Menu Click to open Menus
Home » Pakar SEO Bandung » Peringkat Website Tidak Naik-naik? Simak Tips dari Pakar SEO Bandung Berikut ini

Peringkat Website Tidak Naik-naik? Simak Tips dari Pakar SEO Bandung Berikut ini

(234 Views) February 4, 2020 5:38 am | Published by
Pakar SEO Bandung

Ada pertanyaan lagi yang masuk dan sepertinya asyik kalau kita bahas di website ini, jadi banyak yang bisa mengambil pelajaran dari sini. Kurang lebih pertanyaannya seperti ini :

Jika posisi web tidak naik-naik padahal
1. Sudah di backlink
2. Artikel diperbanyak
3. Piramid

Tapi tidak naik-naik, bagaimana mas?

Sebentar mas, di judulnya menuliskan simak penjelasan dari pakar SEO Bandung, memang mas Defri tinggal di Bandung?

Saat tulisan ini dibuat saya masih tinggal di Bogor, penulisan Pakar SEO Bandung hanya sekedar mencoba menargetkan kata kunci tersebut, kira-kira artikel ini bisa naik tidak ya dengan kata kunci tersebut.

Untuk Anda yang membutuhkan Jasa Pakar SEO, silahkan KLIK DISINI >> Pakar SEO

Kembali ke topik ya, abaikan saja kata Pakar SEO Bandung nya 🙂 .

Pendahuluan

Dari pertanyaan di atas, peringkatnya tidak naik setelah dia melakukan :

  • Backlink
  • Membuat banyak artikel
  • Piramid

Untuk membuat banyak artikel mungkin semua pembaca termasuk Anda sudah paham maksudnya, tapi untuk backlink dan piramid saya yakin masih banyak yang bingung, mungkin termasuk Anda.

Backlink adalah link yang jika di klik mengarah ke website lain, contohnya seperti gambar di bawah ini :

Contoh backlink

Gambar di atas merupakan capture dari twitter, perhatikan tulisan yang saya beri tanda panah merah. Tulisan ini jika di klik akan beralih dari website twitter ke website saya yaitu defriansyah.net. Ini yang disebut dengan backlink.

Pada teknik SEO semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, maka website Anda semakin bagus dimata Google. Peringkat website semakin baik, asalkan caranya benar.

Sedangkan Piramid yang dimaksud disini adalah salah satu strategi backlink yang biasa digunakan oleh pakar SEO seluruh dunia termasuk pakar SEO Bandung.

Disebut link Piramid karena bentuk strateginya yang menyerupai piramid, lihat gambar di bawah ini :

Link Piramid - Pakar SEO Bandung

Kurang lebih pengertiannya seperti itu, terkait masalah teknik SEO untuk backlink dan link piramid ini tidak saya bahas sekarang ya, mungkin di lain hari karena pembahasan teknik backlink sejujurnya merupakan pembahasan yang kurang saya sukai.

Kenapa?

Jika Anda salah tangkap dengan penjelasan saya yang hanya melalui tulisan, bisa bahaya terhadap optimasi website Anda. Peringkatnya bukannya naik website malah hilang dari halaman pencarian Google. Alias terkena hukuman.

Sekarang sudah mengerti ya, apa itu backlink dan apa itu link piramid.

Kenapa Peringkat Website Tidak Naik-naik?

Ada banyak faktor penyebab peringkat website tidak naik, untuk mengetahui faktor pastinya kenapa peringkat website Anda tidak naik saya harus melakukan analisa lebih dulu.

Tapi jangan minta saya untuk analisa website Anda ya 🙂 karena analisa ini sangat memakan waktu.

Pada tulisan ini saya hanya akan menjelaskan apa saja penyebab umum peringkat website tidak naik, berikut beberapa diantaranya :

1). Umur website masih baru

Penyebab pertama yang sering saya temui adalah karena umur websitenya masih baru, website baru dibuat atau umurnya masih di bawah 3 bulan. Dihitung bukan dari tanggal Anda membeli domain, tapi dihitung ketika website itu mulai aktif dan mulai terindeks Google untuk pertama kalinya.

Kecuali Anda membeli expired domain, kalau ini masalahnya bukan pada umur tapi ada penyebab lainnya, pada poin poin berikutnya kita bahas.

2). Menargetkan kata kunci persaingan tinggi

Jika Anda menargetkan kata kunci persaingan tinggi, proses optimasinya memang tergolong cukup lama. Karena dengan menargetkan kata kunci jenis ini pesaing Anda bukan hanya praktisi SEO tapi juga para pakar SEO dari seluruh Indonesia.

Jika Anda merasa kemampuan Anda sudah cukup untuk mengalahkan pakar SEO, Anda boleh coba mengoptimasi kata kunci persaingan tinggi, tapi jika dirasa belum, targetkan lebih dulu kata kunci persaingan rendah dan menengah.

3). Teknik SEO yang digunakan sudah usang

Seperti yang sama-sama kita ketahui, setiap tahun Google melakukan perubahan algoritma. Perubahan Algoritma tersebut mengakibatkan teknik SEO yang dulunya berhasil menjadi belum tentu berhasil jika dilakukan saat ini.

Jika Anda merupakan pemain lama di dunia SEO, Anda pasti pernah menggunakan teknik-teknik seperti ini :

  • Kata kunci diberi huruf tebal
  • Kata kunci diberi huruf miring
  • Kata kunci diberi garis bawah

Ke-tiga teknik ini efektif dilakukan pada masanya, tapi untuk dilakukan saat ini? Di era algoritma Google 2020 teknik seperti ini sudah tidak efektif lagi, sudah usang atau basi.

Anda perlu terus belajar, teknik-teknik terbaru yang efektif jika dilakukan saat ini. Saya sendiri sampai hari ini masih terus belajar. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar SEO salah satunya adalah dengan membaca artikel-artikel di blog ini.

4). Salah menerapkan teknik

Mas teknik saya sudah merupakan teknik terbaru yang mengikuti perkembangan algoritma Google tapi kenapa belum naik juga peringkat websitenya?

Sebenarnya poin ke 3 tadi termasuk dalam salah menerapkan teknik, kenapa dipisah karena pada poin ke 4 ini tekniknya mungkin sudah teknik terupdate, hanya saja salah dalam mempraktekannya.

Itu kenapa di kursus SEO saya memberikan bimbingan sampai 2 bulan lamanya, saya ingin memastikan peserta kursus mempraktekkan tekniknya dengan benar.

Contoh sederhananya begini :

Pada salah satu materi, saya menjelaskan bahwa artikel yang dibuat tidak boleh copy paste karena efeknya bisa sangat buruk untuk website Anda.

Pada saat praktek ada peserta yang menulis / mengetik ulang sama persis dari artikel website lain.

  • Saya : Mas artikel mu copy paste ya?
  • Peserta : Tidak mas Defri
  • S : Saat saya cek pakai tools terdeteksi duplikat konten mas.
  • P : Saya tidak copas mas, benar
  • S : Terus dapat ide tulisannya dari mana mas
  • P : Saya ketik ulang dari website ini mas ….
  • S: Diketik sama persis?
  • P : Iya mas
  • S :?@#&%^#&*

Padahal intinya tidak boleh copy paste adalah tidak boleh menduplikat konten orang lain, mau ditulis ulang ya sama saja tetap Google menganggapnya duplikat.

Dan kejadian di atas nyata, karena yang belajar disini bukan hanya orang yang sudah paham, tidak jarang mereka yang gaptek ikut belajar.

Masih banyak kejadian lainnya tentang salah penerapan teknik.

5). Website tidak mendapatkan “trust” dari Google

Untuk algoritma Google di tahun 2020, optimasi yang biasa dilakukan saja tidak cukup, Anda harus mendapatkan “trust” atau kepercayaan dari Google.

Saya pernah menuliskan tentang ini, bisa dicari-cari saja ya artikelnya di website ini. Intinya membahas tentang EAT.

  • E : Expertise (Keahlian)
  • A : Authoritativeness (otoritas)
  • T : Trustworthiness (Kepercayaan)

Pengertian singkatnya adalah penilaian Google untuk otoritas sebuah website berdasarkan keahlian dari penulis website tersebut yang bisa dipercaya oleh publik.

Contoh sederhanya ketika Anda menulis artikel tentang kesehatan, sehebat apapun teknik SEO Anda. Jika Anda tidak memenuhi EAT, website Anda tidak akan naik ke halaman satu Google.

Anda perlu membuat Google percaya, salah satu caranya adalah dengan membuat halaman about us (tentang kami) yang menjelaskan secara lengkap siapa orang dibalik website tersebut dan harus memiliki sertifikasi kesehatan untuk memenuhi unsur Expertise.

Jika itu tidak bisa Anda tunjukan, maka sulit bagi website Anda untuk bisa masuk ke halaman satu Google untuk tema kesehatan.

Mungkin itu 5 penyebab website Anda peringkatnya tidak naik, selain masih banyak penyebab lainnya. Berikutnya kita bahas solusinya.

Bagaimana Solusinya?

Solusi yang bisa dilakukan tergantung dari penyebab peringkat website tidak naik. Misal jika masalahnya karena umur website masih baru, Anda perlu sedikit bersabar sampai umur website cukup untuk kembali melakukan optimasi.

Jika masalahnya pada penargetan kata kunci persaingan tinggi, Anda perlu update ilmu SEO Anda, terus belajar agar Anda bisa mengalahkan para pakar SEO yang menguasai kata kunci tersebut.

Jika masalahnya pada teknik SEO yang sudah usang dan salah penerapan teknik, Anda membutuhkan mentor untuk membimbing Anda dalam mengoptimasi website. Salah satunya bisa mengikuti program mentoring SEO yang kami adakan, info lengkapnya disini >> Kursus SEO

Terakhir jika masalahnya pada penerapan EAT, Anda perlu membangun kepercayaan di website Anda. Salah satunya dengan membuat halaman about us yang menjelaskan siapa orang dibalik website.

Untuk SEO, solusi terbaik dari semua masalah yang ada, baik 5 masalah di atas maupun masalah lainnya adalah dengan memiliki mentor yang siap membimbing Anda.

Dengan memiliki mentor, optimasi yang Anda lakukan lebih terarah. Dan ada orang yang mengingatkan jika Anda salah dalam menerapkan tekniknya.

Memilih mentor tidak harus saya, karena ada banyak mentor SEO diluar sana. Anda bebas memilih siapapun untuk menjadi mentor Anda.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang menyebabkan peringkat website tidak naik di halaman pencarian Google. Pada tulisan kali ini saya hanya menuliskan 5 faktor utama yang sering saya temukan pada sesi konsultasi peserta kursus SEO.

Anda harus menemukan lebih dulu penyebab utama peringkat website Anda tidak naik, baru kemudian memperbaikinya.

Jangan sampai salah langkah ya, jika itu terjadi nantinya peringkat website Anda bukannya naik namun justru mengalami penurunan drastis.

FAQ

Kenapa peringkat website saya tidak naik?

Pada tulisan ini saya menjelaskan 5 penyebab utama peringkat website tidak naik lengkap dengan solusinya.

Kenapa tulisan ini dibuat?

Tulisan ini dibuat karena ada pertanyaan yang masuk dari peserta grup belajar SEO 2020, jawabannya diposting di website ini dengan harapan banyak yang tercerahkan.

Apa itu grup belajar SEO 2020?

Grup belajar SEO 2020 adalah grup WA Gratis untuk Anda yang mau mendapatkan informasi seputar tips dan trik SEO.

Bagaimana cara join di grup Belajar SEO 2020?

Di bawah artikel ini saya memberikan link menuju grup Belajar SEO 2020, silahkan scrol ke bawah artikel dan klik linknya.

Apa itu Pakar SEO?

Pakar SEO adalah sebutan untuk mereka yang sangat ahli di bidang SEO. Mereka yang sudah sangat berpengalaman di SEO.

Mas Defri Pakar SEO Bandung?

Saya bukan pakar SEO Bandung, karena
1. Saya belum pantas di sebut pakar SEO
2. Saya tinggal di Bogor bukan di Bandung

Siapa pakar SEO Bandung?

Untuk menjawab ini coba ketikan saja di halaman pencarian Google, siapa yang muncul.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Peringkat Website Tidak Naik-naik? Simak Tips dari Pakar SEO Bandung Berikut ini

Sorry, comment are closed for this post.