Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Cara Mengecek Plagiarisme

Cara Mengecek Plagiarisme

(135 Views) February 27, 2021 10:51 am | Published by

Bingung bagaimana cara mengecek plagiarisme, tonton video di bawah ini sampai tuntas.

Plagiarisme atau duplikat konten menjadi salah satu yang haram hukumnya dilakukan, apalagi jika Anda bermain di ranah SEO. Karena Google membenci tindakan tersebut.

Masalahnya terkadang kita sebagai pemilik website tidak membuat konten sendiri tapi menggunakan tim atau menggunakan jasa penulis konten.

Jika memang demikian sebelum artikel tersebut diposting ada baiknya Anda cek lebih dulu, apakah artikel tersebut orisinil atau menduplikat dari konten website lain.

Pada video di atas saya menjelaskan 2 cara untuk cek plagiarisme atau duplikat konten. Selain itu saya juga membahas apa pengaruh duplikat konten pada peringkat website di halaman pencarian Google. Selengkapnya bisa tonton videonya.


6 Cara Mengecek Artikel Plagiarisme Dengan Online Tools

Ketika telah selesai membuat artikel, Anda sebaiknya jangan langsung mengunggahnya website. Karena sebuah artikel dengan tingkat plagiarisme (kecocokan dengan artikel lain) yang tinggi pastinya akan mengganggu proses optimasi website. Oleh sebab itu Anda sangat disarankan untuk terlebih dahulu menggunakan tools pengecekan plagiarisme.

Penggunaan tools pengecekan plagiarisme artikel tersebut bisa meminimalisir kesamaan isi artikel Anda dengan yang lain.  Sehingga artikel yang Anda buat dan unggah di website nantinya dinilai sebagai yang paling autentik dan tidak menjiplak milik orang lain. Lalu apa saja fungsi pengecekan plagiarisme? Dan bagaimana cara mengecek plagiarisme dengan online tools yang gratis?

Fungsi Pengecekan Plagiarisme Untuk Artikel Website

Bagi sebuah karya ilmiah, wajib hukumnya melakukan tindakan pengecekan tingkat plagiarisme agar KTI yang dihasilkan benar-benar autentik. Berhubung Google Webmaster juga menyatakan jika mesin pencarian mereka menyukai artikel yang asli dan autentik, alangkah baiknya jika Anda melakukan pengecekan plagiarisme terlebih dahulu sebelum mengunggah.

Fungsi dari sebuah tools pengecekan plagiarisme tidak hanya terbatas pada pengecekan keaslian artikel. Namun ada berbagai fungsi lainnya, yaitu sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas website

Sebuah artikel yang telah dicek menggunakan tools plagiarisme pastinya tidak akan melakukan duplikat terhadap konten lain. Nantinya artikel yang autentik tersebut akan membuat Domain Authority sebuah situs meningkat. Selain itu website yang senantiasa mengunggah artikel yang tak plagiat akan dinilai lebih relevan oleh mesin pencari.

2. Informasi lebih akurat

Sebuah artikel tidak harus menggunakan topik pembahasan yang benar-benar baru untuk bisa lolos dari pengecekan plagiarisme. Hanya saja nantinya harus dilakukan modifikasi dan memperkaya referensi agar sesuatu yang ditulis bisa benar-benar baru. Dengan begitu, sebuah website dengan artikel yang lolos pengecekan plagiarisme bisa memiliki informasi yang lebih akurat.

3. Meningkatkan kepercayaan pengunjung

Sebuah website yang punya artikel serba plagiat pasti akan memiliki tingkat kunjungan lebih rendah daripada yangg mengunggah artikel autentik. Inilah bukti bahwa pengecekan plagiarisme artikel sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung. Jika pengunjung sudah percaya dengan situs tersebut, nantinya mereka akan semakin sering mengunjungi situs Anda.

Itulah berbagai fungsi dari pengecekan plagiarisme suatu artikel. Nantinya Anda juga bisa mulai melakukan unggah artikel yang telah dicek tingkat plagiarismenya agar kualitas website terus meningkat.

Cara Mengecek Artikel Plagiarisme

Pada dasarnya, Anda bisa melaksanakan proses pengecekan plagiarisme dengan menggunakan berbagai tools yang ada di internet. Rata-rata tools tersebut tidak berbayar alias gratis. Namun jika Anda ingin kualitas yang lebih baik dalam hal pengecekan plagiasi, Anda bisa menggunakan versi berbayar.

Berikut ini berbagai cara mengecek plagiarisme suatu artikel menggunakan tools plagiasi tertentu  :

1. Menggunakan Small SEO  Tools

Tools pertama cara mengecek plagiarisme yang sangat kami sarankan untuk Anda yaitu Small SEO Tools Plagiarism Checker. Alat pengecekan artikel secara online yang satu ini cukup populer karena memiliki kualitas yang baik walaupun penggunaannya tak berbayar. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui tingkat plagiasi artikel secara langsung serta artikel mana yang diduplikat.

Small SEO Tools bisa melaksanakan proses cek plagiasi ketika jumlah kata dalam artikelnya tidak lebih dari 1.000 kata. Jika Anda butuh kueri yang lebih panjang, pastikan untuk menggunakan versi berbayarnya. Di situs Small SEO Tools, Anda juga bisa menggunakan tools lain seperti Spell Checker, Word Counter, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Copyscape

Cara mengecek plagiarisme artikel lainnya yaitu dengan menggunakan Copyscape. Tools yang satu ini memiliki tingkat ketepatan yang lumayan tinggi dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Yang lebih menarik, Anda bisa melakukan pengecekan plagiasi suatu artikel hanya dengan menyalin URL dari artikel tersebut.

Copyscape juga menyediakan fasilitas lain yang juga bisa digunakan oleh pemilik website lainnya. Contohnya seperti Copyscape Premium, Plagiarism Banner, dan lain sebagainya. Penggunaan Copyscape secara rutin untuk mengecek kualitas artikel akan membantu Anda meningkatkan kualitas situs secara perlahan.

3. Menggunakan Quetext

Tools lain yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan plagiarisme suatu artikel yaitu Quetext. Pada umumnya, Quetext bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan plagiasi untuk satu kali sesi gratis. Setelah itu, Anda harus melakukan purchasing terhadap aplikasi Quetext Premium agar nantinya bisa secara terus menerus menggunakan layanan situs tersebut.

Keunggulan dari cek plagiasi melalui Quetext adalah situs ini bisa membantu Anda melakukan pengecekan dengan jumlah kueri hingga 25.000 kata sekaligus. Situs ini juga memililiki warna layar yang cukup nyaman di mata, dan bisa menunjukkan tingkat plagiasi dalam bentuk persen secara akurat.

4. Menggunakan 1Text.com

Jika Anda mengharapkan proses cek plagiasi artikel dengan tools yang gratis namun tingkat akurasinya sangat tinggi, Anda bisa gunakan 1Text.com. Situs yang satu ini memang relatif baru dan menawarkan layanan cek plagiasi terbaik untuk para penulis. Akan tetapi Anda akan bisa mendeteksi plagiasi sekecil apapun melalui situs 1Text.

Sudah ada banyak penulis yang menggunakan situs ini untuk mengetahui tingkat plagiasi penulisan mereka dalam berbagai bahasa. 1Text.com pun bisa membantu Anda untuk mengecek artikel dengan panjang 1.000 kata lebih sekaligus. Pada tools yang satu ini Anda pun juga bisa mengecek jumlah kata serta kosakata yang salah nantinya.

5. Menggunakan Plagium

Situs berbayar lain yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan plagiasi pada sebuah artikel yaitu Plagium. Plagium memiliki versi gratis juga, akan tetapi tidak sebaik versi berbayarnya. Dibandingkan dengan situs pengecekan plagiasi yang lain, Plagium justru cenderung lebih murah harganya.

Anda bisa menggunakan fasilitas pengecekan secara satuan jika memang tidak berencana menggunakannya sesering mungkin. Namun jika Anda adalah seorang penulis dengan jam terbang tinggi, bisa menggunakan Plagium dengan proses pembayaran bulanan. Dengan begitu, nantinya artikel Anda bisa lebih autentik dan tak memplagiat konten manapun juga.

6. Menggunakan Dupli Checker

Selanjutnya, kami merekomendasikan salah satu cara mengecek plagiarisme artikel anda yang berkualitas, yaitu dengan menggunakan fasilitas DupliChecker. Untuk bisa melakukan pengecekan pada tools ini, Anda akan butuh artikel yang panjangnya tidak lebih dari 1.000 kata. Selain itu cara pengecekan duplikat konten pada Dupli Checker juga termasuk cukup mudah.

Sama halnya seperti Small SEO Tools, Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas lain dari tools Dupli Checker. Contohnya seperti pengecekan skor Domain Authority / DA, skor Backlink Checker, dan lain sebagainya. yang pasti, keunggulan dari situs pengecekan plagiasi yang satu ini adalah tools-nya yang serba gratis.

Penutup

Itulah berbagai cara mengecek plagiarisme dengan menggunakan berbagai tools yang ada di internet secara online. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Dengan penggunaan situs pengecekan plagiasi tersebut, nantinya artikel Anda bisa terhindar dari penurunan kualitas website akibat menduplikat konten orang lain.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Cara Mengecek Plagiarisme

Sorry, comment are closed for this post.