Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Tips dan Trik SEO 2020 – Jangan Anggap Remeh Konten Sharing di Web Jualan

Tips dan Trik SEO 2020 – Jangan Anggap Remeh Konten Sharing di Web Jualan

(91 Views) January 21, 2020 8:19 am | Published by
Tips dan Trik SEO 2020

Artikel tips dan trik SEO 2020 kali ini merupakan rangkuman pertanyaan mengenai konten sharing informasi di dalam website jualan. Berapa besar pengaruh konten sharing informasi terhadap SEO website jualan / SEO web e-commerce?

Apa itu konten Sharing Informasi?

Sebelum lebih jauh membahas, kita bahas pengertiannya dulu ya, biar kita satu pemahaman lebih dulu.

Konten sharing informasi adalah konten yang berisi sharing atau berbagi tentang informasi apapun. Namanya konten berbagi sebaiknya tidak ada penawaran sama sekali di dalam kontennya.

Adapun jika Anda ingin tetap mempromosikan produk Anda, Anda bisa memasang banner di tempat tempat strategis di dalam konten tersebut. Atau Anda bisa melakukan soft selling, promosi secara halus. Jangan ada hard selling di dalam tulisannya.

Informasi apa yang bisa dibagikan pada website jualan?

Informasi yang bisa Anda bagikan pada website jualan atau e-commerce bukan hanya sebatas informasi terkait produk Anda. Tapi bisa lebih jauh dari itu.

Contoh jika website Anda menjual baju muslim, atau fashion khusus muslim. Selain Anda bisa sharing tentang fashion dan trend fashion muslim terkini, Anda juga bisa sharing informasi tentang ilmu agama di website tersebut. Tidak melulu harus tentang fashion muslim tadi.

Intinya coba Anda berfikir, konten sharing informasi apa yang diminati oleh calon pembeli Anda. Seperti contoh di atas, pembeli fashion muslim kemungkinan besar menyukai konten informasi seputar ilmu agama Islam.

Atau contoh lainnya, website ini berisi jualan jasa SEO dan Kursus SEO. Kemungkinan besar konten sharing informasi yang disukai calon pengguna jasa SEO atau calon peserta kursus SEO selain informasi SEO terbaru adalah konten-konten informasi tentang website, konten informasi tentang peluang usaha, cara mencari uang secara online, konten cara memulai bisnis online dan sejenisnya.

Sampai disini paham ya maksudnya?

Manfaat konten sharing informasi di dalam website jualan

Untuk pembahasan ini kita bagi menjadi dua bagian yaitu

  1. Manfaat konten sharing dari segi pengunjung yang datang
  2. Manfaat konten sharing dari segi SEO

Mari kita bahas satu persatu!

1). Manfaat konten sharing informasi dari segi pengunjung yang datang

Dari segi pengunjung yang datang, mereka akan senang kembali lagi ke dalam website Anda ketika di dalam website terdapat konten sharing informasi yang mereka cari atau butuhkan.

Jika kontennya dirasa bermanfaat, pengunjung tidak segan membagikan konten Anda di media online yang mereka punya seperti sosial media atau media online lainnya.

Apalagi jika kontennya dianggap sangat-sangat bermanfaat dengan gaya penulisan yang disukai banyak orang, besar kemungkinan konten ini menjadi viral.

Jika ini terjadi, lonjakan traffic yang sangat banyak bisa Anda dapatkan dan ini semua gratis hanya karena konten sharing informasi yang Anda bagikan di dalam website.

Apa hubungannya dengan jualan?

Mungkin Anda menganggap karena konten sharing informasi ini hanya konten berbagi saja, maka tidak akan berdampak pada penjualan.

Nanti dulu,

Faktanya konten sharing ini sangat bisa mendongkrak penjualan Anda, ini sudah kami buktikan dan dibuktikan juga oleh alumni kursus SEO yang telah membuat konten sharing informasi di dalam website mereka. Dengan adanya konten informasi penjualan mereka meningkat .

Bagaimana caranya?

Alurnya seperti ini :

  1. Anda membuat konten sharing informasi yang sangat bermanfaat.
  2. User masuk dan membaca konten Anda
  3. Karena dianggap bermanfaat, user membagikan konten Anda di media online mereka
  4. Banyak traffic baru masuk dari sini
  5. Brand Anda tersebar secara luas

Walau pembaca tadi tidak membeli secara langsung, minimal nama brand Anda sudah tertanam di pikiran user saat mereka masuk ke dalam website Anda. Apalagi jika mereka masuk berkali-kali ke dalam website karena adanya postingan baru yang berisi konten-konten informasi yang mereka butuhkan.

Cepat atau lambat pembaca ini menjadi penasaran dengan apa yang dijual di dalam website. Dari mulai mereka membuka buka halaman produk, sampai akhirnya penasaran dan membeli produk Anda.

Seperti peribahasa, tak kenal maka ta’aruf 🙂

Posting artikel yang berisi informasi bermanfaat adalah salah satu upaya dalam memperkenalkan brand Anda. Ketika orang sudah kenal dan merasa familiar, maka mereka tidak akan ragu untuk melakukan transaksi di dalam website.

2). Manfaat konten sharing informasi dari segi SEO

Setelah kami praktekkan dan beberapa kali melakukan tes, membandingkan website jualan yang hanya berisi konten konten jualan tanpa adanya konten sharing informasi bermanfaat dengan website jualan yang di dalamnya terdapat konten sharing informasi bermanfaat.

Website yang terdapat konten sharing lebih cepat menembus halaman satu Google dan bertahan lebih lama disana. Jangan mudah percaya begitu saja silahkan buktikan sendiri 🙂 .

Ko bisa?

Begini, seperti yang sama sama kita ketahui di dalam teknik SEO ada 2 teknik yang dibutuhkan untuk membawa website ke halaman satu Google yaitu :

  1. Teknik SEO On Page
  2. Teknik SEO Off Page

Teknik SEO on page adalah optimasi yang dilakukan dari dalam website itu sendiri contohnya :

  • Optimasi kecepatan akses website
  • Optimasi struktur website
  • Optimasi konten
  • Optimasi meta title
  • Optimasi meta description
  • Optimasi gambar
  • dll

Sedangkan

Teknik SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan dari luar website. Dengan menyebarkan link website ke website lain yang Authoritynya jauh lebih bagus dari website Anda. Biasanya disebut dengan backlink.

Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website Anda.

Contoh backlink sederhana adalah saat Anda posting konten di website Anda, kemudian linknya Anda share di facebook.

Jika teman facebook Anda online dan melihat status Anda tadi kemudian di klik linknya, maka teman Facebook tadi akan beralih dari website facebook ke website Anda. Ini termasuk backlink.

Semakin banyak link website Anda tersebar di berbagai website lainnya, semakin bagus SEO nya. Dengan catatan caranya benar.

Yang perlu diketahui, Google menginginkan backlink yang didapat tidak ada campur tangan dari pemilik website. Google menginginkan ketika ada user yang masuk ke dalam website Anda, kemudian mereka menyukai kontennya, secara spontan tanpa paksaan dan tanpa Anda minta mereka dengan suka rela membagikan konten tersebut di media online yang mereka punya seperti facebook.

Ini akan sulit terjadi jika konten di dalam website Anda hanya berisi konten konten jualan. Sangat jarang user mau membagikan konten jualan Anda kecuali ada sesuatu yang mereka dapatkan seperti diskon atau semacamnya.

Tapi hal berbeda bisa terjadi dengan adanya konten sharing informasi yang bermanfaat. Karena dianggap bermanfaat, user secara suka rela akan membagikan konten tersebut di media online yang mereka miliki.

Semakin banyak user yang melakukan hal tersebut, semakin bagus optimasi website Anda.

Apakah ini akan mempengaruhi peringkat kata kunci jualan?

Ya, fakta di lapangan yang kami temui hal ini mempengaruhi peringkat kata kunci jualan Anda. Karena konten jualan masih terdapat di satu website yang sama.

Backlink yang Anda dapatkan di URL A, akan berpengaruh juga pada URL B, C dan URL lainnya di dalam website Anda. Walau praktek terbaiknya masing-masing URL juga harus tetap mendapatkan backlink.

Kesimpulannya

Penting membuat konten sharing informasi bermanfaat di dalam website jualan Anda, karena selain bisa mendatangkan traffic, konten seperti ini memiliki kemungkinan viral. Dengan begitu brand yang Anda bawa di dalam website tersebut akan tersebar secara luas.

Dari segi SEO konten sharing informasi bermanfaat juga terbukti bisa mendongkrak peringkat website di halaman pencarian Google.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Tips dan Trik SEO 2020 – Jangan Anggap Remeh Konten Sharing di Web Jualan

Sorry, comment are closed for this post.