Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Strategi SEO untuk Pemula | Belajar SEO

Strategi SEO untuk Pemula | Belajar SEO

(214 Views) March 17, 2020 3:55 pm | Published by
Strategi SEO Untuk Pemula

Bagi Anda yang sudah menguasai teknik SEO apalagi sudah menjadi pakar SEO mungkin tidak ada masalah berarti untuk bisa membawa website masuk ke halaman satu Google dan mendapatkan banyak order dari sana.

Tapi, bagi pemula hal ini tentu menjadi masalah tersendiri karena harus bersaing dengan orang-orang yang sudah berpengalaman mengoptimasi website di halaman mesin pencari.

Jika Anda mengalami kendala atau masalah dalam hal ini, baca artikel ini sampai habis dan temukan solusi Bagaimana strategi SEO yang tepat agar website Anda bisa bersaing di halaman satu mesin pencari walau masih dalam kategori pemula.

Kenapa Harus SEO?

Kenapa harus promosi menggunakan SEO, kenapa tidak menggunakan promosi online lainnya?

Mungkin ini menjadi pertanyaan Anda saat ini, tidak ada salahnya promosi online menggunakan teknik atau media lain selain SEO. Tapi alangkah baiknya kalau kita bisa promosi dengan memanfaatkan seluruh media yang ada.

Dan jika harus memilih media promosi mana yang harus digunakan maka SEO bisa menjadi salah satu pilihannya.

Beberapa alasan kenapa harus SEO :

  • Promosi menggunakan SEO itu gratis
    Untuk Anda yang terkendala dengan masalah biaya promosi, maka SEO bisa menjadi salah satu solusinya karena promosi menggunakan SEO itu gratis.
  • Dapat menjangkau seluruh dunia
    Promosi menggunakan SEO bukan hanya bisa menjangkau wilayah tertentu saja tapi juga bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.
  • Dicari pembeli
    Untuk yang ini kita bahas tersendiri karena ini salah satu keunggulan SEO yang paling saya suka.

Promosi menggunakan media lain biasanya kita sebagai pengiklan menawarkan produk kita, seperti halnya pedagang perabot rumah tangga yang keliling dari satu komplek ke komplek lain untuk menawarkan perabot rumah tangga yang dijualnya.

Namanya menawarkan tentu bisa jadi :

  • Ada yang tertarik
  • Ada yang tidak tertarik

Beda dengan menggunakan SEO, di SEO Anda sebagai penjual yang dicari calon pembeli. Artinya pembeli yang masuk ke dalam website memang benar-benar orang yang sedang butuh produk Anda.

Promosi menggunakan SEO, penjual yang dicari calon pembeli

Tinggal bagaimana Anda melayani calon pembeli tersebut.

Ilustrasi sederhananya seperti ini :

Misal pada website ini saya menawarkan sebuah program pelatihan SEO, kemudian saya mempromosikannya menggunakan teknik SEO agar website ini masuk halaman satu Google untuk keyword yang tertarget dengan program tersebut seperti :

  • Keyword Kursus SEO
  • Keyword Pelatihan SEO
  • Keyword Sekolah SEO
  • Keyword Kursus SEO Online
  • dll

Ketika Anda tertarik untuk belajar SEO dan mencari kursus nya maka Anda akan mengetikan di Google kata “Kursus SEO”. Karena website saya berada di halaman satu Google maka website ini berpeluang besar untuk mendapatkan kunjungan dari Anda yang sudah tertarik mengikuti program ini.

Dengan begini saya tidak perlu lagi repot-repot mempromosikan program tersebut, karena orang yang tertarik mengikuti program kursus akan mencarinya di Google dan menemukan website saya tadi kemudian dengan sendirinya mendaftar.

Ini juga bisa dilakukan untuk bisnis Anda.

Belajar SEO Mulai dari Mana?

Sepertinya saya tertarik untuk promosi menggunakan teknik SEO, belajarnya mulai dari mana?

Untuk yang butuh bimbingan dalam belajar SEO bisa mengikuti program kursus yang kami adakan silahkan klik disni >> Kursus SEO

Harganya mungkin cukup mahal karena Anda akan dibimbing langsung selama 2 bulan dalam belajar SEO.

Jika dirasa terlalu mahal dan memberatkan Anda bisa belajar dari buku yang sudah saya tulis yaitu buku Jualan Laris dari Google Klik disini >> Buku SEO

Masih dirasa terlalu mahal?

Anda bisa belajar SEO dari website ini GRATIS, bahkan saya menyediakan grup WhatsApp untuk tanya jawab gratis seputar teknik SEO. Join Grup WA disini >> Grup WA

Hanya saja untuk layanan tanya jawab di grup tersebut ada waktu-waktu tertentu, biasanya satu minggu sekali. Di luar waktu tanya jawab chat di grup ditutup (hanya di buka pada saat sesi tanya jawab berlangsung).

Sesuaikan dengan kemampuan saja ya jangan dipaksakan, banyak laporan yang masuk hanya belajar dari website ini dan mengikuti sesi tanya jawab di grup saja sudah bisa mendongkrak peringkat website mereka contohnya seperti di bawah ini :

testi grup belajar seo 2020
Testi Peserta Grup WA Belajar SEO 2020

Begini Startegi SEO yang Tepat untuk Pemula

Seperti yang sudah saya tuliskan pada pembukaan di atas, bagi Anda yang sudah menguasai teknik SEO atau Pakar SEO mungkin tidak ada masalah berarti untuk mengoptimasi website sampai ke halaman satu Google, tapi bagi pemula ini benar-benar menjadi masalah.

Berikut strategi optimasi yang bisa Anda lakukan sebagai pemula :

1). Mulailah dari optimasi SEO Lokal

Jika menargetkan keyword umum yang memiliki jumlah pencarian besar apalagi konversinya cukup tinggi, Anda harus siap bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman di dunia SEO.

Maka sebagai pemula di awal kita perlu menghindari keyword tersebut dengan menargetkan keyword lokal.

Contoh tadi misal saya ingin menawarkan program pelatihan SEO dengan keyword utama yang ingin saya targetkan adalah keyword “Kursus SEO”, maka saya bisa mulai optimasi dari keyword “Kursus SEO Cileungsi”.

  • Kursus SEO adalah keyword utamanya
  • Cileungsi adalah lokasi bisnis ini berada

Jumlah pencarian keyword seperti ini mungkin sangat kecil, terkadang jika kita cek menggunakan tools riset keyword hasinya pasti strip (-) atau kosong.

Bukan berarti tidak ada yang mengetikan keyword ini, hanya saja jumlahnya memang sedikit.

2). Targetkan wilayah sekitar Anda

Setelah berhasil menargetkan keyword nomor 1, selanjutnya untuk menambah traffic Anda bisa mengoptimasi wilayah sekitar. Misal pada kasus tadi saya bisa mengoptimasi untuk wilayah Cibubur, Cibinong dan lainnya.

Dengan strategi seperti ini meski volume pencarian per keywordnya sedikit faktor pengalinya banyak.

3). Targetkan wilayah yang lebih luas

Selanjutnya tahap terakhir ketika wilayah sekitar juga sudah ditaklukan, targetkan wilayah yang lebih luas. Seperti kasus pada contoh saya bisa targetkan “Kursus SEO Bogor”.

Setelah itu bisa lanjut ke kota disekitarnya seperti Kursus SEO Bekasi, Kursus SEO Jakarta, Kursus SEO Depok dll.

Dengan strategi seperti ini meski masih pemula Anda sudah bisa mendapatkan order dari SEO.

Kesimpulan

Untuk pemula sebaiknya Anda menghindari menargetkan keyword dengan tingkat persaingan tinggi, mulailah dari keyword lokal tempat bisnis Anda berada.

Selanjutnya Anda bisa menargetkan keyword lokasi di sekitar bisnis Anda, dan diakhiri dengan menargetkan keyword dengan wilayah yang lebih luas seperti kota.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Strategi SEO untuk Pemula | Belajar SEO

Sorry, comment are closed for this post.