Menu Click to open Menus
Home » Belajar Bisnis » Cara Memulai Bisnis Online dengan SEO

Cara Memulai Bisnis Online dengan SEO

(194 Views) January 23, 2020 12:59 pm | Published by
Cara Memulai Bisnis Online

Bagaimana cara memulai bisnis online merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan user di halaman pencarian Google, mungkin Anda termasuk salah satu orang yang menanyakan hal tersebut. Jika ya baca tulisan ini sampai habis, Insya Allah Anda akan menemukan step by step yang bisa Anda ikuti disini.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, bagaimana saya membangun sebuah bisnis online, sampai bisnis tersebut memiliki kantor offline, memiliki super tim dan memiliki banyak order sampai hari ini.

Disarankan membaca tulisan ini saat Anda memiliki waktu luang, karena tulisan kali ini cukup panjang dan sebaiknya siapkan alat tulis untuk mencatat ide-ide yang mungkin muncul saat Anda membaca tulisan ini.

Modal Utama Bisnis

Untuk memulai sebuah bisnis, yang dibutuhkan bukan hanya uang, bukan hanya keberanian tapi ada satu hal yang jauh lebih penting dari modal uang dan keberanian. Karena tanpa modal yang satu ini, berapapun modal uang yang Anda miliki, berapapun modal keberanian yang Anda punya hanya akan berakhir dengan kegagalan.

Jika sedikit beruntung, tanpa modal yang satu ini Anda mungkin bisa sukses tapi waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama jika dibandingkan dengan memilikinya sebelum memulai bisnis.

Modal apa itu?

Modal yang kami maksud disini adalah ilmu bisnis. Tanpa ilmu berapapun modal uang yang Anda miliki akan habis terbuang untuk trial error, tanpa ilmu sebesar apa pun modal keberanian yang Anda miliki akan membuat Anda terjatuh berkali-kali.

Pertama kali memulai bisnis, saat itu satu-satunya modal yang saya punya adalah keberanian, modal nekat. Tidak punya modal uang dan tidak punya modal ilmu.

Alhasil, usaha pertama saya tutup dalam waktu 3 bulan. Ya, hanya mampu bertahan selama 3 bulan. Tanpa ilmu, memulai bisnis seperti orang buta yang sedang berjalan menuju ke suatu tempat sendirian tanpa ada yang menemani. Sangat gelap, tidak tau kemana harus melangkahkan kaki ini. Akhirnya tersesat entah dimana.

Ketika itu saya pikir bisnis ini tidak berjalan karena kurangnya modal uang, karena keterbatasan modal uang akhirnya usaha ini bangkrut. Sampai suatu waktu saya diberikan kepercayaan untuk membangun bisnis dengan modal uang yang cukup.

Hasilnya?

Hasilnya tidak jauh berbeda dengan yang terjadi sebelumnya, usahanya tutup tidak sampai satu tahun. Padahal di usaha ini saya sudah memiliki modal uang dan modal keberanian.

Jadi, untuk Anda yang masih berfikir memulai usaha itu membutuhkan modal uang yang besar, ini kurang tepat. Bukannya salah ya, tapi kurang tepat.

Memulai bisnis tidak cukup hanya dengan memiliki modal besar

Kurang tepat disini dalam artian, bukan hanya itu yang dibutuhkan tapi Anda juga membutuhkan keberanian dan yang paling penting adalah membutuhkan ilmu.

Saya termasuk salah satu orang yang telat menyadari akan hal ini, itulah kenapa waktu yang dibutuhkan untuk bisa berhasil terbilang cukup lama jika dibandingkan dengan orang lain yang memulai usahanya dengan ilmu yang mumpuni.

Tulisan ini sengaja dibuat agar Anda tidak mengikuti jejak yang saya lakukan. Semoga dengan ini kesuksesan lebih cepat datang menghampiri Anda.

Setelah menyadari kesalahan yang saya lakukan, saya mulai membekali diri ini dengan banyak belajar ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk membangun bisnis. Ternyata dengan itu jauh lebih terarah, walau sesekali kegagalan menghampiri.

Dan yang perlu diingat, belajar bisnis ini tidak cukup satu kali. Selama Anda menjalankan bisnis Anda harus terus belajar, perkembangan teknologi saat ini membuat perubahan yang sangat cepat dalam hal apapun termasuk bisnis.

Saya sendiri sampai hari ini masih terus belajar, memperbaiki sistem yang ada di dalam bisnis. Dengan belajar saja saya masih sering mengambil keputusan yang salah dan berdampak cukup fatal.

Tapi minimal dengan belajar, saya tau tindakan apa yang harus diambil ketika kesalahan itu sudah terlanjur terjadi dan berdampak negatif pada bisnis.

Hal-hal apa saja yang perlu dipelajari dalam bisnis?

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, belajar dalam bisnis tidak bisa jika hanya dilakukan sekali tapi selama Anda menjalankan bisnis Anda harus terus belajar.

Namun, ada satu hal penting yang harus Anda pelajari lebih dulu sebelum Anda mempelajari hal lainnya dalam bisnis. Belajar hal lainnya bisa dilakukan sambil berjalan.

Apa itu?

Hal pertama yang perlu Anda pelajari dalam memulai bisnis adalah ilmu pemasaran. Bagaimana cara memasarkan produk atau bisnis Anda ke khalayak ramai, bagaimana cara membuat produk Anda dikenal banyak orang, dan bagaimana cara membuat produk Anda laris di pasaran.

Tanpa ilmu pemasaran yang mumpuni, produk apapun yang Anda pasarkan sulit terjual dengan banyak.

Di era internet saat ini, pemasaran tidak lagi menjadi hal yang menakutkan. Bahkan bisa dilakukan dengan budget yang sangat minim namun tepat sasaran

Caranya dengan menggunakan pemasaran online, memanfaatkan media online seperti Facebook, Instagram, Youtube, Google, Marketplace dan yang saat ini sedang booming tiktok. Selain ini masih banyak yang bisa Anda gunakan.

Dari sekian banyak media pemasaran yang ada, pada awal memulai bisnis saya memilih media Google organik, Google gratisan yang lebih dikenal dengan nama SEO.

Pengertian SEO

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dalam bahasa Indonesia optimasi mesin pencari yaitu teknik yang dilakukan agar produk atau bisnis Anda mudah ditemukan di halaman pencarian Google.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, saat ini Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Dan saat ini kebiasaan user baik di Indonesia maupun di dunia, ketika meraka membutuhkan suatu informasi mereka akan membuka Google dan mencarinya disana.

Bayangkan ketika user tadi mencari informasi terkait produk Anda dan produk Anda yang tampil di halaman awal mesin pencari Google, produk Anda akan berkesempatan besar di beli oleh user tadi.

Contohnya seperti ini :

Cara Memulai Bisnis Online dengan SEO

Salah satu bisnis saya adalah Jasa Interior Rumah Mewah yang juga dipromosikan menggunakan teknik SEO. Ketika Anda atau user lain membutuhkan informasi tentang jasa interior rumah mewah, kemungkinan besar Anda atau user akan mengetikan kata tersebut di halaman pencarian Google.

perhatikan tanda panah, disana tertulis “About 5.640.000 results (0.37 seconds)” .

5.640.000 ini adalah halaman website yang bersaing untuk memperebutkan kata kunci jasa interior rumah mewah. Bagaimana website kontemporior.com dan website ArsiteQ.com dapat menempati peringkat 1 dan 2 mengalahkan sekitar 5.640.000 halaman website lain merupakan teknik SEO.

Dan kedua website ini merupakan website yang tim kami kelola, keduanya berhasil memuncaki halaman satu Google dengan kata kunci tertarget. Dan keduanya berkesempatan besar untuk mendapatkan order dari sini.

Bukan hanya kata kunci ini, tapi juga kata kunci lainnya. Dan bukan hanya dua website ini tapi kemi mengoptimasi lebih dari 5 website untuk bisnis yang sama.

Ketika ini terjadi pada bisnis Anda, apapun yang diketikan user terkait produk atau bisnis Anda, website Anda yang tampil di halaman satu teratas mesin pencari. Efeknya website Anda kedatangan traffic yang cukup besar dari halaman pencarian Google yang akan berdampak pada peningkatan penjualan. Asik ya 🙂 ,

Kenapa memulai bisnis online dengan SEO, kenapa tidak menggunakan media lain?

Kenapa SEO

7 tahun lalu saya memilih SEO sebagai sarana promosi online dengan alasan utama karena keterbatasan modal, kondisi saat itu benar-benar sulit. Dan SEO merupakan salah satu teknik promosi online gratis yang bisa digunakan.

Setelah menerapkan tekniknya ternyata banyak alasan lainnya kenapa Anda juga harus memilih SEO sebagai sarana promosi saat memulai bisnis online, berikut ulasannya :

1). Minim budget

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, ini juga menjadi alasan utama kenapa saya memilih menggunakan SEO untuk memulai bisnis online. Jika Anda memiliki dana terbatas untuk memulai bisnis, maka cara memulai bisnis online yang tepat untuk Anda adalah SEO.

SEO lebih menghemat budget promosi Anda, karena promosi menggunakan SEO gratis jika tau caranya. Berbeda dengan promosi online berbayar seperti facebook Ads, instagram ads, google ads dan lainnya yang mengharuskan Anda menyiapkan modal untuk beriklan disana.

Awal pertama kali bermain SEO saya nyaris tanpa mengeluarkan modal, kecuali untuk internet dan listrik. Dari situ saya bisa menghasilkan penghasilan yang jauh lebih besar dari penghasilan saat bekerja.

2). Adanya Fitur Riset untuk memastikan peluang sebuah bisnis

Di SEO Anda bisa meminimalisir resiko salah memilih produk atau salah memilih bisnis. Caranya dengan menggunakan fitur riset produk memastikan bahwa produk atau bisnis yang ingin Anda pasarkan memiliki market yang besar jika dipromosikan menggunakan SEO.

Ada 2 tools yang biasa saya gunakan yaitu Google Keyword Planner dan Ubersuggest, dengan ke dua tools ini Anda bisa pastikan produk yang Anda jual laris atau tidak jika dipromosikan dengan SEO.

Tools ini akan memberikan data, berapa banyak user yang mencari produk Anda di halaman pencarian Google. Data ini yang menjadi acuan berapa banyak market yang bisa diambil jika Anda mempromosikan produk menggunakan SEO.

3). Dicari Pembeli

Menggunakan teknik promosi lain selain SEO, misalnya saja facebook ads atau instagram ads. Sifatnya Anda sebagai penjual menawarkan produk Anda kepada pengguna Facebook atau pengguna Instagram. Namanya menawarkan bisa jadi user tadi tertarik dengan penawaran Anda, bisa jadi sebaliknya.

Contoh sederhananya saat ini jika saya menawarkan Anda program Kursus SEO bersama saya, bisa jadi Anda tertarik dan mau ikut tapi bisa jadi Anda menolak dan kemungkinan yang paling besarnya adalah Anda menolaknya karena merasa belum butuh.

Contoh lainnya, jika saat ini saya menawarkan kepada Anda Jasa Desain Interior Rumah. Kemungkinan besarnya juga Anda menolak penawaran ini karena merasa belum membutuhkan, Benar?

Tapi di SEO, calon pelanggan lah yang mencari Anda ketika mereka membutuhkan produk Anda.

Sederhananya begini

Ketika Anda butuh kursus SEO, karena Anda sudah tau bahwa saya membuka program kursus SEO, maka Anda akan datang ke saya untuk mendaftar. Tanpa adanya penawaran dari saya, Anda datang sendiri karena butuh.

Peluang closingnya tentu lebih tinggi dari pada saat saya yang menawarkan program kursus SEO kepada Anda.

Dan inilah yang terjadi di SEO, kertika user membutuhkan produk Anda mereka akan mecarinya melalui Google dengan mengetikan kata kata yang terkait dengan produk Anda.

Jika website Anda yang mereka temui di halaman satu Google, apalagi peringkat 1 dan 2 seperti ke dua website yang saya contohkan sebelumnya, maka peluang user untuk membeli di Anda sangat sangat besar. Karena sifatnya memang user butuh dan user yang mencari bukan Anda yang menawarkan.

4). Jangkauan Pemasaran Luas

Walau gratis, promosi menggunakan SEO bisa menjangkau seluruh Indonesia dan seluruh dunia. Bayangkan jika produk Anda ditemukan oleh user seluruh Indonesia, berapa besar omset yang bisa Anda dapatkan dari sini.

Jangankan seluruh Indonesia, ditemukan di satu kota besar saja seperti Jakarta misalnya, tentu penjualan Anda terdongkrak secara signifikan.

5). Semua Aset Jadi Milik Anda Sendiri

Cara memulai bisnis online yang tepat dengan SEO adalah dengan membangun Aset pemasaran online Anda sendiri, yaitu website dengan nama brand Anda.

Contohnya pada bisnis interior saya membangun ArsiteQ.com, maka ArsiteQ.com menjadi aset saya sendiri dimana semua aturan yang ada di dalamnya saya dan tim yang membuat.

Berbeda ketika Anda menggunakan media promosi lain seperti facebook, instagram atau youtube, disana Anda tidak memiliki 100% aset bisnis online yang Anda bangun. Karena disana sifatnya hanya “numpang”, ketika ada kebijakan yang merugikan bisnis, Anda tidak bisa berbuat apa-apa selain menerimanya.

Contoh yang masih hangat saat tulisan ini dibuat adalah chanel youtube calon sar**na, karena dianggap melanggar aturan youtube channel ini dibanned youtube. Dengan begitu semua aset yang sudah dikumpulkannya selama bertahun-tahun hilang dalam sekejap.

Disini bukan berarti saya menyarankan Anda tidak menggunakan media promosi lainnya seperti Facebook, Instagram dan Youtube ini ya? gunakan boleh, sampai saat ini saya juga masih menggunakannya.

Tapi jangan lupa membangun aset bisnis Anda sendiri yaitu website yang teroptimasi dengan teknik SEO.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dengan SEO?

cara memulai bisnis dengan SEO

Berikut ini cara memulai bisnis online dengan SEO

1). Lakukan Riset

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, Anda bisa melakukan riset lebih dulu untuk memastikan bisnis yang ingin Anda jalani memiliki market yang cukup luas jika dipromosikan menggunakan SEO.

Risetnya bisa menggunakan tools yang sudah disediakan Google yaitu Google Keyword Planner, bisa juga menggunakan tools Ubersuggest atau tools riset lainnya.

Dengan melakukan riset, Anda sudah meminimalisir resiko kegagalan dalam memulai bisnis.

2). Cari Mitra Produsen

Step Cara Memulai Bisnis Online dengan SEO yang ke dua adalah mencari mitra produsen, vendor, distributor atau agen produk yang ingin Anda promosikan menggunakan SEO.

Jadi urutan prosesnya riset lebih dulu, setelah Anda menemukan produk yang cocok dan memastikan market produk tersebut cukup banyak di Google. Baru lakukan step ke dua ini yaitu mencari mitra produsen yang bisa diajak bekerjasama.

Jangan terburu-buru memutuskan produksi, tapi mualilah dengan menjadi reseller, agen atau semacamnya. Jika hasilnya sudah terlihat baru Anda masuk ke step produksi.

Ada beberapa cara dalam mencari mitra, diantaranya :
– Search Google
– Ikut komunitas bisnis
– Ikut seminar bisnis

3 cara di atas yang biasa saya lakukan, cara yang paling ampuh adalah dengan ikut komunitas bisnis atau seminar bisnis, karena disana biasanya banyak anggota yang merupakan seorang produsen.

3). Bangun Website Sebagai Aset

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu dari cara memulai bisnis online dengan SEO adalah membuat website pemasaran Anda sendiri.

Langkah ini dilakukan ketika Anda sudah mendapatkan mitra produsen atau vendor yang bisa diajak bekerjasama.

Cara membuat website tidak terlalu sulit, banyak tutorialnya tersebar di youtube atau pun Google atau Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website.

4). Optimasi Website dengan Teknik SEO

Setelah membangun website, selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengoptimasi website tersebut dengan teknik SEO. Untuk itu Anda perlu belajar lebih dulu bagaimana cara mengoptimasi website dengan teknik SEO.

Untuk mempelajari tekniknya Anda bisa membaca-baca artikel SEO yang sudah banyak saya tuliskan di website ini, selain tulisan ada juga video yang bisa Anda tonton di website ini.

Jika Anda membutuhkan guru atau mentor yang bisa membimbing dalam mengoptimasi website, Anda bisa mengikuti program kursus SEO yang kami adakan. Informasi program kursus klik >> Kursus SEO.

Kursus ini tidak wajib ya, karena sebenarnya banyak ilmu juga yang sudah saya share di website ini.

5). Website Masuk Halaman Satu Google

Cara memulai bisnis online yang ke 5 adalah memastikan website masuk halaman satu Google dengan kata kunci yang tepat sasaran. Dengan begini order harusnya sudah mulai berdatangan.

6). Mulai Bangun Tim

Step ke 6 dari cara memulai bisnis online adalah bangun tim, Anda bisa mulai membangun tim ketika order sudah mulai banyak. Pastikan keuntungan yang didapat sudah rutin dan cukup untuk membayar gaji tim.

Amannya sebelum merekrut Anda save uang dari keuntungan yang masuk minimal 3x gaji tim yang Anda rekrut. Ini untuk jaga-jaga saja saat bisnis sepi.

Jadi di awal Anda bisa mulai sendirian, ketika mulai ramai baru bangun tim. Tim yang pertama direkrut menyesuaikan dengan aktifitas bisnis yang Anda lakukan. Mana yang paling menyita waktu dan bisa dialihkan ke orang lain baiknya rekrut tim untuk mengisi posisi tersebut.

7). Mulai Lakukan Promosi Berbayar

Step ke 7 cara memulai bisnis online dengan SEO adalah mulai melakukan promosi berbayar. Pastikan ketika Anda melakukan step ini sudah ada budget yang dipersiapkan dari keuntungan sebelumnya.

Dan jangan mulai beriklan sebelum memastikan ada orang yang mengerti cara beriklan, jadi pilihannya ada 2, bisa Anda belajar bisa juga Anda merekrut tim untuk beriklan.

Kenapa tidak mulai dari pertama saja langsung beriklan?

Jika di awal Anda merasa sudah cukup modal untuk memulai iklan, tidak masalah dari awal langsung beriklan. Tapi jika modal Anda terbatas lebih baik pakai cara gratis dulu. Setelah menghasilkan untuk memperluas jangkauan pemasaran baru mulai beriklan.

8). Cari Investor Jika Dirasa Butuh

Step ke 8 cara memulai bisnis online dengan SEO adalah cari investor, step ke 8 ini tidak harus dilakukan, karena ada beberapa pebisnis yang saya temui tetap bisa membesarkan bisnisnya dari nol tanpa adanya investor.

Namun jika Anda membutuhkannya, Anda bisa mulai mencari investor pada tahap ini. Saat mencari investor pastikan :
– Keuangan bisnis Anda masih cukup aman
– Order sudah membludak dan rutin setiap bulannya

Jangan sekali sekali mencari investor ketika bisnis Anda dalam keadaan merugi atau dalam keadaan sepi order. Dalam keadaan seperti ini uang investor nantinya bukan digunakan untuk menumbuhkan bisnis tapi justru untuk menambal kerugian.

Kriteria memilih investor :
– Memiliki modal sesuai dengan yang Anda butuhkan
– Memiliki jaringan yang luas
– Memiliki ilmu investasi yang benar

Untuk masalah ini lain waktu kita bahas.

9). Mulai Produksi Sendiri

Step ke 9 atau step terakhir dari cara memulai bisnis online dengan SEO adalah produksi. Sebelum produksi pastikan ordernya sudah cukup banyak, rutin dan stabil setiap bulannya.

Step ke 9 ini juga pilihan, jika Anda sudah merasa nyaman hanya dengan jualan Anda tidak perlu sampai ke step ini. Tapi jika Anda ingin masuk ke produksi tahapannya ada di step 9.

Untuk produksi, lebih baik Anda merekrut orang yang ahli dibidang produksi, karena Anda tidak mungkin mempelajari semuanya sendirian. Masalah pemasaran dan produksi sangat jauh berbeda.

Saya sendiri termasuk orang yang tidak mau turun langsung ke produksi, saya memilih merekrut orang ahli disana.

Ini 9 step yang saya lakukan sebagai jawaban dari pertanyaan Anda tentang bagaimana cara memulai bisnis online dengan SEO.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman, cara memulai bisnis online yang minim resiko adalah dengan teknik SEO, karena teknik SEO ini gratis namun tetap powerfull dalam mendatangkan traffic dan penjualan.

Setelah mendapatkan penghasilan dari sini, step selanjutnya Anda bisa memperluas pemasaran dengan menggunakan promosi berbayar. Dengan catatan budget promosi Anda sudah siap.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Cara Memulai Bisnis Online dengan SEO

Sorry, comment are closed for this post.