Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Removals, Fitur Baru dari GSC

Removals, Fitur Baru dari GSC

(152 Views) February 3, 2020 6:40 am | Published by

GSC atau Google Search Console meluncurkan sebuah fitur baru yang dinamakan “removals”. Fitur ini dapat melakukan 3 hal :

  1. Menghapus sementara URL website Anda, agar tidak muncul di halaman pencarian Google.
  2. Melihat konten mana dalam website Anda yang tidak tampil di halaman pencarian Google karena dianggap sudah usang.
  3. Melihat laporan konten di dalam website Anda yang terkena safesearch filtering atau filter konten dewasa.

Anda dapat melihat fitur ini di menu Google search console sebelah kiri, lihat gambar di bawah ini :

Removals, fitur baru google search console

Removals

Hapus sementara URL. Fitur ini sebenarnya sudah pernah ada pada search console versi sebelumnya (saat masih bernama Google webmaster) saat ini fitur tersebut sudah dapat diakses di search console versi terbaru.

Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa menghapus URL Anda sementara, menghilangkan URL tersebut dari halaman pencarian Google.

Penghapusan ini hanya bersifat sementara, URL akan kembali diindeks Google dalam waktu kurang lebih 6 bulan. Jika Anda ingin menghapus URL untuk selamanya Anda perlu juga menghapus URL tersebut dari website Anda dan jangan lupa menggunakan fitur redirect 404 agar ketika Google mencoba merayapi kembali URL yang terlah di hapus, robot Google akan dialihkan ke halaman 404.

Untuk menggunakan fitur ini berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

  • Masuk ke Google Search Console
  • Klik menu removed
Removals-fitur-baru-Google-Search-Console
  • Klik New Request
Removals New request
  • Masukan URL yang mau di hapus, Klik Next
Hapus URL

Outdated Content

Konten yang sudah usang atau kadaluwarsa. Saat ini Google mengiginkan halaman mesin pencari mereka ditempati oleh konten-konten baru yang masih fresh. Bukan konten lama yang sudah ketinggalan zaman atau sudah usang.

Untuk itu Google menyediakan alat yang bisa diakses siapa saja untuk meminta menghapus URL yang mereka anggap sudah usang dan tidak layak tampil di halaman pencarian Google. Atau URL yang sudah mati dan tidak dapat diakses namun masih tampil di halaman pencarian Google.

Anda dapat melihat laporan permintaan orang lain untuk memperbarui atau menghapus URL dari situs Anda karena dianggap sudah kadaluarsa pada fitur ini (outdated content).

Dengan begitu Anda bisa memperbaiki konten Anda yang dianggap kadaluarsa.

Safesearch Filtering

Sama seperti fitur sebelumnya fitur ini untuk melihat laporan jika URL Anda dilaporkan oleh orang lain, bedanya jika pada fitur sebelumnya konten dilaporkan karena dianggap sudah kadaluarsa, pada fitur ini konten dilaporkan karena merupakan konten dewasa.

Anda juga dapat melaporkan konten website lain yang bukan milik Anda, jika memang konten tersebut dianggap konten dewasa disini >> Pelaporan konten dewasa.

Bijaklah dalam melakukan pelaporan, karena kalau tidak terbukti apa yang Anda laporkan resiko ditanggung sendiri.

Kesimpulan

Fitur terbaru dari Google Search Console Removals bukan hanya bisa digunakan untuk menghapus sementara URL di dalam website Anda. Tapi fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan laporan ketika URL Anda dihapus dari halaman mesin pencari Google akibat laporan dari pihak ke tiga.

Dengan begitu Anda bisa mengambil tindakan untuk mengajukan banding, membuka blokir URL website Anda yang terblokir atas dasar laporan pihak ke tiga.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Removals, Fitur Baru dari GSC

Sorry, comment are closed for this post.