Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Apa Itu SEO Organik?

Apa Itu SEO Organik?

(149 Views) March 3, 2021 8:29 pm | Published by

Pada konten ini saya menjelaskan tentang apa itu SEO secara umum dan apa itu SEO Organik, selain menjelaskan pengertian konten ini juga menjelaskan tentang :

  • Manfaat SEO untuk bisnis
  • Jenis jenis teknik SEO
  • Apa bedanya teknik SEO Organik dan teknik SEO lainnya
  • Apa kekurangan SEO Organik
  • Apa kelebihan SEO Organik
  • Bagaimana cara mengoptimasi teknik SEO Organik

Tonton video disini :


Kita hidup dimana persaingan di bidang teknologi dan bisnis semakin ketat. Dahulu persaingan bisnis yang dilakukan secara tatap muka, kini bahkan dilakukan dengan perantara internet. Tanpa menguasai teknologi, seorang pebisnis nantinya bisa kalah saing dibandingkan dengan kompetitornya.

Bagi Anda yang ingin melakukan upgrade bisnis, terlebih dahulu bangunlah sebuah website untuk melakukan promosi. Setelah itu terapkan SEO pada website tersebut agar nantinya website bisa muncul di laman pertama mesin pencari (Google). Dari pernyataan tersebut, bisa kita ketahui jika SEO adalah hal yang cukup penting di dunia bisnis.

Sebenarnya apa itu SEO organik dan pengertiannya? Apa saja manfaat SEO untuk bisnis? Apa saja jenis-jenis SEO untuk bisnis? Kami akan menyediakan jawabannya pada artikel berikut ini.

Manfaat SEO Untuk Bisnis

SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization, yang bisa diartikan sebagai Optimasi Mesin Pencarian dalam bahasa Indonesia. Teknik yang satu ini sudah lama dipraktekkan oleh praktisi website untuk meningkatkan kualitas website mereka. Dan perlu Anda ketahui, ada banyak sekali manfaat SEO untuk bisnis. Berikut ini diantaranya :

1. Meningkatkan jumlah pengunjung

Penerapan optimasi SEO bisa mengakibatkan website mengalami peningkatan kualitas, terlebih jika sebuah situs diberi penerapan SEO terus menerus. Akibatnya, website tersebut nantinya bisa mengalami peningkatan jumlah pengunjung secara bertahap. Trafik pengunjung ini nantinya bisa mempengaruhi peringkat website di hadapan mesin pencari.

2. Mengalami peningkatan brand awareness

Sebuah website yang mengalami peningkatan peringkat website di hadapan mesin pencari nantinya bisa juga mengalami peningkatan brand awareness. Hal ini cukup masuk akal adanya, karena sebuah website yang berkualitas memiliki peluang besar untuk muncul di halaman no. 1 mesin pencari. Sehingga efeknya, masyarakat bisa dengan mudah mengenali brand yang sedang dipromosikan.

3. Mengalami kenaikan tingkat interaksi

Sebuah konten pastinya berisi konten yang nantinya bisa mempengaruhi pembaca untuk berinteraksi. Entah interaksinya berbentuk mengeklik tombol suka, melakukan sharing konten, hingga melakukan pembelian langsung. Nantinya sebuah website yang mengalami kenaikan tingkat interaksi mengalami peningkatan kualitas pula.

4. Mengalami peningkatan pendapatan

Selanjutnya, jika sebuah website sudah cukup terkenal, tentu saja masyarakat bisa dengan mudah percaya dengan layanan yang mereka berikan. Nantinya pendapatan para pebisnis yang menerapkan SEO pada website mereka masing-masing bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

Itulah berbagai manfaat SEO untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, penerapan SEO pada website bisa berdampak baik kelancaran proses bisnis yang Anda lakukan nantinya.

Jenis-Jenis Teknik SEO

Ada berbagai jenis teknik SEO yang perlu Anda ketahui, berikut ini diantaranya :

  1. SEO On Page : yaitu jenis SEO yang dilakukan dengan cara mengoptimasi suatu laman dari dalam website tersebut. Dengan kata lain, SEO On Page merupakan teknik optimasi yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas website yang berinteraksi langsung dengan pengunjung.
  2. SEO Off Page : yaitu jenis SEO yang dilakukan dengan cara mengoptimasi suatu laman dari luar website tersebut. SEO Off Page identik dengan cara mengoptimasi laman dari luar website tersebut dan berkaitan dengan proses promosi website.

Pada umumnya, kedua teknik optimasi SEO tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas website nantinya. Namun kini ada juga teknik SEO lain yang biasanya diterapkan oleh praktisi website. Diantaranya adalah SEO Teknis, yang proses penerapannya hampir seperti SEO On Page.

Apa Bedanya Teknik SEO Organik Dengan Teknik SEO Lainnya?

Anda yang ingin melakukan penerapan SEO pada website pasti pernah mendengar terkait SEO Organik. Apa itu SEO Organik? SEO Organik adalah penerapan strategi optimasi website berdasarkan sub strategi yang lebih mendetail. Contoh nyata dari aplikasi SEO Organik adalah dengan cara mengoptimasi website melalui kata kunci tertentu.

Teknik SEO Organik dilakukan untuk meningkatkan trafik suatu website agar nantinya situs tersebut bisa berada pada laman pertama ketika suatu kata kunci tertentu dicari user. Tentu saja proses penerapan SEO Organik tidak bisa dilakukan sekejap mata. Namun begitu, proses optimasi menggunakan SEO Organik justru lebih aman untuk website tersebut.

Apa Kekurangan SEO Organik?

SEO Organik memiliki berbagai kekurangan sebagai berikut :

  1. Proses optimasinya yang lumayan lama. Sehingga jika Anda ingin melakukan optimasi website dengan SEO Organik, Anda butuh menyewa jasa mereka secara berkelanjutan agar rating website tidak turun.
  2. Butuh investasi biaya cukup banyak untuk menyewa jasa SEO organik terbaik di Indonesia. Rentang harga untuk bisa menyewa jasa SEO bulanan atau tahunan berbeda dari tiap penyedia jasa SEO yang bersangkutan.
  3. Proses optimasi SEO yang tidak tetap dan selalu dinamis. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola pikir manusia yang tercermin pada algoritma mesin pencarian. Pihak jasa SEO juga harus mencari alternatif untuk memperbarui layanan mereka agar bisa mengoptimalkan proses optimasi pada website klien.
  4. Sangat tergantung oleh mesin pencarian, sehingga jasa SEO harus memiliki tenaga kerja yang kompeten melakukan riset terhadap perubahan algoritma tersebut.

Apa Kelebihan SEO Organik?

Selain itu teknik optimasi SEO organik juga memiliki berbagai kelebihan. Berikut ini diantaranya :

  1. Merupakan teknik optimasi berbayar yang tidak berbasis iklan, melalui konten berupa naskah serta gambar pada sebuah website.
  2. Nantinya dalam proses optimasi SEO organik, sebuah website akan mencantumkan rujukan pada artikel lain pada website lain atau website itu sendiri. Sehingga prosesnya dinilai tidak merugikan siapapun.
  3. Proses penerapan SEO sendiri pada dasarnya tidak berbayar jika Anda merupakan pihak yang ahli dalam melakukan optimasi website.
  4. Website bisa dengan mudah mengalami peningkatan rating di hadapan mesin pencari.
  5. Website punya peluang yang besar untuk mengalami brand awareness.

Bagaimana Cara Mengoptimasi Teknik SEO Organik?

Sebuah website yang diberi optimasi teknik SEO organik akan lebih mudah dinilai sebagai website paling relevan oleh mesin pencarian. Inilah mengapa banyak orang yang ingin melakukan proses optimasi SEO organik sendiri agar nantinya bisa meningkatkan kualitas website. Berikut ini berbagai cara mengoptimasi teknik SEO organik terbaik untuk website :

  1. Buatlah konten artikel dengan panjang yang tertakar. Biasanya artikel untuk optimasi SEO membutuhkan panjang hingga 1.000 kata rata-rata.
  2. Pastikan judul memuat kata kunci dengan tingkat konversi tinggi dan mengundang minat baca.
  3. Pastikan URL website cukup pendek sehingga cukup mudah dibaca oleh klien.
  4. Pastikan untuk memberikan link internal dan link eksternal pada sebuah konten website.
  5. Buatlah konten yang sangat menarik dan tidak out of topic.
  6. Berikanlah gambar pada konten tersebut dengan gambar yang relevan, jangan lupa pula untuk menambahkan Alt Text pada gambar tersebut.

Itulah berbagai tips untuk menerapkan SEO organik pada sebuah website untuk meningkatkan kualitas website tersebut. Selamat mempraktekkan!

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Apa Itu SEO Organik?

Sorry, comment are closed for this post.