secara cash, selanjutnya stok menumpuk tidak terjual dan menambah beban kerugian.

Bingung menjual kemana

Ini yang terjadi ketika Anda mulai dari produknya, maka jangan mengulangi kesalahan saya. Mulailah dari market yang ada.

Kata mas Defri harus ngalamin sendiri biar lebih kuat, lebih tegar, dan lebih yakin

Ya gak gitu juga, Anda mengikuti step by step yang saya jelaskan disini pun masih berpotensi terjadinya kegagalan.

Kesalahan-kesalahan kecil seperti di atas tidak harus Anda lakukan, karena akan membuang-buang waktu.

Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun hanya karena ini, karena mulai dari produk bukan dari market yang ada. Apa Anda masih ada cadangan cash untuk tetap bertahan selama melakukan hal ini?

Mulai dari kebutuhan market itu seperti apa mas Defri?

Begini, saat ini Anda pasti punya teman kan?

  • Teman facebook
  • Follower Instagram
  • Follower Twitter
  • Kontak WA
  • Teman di lingkungan Anda

Dan teman ditempat lainnya baik online maupun offline.

Anda cari tahu apa yang menjadi kebutuhan teman teman Anda ini, list kebutuhan mereka. Nanti Anda akan menemukan produk atau jasa apa yang paling dibutuhkan teman-teman Anda.

Contoh Kasus

Beberapa tahun lalu ada seorang mahasiswa kedokteran semester akhir, beliau mendaftar di program kursus SEO yang saya adakan.

Seperti biasa di sesi awal saya menanyakan produk atau bisnis apa yang saat ini sedang dikembangkannya, yang mau didongkrak penjualannya melalui SEO.

Ternyata belum ada

Saat itu saya hanya menggali background dari orang ini, siapa dia, pengalamannya apa, latar belakangnya apa. Sampai dititik saya menukan kalau orang ini merupakan mahasiswa kedokteran.

Artinya orang-orang disekitarnya tidak jauh juga dari calon dokter, doktek dan tenaga kesehatan lainnya.

Saya gali lebih dalam tentang kebutuhan mahasiswa kedokteran, sampai keluar satu perkataan seperti ini :

Kami diwajibkan mengikuti praktek-praktek kedokteran yang membutuhkan alat-alat kedokteran, dimana alat-alat itu kami harus beli sendiri tidak disediakan oleh kampus.

Ini kuncinya

Saat itu saya memintanya untuk mencari distributor alat-alat kesehatan tersebut, dan ternyata dia sudah memiliki kenalan yang merupakan distribur alat kesehatan dan bisa memberikan harga yang bersahabat.

Singkat cerita peserta ini akhirnya menjual alat kesehatan dan membuat website tentang alat kesehatan.

Jualannya langsung ramai bahkan sebelum websitenya berhasil masuk ke halaman satu Google.

Bagaimana caranya?

Saya hanya mengatakan, terserah kamu bagaimana caranya. Intinya teman-teman mu, mahasiswa-mahasiswi di kampus tersebut harus tahu, kalau kamu sekarang menjual alat kesehatan yang dibutuhkan mereka untuk praktek.

Yang dilakukan peserta kursus SEO ini antara lain :

  • Posting disemua sosial media yang dimilikanya, yang memberi tahu bahwa saat ini menjual alat-alat kesehatan.
  • Memanfaatkan kontak WA dan grup Wa yang dimilikanya untuk memberikan informasi bahawa saat ini beliau menjual alat kesehatan.

Jualannya bisa ramai karena sebelum produknya ada, marketnya sudah ada lebih dulu

Sebenarnya masih banyak contoh kasus lainnya, namun saya rasa satu contoh kasus di atas sudah bisa mewakilinya.

2). Pilih salah satu media promosi online dan pelajari sampai Anda menguasai

Setelah mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan market yang ada, di awal mungkin bisa mempromosikan ke market yang ada, tapi untuk pengembangan bisnis Anda perlu media promosi lain untuk menciptakan market baru atau untuk memperbesar market.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pemula termasuk saya dulu adalah mencoba mempromosikan diberbagai media online, yang hasilnya justru menjadi berantakan.

Kenapa bisa berantakan?

Sendirian ingin menangani banyak media promosi online dan dalam keadaan yang sama sekali tidak memiliki ilmu untuk itu, hasilnya bisa ditebak pasti berantakan.

Kecuali Anda sudah ahli atau memiliki tim ahli, ini tidak akan jadi masalah berarti.

Jadi di awal fokuslah memilih salah satu media promosi online untuk Anda gunakan, pelajari media promosi tersebut sampai Anda benar-benar ahli.

Dalam hal ini saya memilih fokus di SEO dan memperdalamnya sampai hari ini.

Saya juga mau fokus di SEO mas, kemana saya harus belajar?

Ada beberapa program yang bisa Anda ikuti untuk belar SEO langsung dengan saya, diantaranya :

  • Ikut progam berbayar klik disini >> Kursus SEO
    Pada program ini Anda dibimbing langsung oleh saya / tim selama 2 bulan untuk mempraktekan langsung teknik SEO ke website Anda.
  • Ikut program gartis klik disini >> https://defriansyah.net/grup-belajar-seo-2020/
    Setiap hari rabu saya mengadakan sesi tanya jawab SEO secara Live di grup WA, disana Anda bisa bertanya apa saja seputar SEO langsung dengan saya.

3). Mulai bangun tim

Setelah bisnis Anda berjalan dan omset sudah terlihat semakin membaik, Anda perlu membangun tim. Karena hampir tidak ada penguasaha yang sukses sendirian, semuanya memiliki tim yang solid untuk bahu membahu mengembangkan bisnis.

Dengan catatan, profit sudah mencukupi untuk menggaji tim. Angka amannya minimal Anda memiliki tabungan untuk menggaji mereka selama 3-6 bulan.

Sebelum mulai merekrut, list lebih dulu pekerjaan-pekerjaan rutin apa saja yang selalu Anda kerjakan setiap hari. Nantinya dari list ini Anda pilih pekerjaan mana yang paling menyita waktu Anda dan bisa dialihkan ke orang lain. Pos tersebut yang bisa Anda isi lebih dulu.

Contoh dalam SEO hal yang membuat saya sibuk karena harus dikerjakan setiap hari adalah membuat artikel, karena itu orang yang pertama kali saya rekrut adalah tim penulis.

Selain itu, menurut salah satu buku bisnis yang pernah saya baca (saya lupa judulnya), tim pertama yang harus direkrut adalah tim yang berhubungan dengan pemasaran atau penjualan seperti :

  • Tim Pengiklan
    (FB Ads, Instagram Ads, Google Ads, SEO dll)
  • Marketing
  • Sales
  • CS

Karena penambahan tim penjualan ini bisa meningkatkan omset bisnis Anda secara signifikan.

Kalau dengan adanya penambahan mereka justru membuat omset Anda menurun, berarti ada yang salah dalam hal perekrutan.

Sampai di poin ke tiga ini Anda sudah berhasil mendapatkan uang dari internet, selanjutnya yang perlu Anda pelajari adalah ilmu ilmu untuk membesarkan bisnis.

Semoga artikel cara mendapatkan uang dari internet ini bisa bermanfaat untuk Anda dan banyak orang, bantu share ya agar semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Study Kasus Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Sorry, comment are closed for this post.