Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Peringkat Web Tidak Naik-naik, Perbaiki Konten atau Backlink?

Peringkat Web Tidak Naik-naik, Perbaiki Konten atau Backlink?

(118 Views) May 9, 2020 8:42 am | Published by
Peringkat website Tidak Naik-naik, Perbaiki Konten atau Backlink

Setelah 2 artikel terakhir fokus membahas update algoritma Google, pada artikel ini kita kembali menjawab pertanyaan-pertanyaan terpilih dari sesi tanya jawab SEO rutin di grup Belajar SEO 2020.

Q & A 14, menjawab pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan ketika peringkat website mentok, tidak naik-naik. Apakah harus di backlink, perbaiki kontennya atau harus melakukan apa?

Join grup belajar SEO 2020 disini –> Grup WA
GRATIS

Pertanyaan

“Salah satu blog saya mentok di nomor 10 Google Search, kata kunci ****, paling top pernah muncul di peringkat 8, setelah itu turun ke peringkat 16.
Apa yang harus saya lakukan? Apakah artikel perlu diperbaiki atau butuh backlink?”

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini sebenarnya saya perlu menganalisa websitenya, menganalisa konten dan juga konten-konten website pesaing yang berada di halaman satu Google terutama peringkat 5 besar.

Selain itu saya juga harus mendapatkan informasi lengkap, optimasi apa saja yang sebelumnya pernah dilakukan. Termasuk backlink seperti apa yang sudah diberikan ke dalam konten tersebut.

Dari situ baru saya bisa memberikan jawaban yang paling sesuai yang bisa dilakukan untuk mendongkrak peringkatnya.

Karena infonya yang terbatas saya akan menjawab secara umum saja, anggaplah teknik yang dilakukan sudah sesuai dengan teknik yang saya terapkan.

Jawaban

Jika masalah ini terjadi biasanya saya akan melakukan evaluasi lebih dulu teknik SEO yang sebelumnya dilakukan. Evaluasi perlu dilakukan karena Anda tidak bisa asal dalam mengoptimasi website, salah langkah bisa sangat berbahaya.

Dari hasil evaluasi ada beberapa masalah yang paling sering saya temukan berikut beberapa diantaranya :

1. Website Belum Teroptimasi dengan Sempurna

Hal pertama yang sering terjadi adalah dari segi optimasi SEO On Page yang belum sempurna, permasalahan-permasalahan yang biasa saya temui dari segi on page meliputi :

  • Speed website lambat
    Jika ini terjadi Anda perlu memperbaikinya, dari speed saja banyak turunan permasalahannya. Ada yang karena gambarnya terlalu besar, ada yang karena servernya bermasalah, ada yang karena theme yang digunakan, ada yang karena terlalu banyak plugin yang digunakan dan serangkaian masalah lainnya untuk kecepatan. Intinya harus diperbaiki.
  • Tidak adanya Sitemap
    Sitemap atau peta situs juga sangat penting ada di dalam sebuah website, gunanya agar semua konten yang ada di dalam website terindeks Google.
  • Tidak adanya breadcrumb
    Breadcrumb saat ini juga menjadi salah satu penilaian dari Google, sebagai salah satu hal yang memberikan kemudahan navigasi untuk user.
  • Tidak Mobile Friendly
    Ternyata saya masih menemukan website yang tidak mobile friendly, padahal di era saat ini user lebih banyak mengakses website menggunakan mobile.
  • Belum SSL
    SSL (https) juga menjadi salah satu nilai plus dari Google yang tidak boleh dilewatkan.
  • Dan masih banyak permasalahan lainnya

Permasalahan-permasalahan optimasi dasar pada website ini harus dibenahi lebih dulu.

2. Optimasi Konten Belum Sempurna

Jika Anda merasa bahwa optimasi website sudah cukup baik, maka masalah berikutnya yang perlu dilihat adalah optimasi kontennya, apakah sudah sempurna.

Berikut optimasi-optimasi dasar yang harus Anda lakukan pada konten :

  • Keyword ada di dalam judul konten
  • Keyword ada di dalam URL
  • Keyword ada di dalam Meta Title
  • Keyword ada di dalam Meta Description
  • Keyword ada di dalam konten
  • Tidak terlalu banyak mengulang keyword di dalam konten
  • Artikel bukan hasil copy paste
  • Artikel ditulis secara mendalam dan lengkap
  • Artikel memenuhi unsur algoritma EAT
    Ditulis oleh orang ahli di bidangnya yang bisa dipercaya
  • Tidak terdapat iklan yang mengganggu
  • Tidak ada kesalahan pengetikan
  • Artikel memiliki nilai lebih dari artikel pesaing
  • Dan masih banyak lagi faktor yang harus dipenuhi.

Jika Anda merasa konten Anda tidak memenuhi salah satu atau beberapa poin di atas, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengedit konten dan memperbaikinya.

3. Backlink

Saya menuliskan backlink pada poin terakhir bukan tanpa alasan, karena sebelum backlink dilakukan Anda harus pastikan ke dua poin sebelumnya sudah terpenuhi.

Artinya, setelah Anda pastikan optimasi on page websitenya sudah oke, optimasi kontennya sudah oke baru Anda lanjut ke permasalahan backlink.

Yang perlu Anda ingat, tidak selamanya website yang peringkatnya tidak naik itu harus ditambah backlink. Sekali lagi tidak selamanya website yang peringkatnya tidak naik harus ditambah backlink.

Kenapa?

Terkadang peringkat website tidak naik-naik justru karena terlalu banyak diberikan backlink.

Jadi untuk masalah backlink ini Anda perlu cek dengan seksama, konten Anda ini tidak naik karena perlu ditambah atau justru perlu dikurangi backlinknya.

Ingat-ingat saja sebelum ini Anda pernah memberikan backlink dari mana saja, dan jumlahnya berapa banyak. Atau Anda bisa menggunakan Ahrefs untuk memeriksanya.

Kurang Backlink

Permasalahan backlink yang pertama adalah kurangnya backlink, jika Anda sudah yakin betul on page website dan optimasi kontennya sudah bagus serta Anda merasa belum memberikan backlink atau baru sedikit memberikan backlink, Anda bisa tambah backlinknya.

Lakukan backlink secara bertahap dan sangat hati-hati, karena kalau salah dalam penerapannya bisa berefek negatif, peringkat website bisa mengalami penurunan.

Saat ini kualitas backlink lebih baik dari kuantitas, jadi tidak penting memberikan backlink sebanyak-banyaknya ke dalam website. Berikan backlink secukupnya namun yang benar-benar berkualitas.

Backlink terbaik saat ini yaitu contextual backlink atau backlink yang berada di dalam isi konten.

Terlalu Banyak Backlink

Jika setelah di cek ternyata backlinknya terlalu banyak dan spam scorenya tinggi, maka yang perlu dilakukan bukan menambah backlink tapi sebaliknya Anda perlu mengurangi backlink yang ada.

Cara mengurangi backlink bisa menggunakan Google Disavow Link. Caranya sudah pernah saya tuliskan disini –> Google Disavow Link

Hanya saja untuk mengurangi atau menghapus backlink menggunakan Google disavow membutuhkan waktu yang cukup lama terkadang sampai berbulan-bulan. Jadi Anda perlu bersabar.

Kesimpulan

Untuk mengatasi masalah peringkat yang mentok atau tidak naik-naik di halaman pencarian Google Anda perlu melakukan analisa terlebih dahulu. Menemukan penyebabnya sebelum melakukan tindakan.

Karena jika salah dalam mengambil tindakan, peringkatnya bukannya naik justru akan mengalami penurunan.

Baca Artikel Tanya Jawab SEO lainnya
Klik Disini >> Q & A

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: Peringkat Web Tidak Naik-naik, Perbaiki Konten atau Backlink?

Sorry, comment are closed for this post.