Menu Click to open Menus
Home » SEO 2019 » SEO 2019

SEO 2019

(1252 Views) March 22, 2019 9:34 am | Published by

SEO 2019

Sudah lama sebenarnya ingin menuliskan tentang SEO 2019, baru hari ini bisa terlaksana. Saya membutuhkan setidaknya 10 hari untuk menganalisa apa yang terjadi di 2019 terutama pada update algoritma Google tanggal 12 Maret 2019 kemarin.

Banyak pesan masuk 10 hari terakhir ini, konsultasi tentang peringkat website mereka yang turun drastis, beberapa bahkan hilang dari halaman pencarian Google.  Apa penyebabnya?

Seperti biasa sebelum benar-benar menjawab permasalahan mereka, saya melakukan analisa terlebih dahulu, mencari tahu apa sebenarnya yang sedang terjadi. Kenapa website mereka turun peringkat dan kenapa website yang lain justru peringkatnya naik.

Analisa yang saya lakukan

 

1.) Membaca artikel-artikel SEO dari website-website terpercaya seperti searchengineland

Saya mulai dari melihat apa pendapat pakar-pakar SEO dari luar, analisa apa yang mereka dapatkan untuk saya jadikan pijakan untuk melakukan analisa ulang terhadap website-website lokal. Dari sini saya mendapatkan data bahwa update algoritma google 12 Maret 2019 dampaknya sangat terasa di website-website YMYL.

Apa itu YMYL?

YMYL singkatan dari Your Money Your Life. Website yang bisa mempengaruhi kebahagiaan, kesehatan, keamanan dan kesejahteraan. contohnya :

  • Website jual beli barang atau jasa
  • Website kesehatan
  • Website investasi

Jika website Anda tidak termasuk dalam kategori ini, peringkat website Anda tidak akan terpengaruh besar tapi jika memang website Anda termasuk kategori YMYL maka website Anda akan terkena dampaknya.

Apa yang harus saya lakukan?

Dalam beberapa kesempatan Google mengatakan tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk ini, tapi pakar SEO luar menemukan bahwa website yang mengikuti Pedoman Penilaian Kualitas Google mengalami peningkatan peringkat yang signifikan.

Pedomannya bisa Anda baca disini >> Google’s Quality Raters’ Guidelines

Singkatnya jika website Anda termasuk kategori YMYL Google akan menerapkan penilaian E-A-T yang lebih berat pada website.

Apa lagi ini mas Defri?

EAT singkatan dari Expertise (Keahlian), Authoritativeness (Otoritas) dan Trustworthiness (Terpercaya). Anda harus bisa membuktikan kepada Google bahwa website Anda dikelola oleh orang yang ahli dibidangnya, mempunyai otoritas dan sangat terpercaya.

Bagaimana penerapannya di dalam website?  Di akhir tulisan akan saya jelaskan.

2.) Menganalisa website-website yang saya kelola

Di dunia SEO tidak ada yang bisa Anda percaya 100%, meskipun informasi itu Google sendiri yang memberikannya. Maka Anda perlu mencari tahu kebenarannya dengan cara menganalisanya. Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah menganalisa website-website yang saya kelola.

Disini saya menemukan beberapa website yang terkena dampaknya. Ada yang peringkatnya turun drastis bahkan hilang dari halaman pencarian Google, ada juga yang naik drastis setelah sebelumnya justru turun. Dari sini saya coba analisa keduanya. Kenapa bisa turun dan kenapa bisa naik.

Awalnya saya berpikir ini pasti karena jarang update.

Kenapa saya berpikir demikian? karena sebagian besar website yang saya kelola dan hampir tidak pernah update konten dalam waktu yang cukup lama peringkatnya merosot.

Tapi ternyata saya menemukan fakta, tidak semuanya demikian. Ada beberapa website yang sudah tidak pernah diupdate dalam waktu bulanan bahkan ada yang satu tahun lebih tidak diupdate peringkatnya naik.

Jadi harusnya update konten atau tidak perlu mas?

Kalau ditanya seperti ini tentu saya akan menyarankan Anda update konten sesering mungkin. Itu lebih aman untuk mempertahankan dan memperbaiki peringkat Anda di halaman pencarian Google.

Kemudian saya cek E-A-T di dalam websitenya

Sebagian besar website yang bertahan E-A-T nya teroptimasi dengan baik, sedangkan sebagian besar website yang turun tidak. Fakta ini menunjukan bahwa optimasi E-A-T untuk saat ini sangatlah penting terutama untuk website yang termasuk dalam kategori YMYL.

3.) Menganalisa website-website lain di halaman pertama Google

Selanjutnya hal yang saya lakukan adalah menganalisa website-website lainnya di halaman pertama Google, melihat kenapa website ini bisa bertahan / naik di halaman satu Google. Kemudian membandingkannya dengan website website yang turun.

Hampir semua konsultasi yang masuk tentang penurunan peringkat website mereka membahas tema kesehatan. Penurunannya beragam dari mulai turun beberapa peringkat, turun ke halaman 2 Google sampai terpental jauh dari halaman utama Google.

Tentu saja ini menyebabkan traffic websitenya turun drastis. Salah satu alumni pelatihan mengalami penurunan traffic sampai 80%.

Peringkat Turun - Belajar SEO

Karena banyaknya konsultasi dari website kesehatan maka saya melakukan analisa untuk website kesehatan, membandingkan website yang turun dan website yang bertahan atau naik ke halaman satu Google.

Hampir sebagian besar website yang naik mengoptimasi website mereka dengan Optimasi E-A-T. Contoh website di bawah ini :

SEO 2019 website Kesehatan

Website ini menempati halaman satu Google di hampir semua kata kunci kesehatan yang saya ketikan. Lihat tanda panah merah, mereka melampirkan unsur T di dalam optimasi E-A-T dengan menampilkan sertifikasi dari lembaga terkait.

Pada website lainnya yang juga bertema kesehatan saya menemukan ini :

SEO 2019 Optimasi EAT

Di halaman editor mereka menginformasikan siapa orang di balik websitenya. Ada yang tau ini memenuhi unsur apa?

Ini memenuhi unsur E di dalam optimasi EAT, yaitu keahlian. Halaman ini memberi informasi kepada Google bahwa website dikelola oleh orang yang ahli dibidangnya, dalam hal ini bidang kesehatan.

Dan masih banyak fakta lainnya yang saya temukan yang rasanya terlalu banyak jika dituliskan disini.

Kesimpulannya

  • Apa yang dituliskan oleh pakar SEO luar benar adanya, website-website yang mengalami perubahan peringkat signifikan baik turun maupun naik sebagian besar merupakan website yang termasuk dalam kategori YMYL.
  • Website yang bertahan di halaman satu Google sebagian besar mengoptimasi website mereka dengan optimasi EAT.
  • Website yang merosot peringkatnya sebagian besar tidak mengoptimasi website mereka dengan optimasi EAT.

 

Apa yang harus dilakukan?

Tentunya Anda juga harus melakukan optimasi EAT, memperkenalkan siapa orang dibalik website dan membuktikan bahwa website ini bisa dipercaya.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

1.) Buat halaman Tentang Kami

Disini Anda bisa menjelaskan siapa Anda atau siapa saja tim yang mengelola website, agar lebih dipercaya Anda juga bisa melampirkan sertifikat-sertifikat dari lembaga terpercaya. Anda juga bisa melampirkan gelar seperti yang dilakukan website alodokter.

2.) Buat halaman Kontak Kami

Pada halaman ini Anda bisa menuliskan dengan lengkap, data-data seperti :

  • Nama
  • Nomor telepon
  • Email
  • Alamat lengkap

Jika memungkinkan Anda bisa menyertakan Maps (Titik Google Maps) lokasi offline Anda.

3.) Buat materi lengkap tentang niche website Anda

Buat sebanyak-banyaknya konten dengan niche yang sama. Semakin banyak konten semakin baik, lihat saja bagaimana Tribunnews mendominasi hampir semua kata kunci berita.

4.) Dapatkan review dari website yang membahas niche yang sama

Untuk mendapatkan otoritas, Anda harus mendapatkan backlink dari banyak website yang fokus membahas niche yang sama dengan website Anda.

5.) Menyamakan data who is dengan data yang ada dalam website

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menambah kepercayaan adalah menyamakan data WHO IS dengan data yang ada pada kontak kami atau tengtang kami pada website Anda.

 

Mungkin itu saja yang bisa saya informasikan untuk saat ini, bantu share ya agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat dari tulisan ini.

 

 

Pakar SEO Jakarta

Memperkenalkan Kelas The Flash SEO, tembus halaman satu Google dalam hitungan Jam. Info selengkapnya >> KLIK DISINI << Anda akan dialihkan ke Grup WA

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: SEO 2019

Sorry, comment are closed for this post.