Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Analisa Hari ke 3 Update Algoritma Google

Analisa Hari ke 3 Update Algoritma Google

(200 Views) May 7, 2020 10:42 am | Published by
Analisa Hari ke 3 Update Algoritma Google

Tepat dihari ke-3 update algoritma Google Mei 2020 ternyata efeknya sudah mulai dirasakan, update kali ini dampaknya jauh lebih besar dari update Januari kemarin.

Grup alumni kursus SEO ramai membicarakan ini, dari yang webnya turun 1-2 peringkat, webnya naik 1-2 peringkat sampai yang ekstrim turun drastis dan ada juga yang naik drastis.

Disela-sela kesibukan 2 hari terakhir ini saya sempatkan untuk menganalisa, untuk mengetahui sebenarnya update algoritma ini menyerang apa. Analisa saya lakukan dengan membandingkan website-website yang peringkatnya naik, website yang tidak terkena dampak dan website yang peringkatnya turun.

Kemudian sedikit menanyakan teknik yang dilakukan selama ini kepada pemilik website. Hasilnya kita akan bahas lengkap disini.

Hasil analisa kali ini memang dirasa terlalu cepat, mengingat update baru berjalan 2-3 hari ini. Masih ada kemungkinan perubahan peringkat 1 – 2 minggu ke depan, tapi setidaknya bisa menjadi gambaran besar untuk Anda.

Hasil Analisa Perubahan Algoritma

Di bawah ini adalah hasil analisa saya pribadi tanpa adanya rujukan dari website lain, bisa jadi salah bisa jadi benar, dan mungkin hasil analisanya juga akan berbeda dengan praktisi atau pakar SEO lainnya.

Berikut hasil analisa :

1. Fokus di Konten

Kalau ini sebenarnya bukan hasil analisa, tapi dari Google langsung yang mengatakannya. Pada artikel sebelumnya yang berjudul update algoritma Google Mei 2020 saya sertakan twit dari akun resmi Google.

Kata kunci dari update kali ini adalah KONTEN, jika Anda merasa :

  • Konten tidak ada masalah
  • Tidak menggunakan tools
  • Dituliskan dengan baik
  • Termasuk ke dalam kategori konten berkualitas
  • Tidak duplikat
  • Dituliskan secara mendalam

Harusnya website Anda aman, tidak terkena dampak negatif dari perubahan algoritma kali ini. Tapi jika sebaliknya, pasti terkena dampak negatif.

Dengan ini jelas permasalahannya terfokus pada konten. Namun, kemarin saat Live tentang update algoritma di grup WA belajar SEO 2020 banyak yang menanyakan mengenai backlink, apakah backlink masih aman dan hal lainnya terkait backlink.

Belum join grup WA Belajar SEO 2020?
Join disini –> Grup WA
GRATIS

Untuk update kali ini tidak ada hubungannya dengan backlink.
Ini hasil analisa sementara, akan saya update ketika saya temukan fakta lainnya nanti.

2. Artikel Spin

Fakta sementara lainnya yang saya temukan, dampak negatif banyak didapat dari website yang menggunakan artikel spin. Jika Anda menggunakan tools spin artikel kemungkinan besar website Anda juga terdampak.

Web saya hasil spin aman mas

Mungkin saat ini masih aman, mari kita lihat nanti sampai updatenya selesai. Tapi tidak menutup kemungkinan ada 1-2 artikel spin yang lolos dari algoritma, namanya juga robot buatan manusia tentu tidak sempurna.

Namun dari hasil analisa 2 hari ini, rata-rata yang mengalami penurunan merupakan artikel hasil spin.

Bagaimana cara mengatasinya?
Akan kita bahas diakhir artikel ini.

3. Auto Generate Content

Auto generate content atau konten yang diproduksi secara otomatis. Hasil analisa sementara konten seperti ini juga terkena dampak negatif atau mengalami penurunan peringkat bahkan sangat drastis.

Saya menganalisa beberapa website yang menggunakan tools untuk membuat konten secara otomatis, peringkatnya mental sangat jauh. Dari halaman 1 ada yang terlempar ke halaman 2, halaman 3 ada juga yang hilang dari halaman pencarian Google untuk kata kunci tersebut.

Lagi-lagi mungkin masih ada yang aman, jika itu terjadi kemungkinannya hanya 2 :

  • Kemungkinan pertama belum terkena dampaknya, karena memang update kali ini masih berjalan sampai 2 minggu ke depan.
  • Kemungkinan kedua Anda sedang beruntung, karena namanya robot buatan manusia pasti tidak sempurna.

4. Pembahasan Konten Kurang Mendalam

Hasil analisa berikutnya terhadap website yang terkena dampak negatif atau mengalami penurunan peringkat adalah pembahasannya kurang mendalam.

Tulisan terlalu sedikit, informasi yang disampaikan tidak lengkap.

Untuk yang satu ini sebenarnya sudah lebih dulu terkena dampak pada update sebelumnya, update kali ini hanya melengkapi. Website yang lolos sebelumnya bisa terkena dampak di update kali ini.

5. Membuat Banyak Halaman yang Hampir Sama

Saya agak bingung untuk membuat sub judul di atas, intinya di dalam satu website Anda membuat banyak halaman dengan konten yang sangat mirip.

Praktek seperti ini sering terjadi ketika Anda ingin menargetkan semua kota yang ada diseluruh Indonesia, contoh misalnya saya ingin menargetkan kata kunci pakar SEO, kemudian saya membuat banyak artikel serupa dengan menargetkan keyword :

  • Pakar SEO Jakarta
  • Pakar SEO Bandung
  • Pakar SEO Medan
  • Pakar SEO bogor
  • Pakar SEO Jogja
  • dll

Dari hasil analisa sementara, website yang menggunakan teknik ini juga terkena dampak negatif. Kecuali artikelnya berbeda jauh tidak mirip satu sama lain.

Saya yakin konten di website sudah baik, bukan hasil spin tidak menggunakan tools otomatis, membahas secara mendalam, kenapa tetap turun?

Jika demikian yang terjadi kemungkinan besar website Anda tidak mendapatkan kepercayaan dari Google, ingat update EAT? salah satu unsurnya adalah kepercayaan dan ditulis oleh orang ahli.

Kemungkinan besar website Anda tidak mendapatkan ini.

Untuk masalah ini sudah pernah saya tuliskan pada artikel ini –> SEO 2019

Ini hasil analisa sementara saya, sekali lagi ini hasil analisa pribadi dan sifatnya masih sementara mengingat update algoritma masih terus berjalan sampai 2 minggu ke depan.

Dan sangat mungkin hasilnya berbeda dengan analisa dari praktisi atau pakar SEO lainnya.

Bagaimana Cara Menyikapinya

Untuk yang mendapatkan dampak positif atau peringkatnya mengalami kenaikan tentu tidak ada masalah, namun jika ternyata website Anda mengalami penurunan peringkat berikut yang bisa dilakukan :

  • Pahami dulu apa penyebab website turun peringkat
  • Jika ternyata karena menggunakan spin atau update konten secara otomatis, maka Anda perlu ubah total isi konten website.
  • Jika karena pembahasan yang kurang mendalam maka Anda perlu mengedit dan menambahkan isi konten.
  • Jika karena banyak halaman yang mirip, Anda perlu edit konten-konten yang mirip tadi dan menggantinya dengan konten baru yang jauh berbeda.
  • Lakukan ini secara bertahap, jangan tergesa-gesa.

Untuk website yang terkena dampak dari update algoritma terapinya tidak akan cepat, jangan berharap hari ini Anda lakukan hal yang sudah saya sebutkan di atas, besok peringkatnya langsung naik.

Saya sendiri butuh waktu bulanan untuk mengembalikan peringkat website yang turun karena update algoritma.

Kesimpulan

  • Update algoritma Google Mei 2020 dampaknya sudah mulai dirasakan hanya dalam hitungan hari.
  • Update kali ini lebih menekankan kepada KONTEN

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Analisa Hari ke 3 Update Algoritma Google

Sorry, comment are closed for this post.