Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Bagaimana Teknik Membangun Backlink yang Kuat, Berkualitas dan Benar?

Bagaimana Teknik Membangun Backlink yang Kuat, Berkualitas dan Benar?

(242 Views) March 16, 2020 8:15 am | Published by
Teknik Membangun Backlink

10 hari sudah saya tidak menulis di website ini dikarenakan ada beberapa kesibukan dan harus keluar kota. Kali ini kita coba tulis lagi teknik-teknik SEO yang mungkin bisa berguna untuk Anda.

Tulisan kali ini menjawab pertanyaan yang masuk di Grup WhatsApp Belajar SEO 2020 tentang “Bagaimana Teknik Membangun Backlink yang Kuat, Berkualitas dan Benar?”

Join Grup WA Belajar SEO 2020 >> KLIK DISINI

Sejujurnya saya paling malas membahas tentang tema backlink ini, karena jika salah penerapannya bisa beresiko dan Google sendiri melarang tindakan backlink yang dilakukan secara manual.

Pendahuluan

Sebelum lebih jauh membahas tentang backlink ada baiknya saya bahas lebih dulu tentang pengertian backlink, karena saya yakin pembaca website ini tidak semuanya paham mengenai ini. Banyak juga pembaca yang masih sangat awam tentang SEO apa lagi backlink.

Pengertian Backlink

Backlink adalah link yang jika di klik mengarah ke website lain, contohnya pada gambar di bawah ini :

Bagaimana Teknik Membangun Backlink

Gambar di atas merupakan grup facebook, perhatikan panah merah. Disana terdapat tulisan https://defriansyah.net/7-teknik-seo-terbaik/ yang jika di klik akan masuk ke artikel di website defriansyah.net.

Ini yang disebut dengan backlink, artinya website facebook memberikan backlink ke website defriansyah.net.

Semakin banyak backlink yang didapatkan sebuah website, semakin bagus website tersebut di mata Google dengan catatan caranya benar dan tidak melanggar aturan Google.

Aturan Google Terhadap Backlink

Google melarang tindakan manual yang dilakukan untuk mendapatkan backlink. Google menginginkan backlink yang didapatkan murni dari user yang suka dengan tulisan di website Anda, user tersebut share di media online yang dimilikinya tanpa ada campur tangan Anda sebagai pemilik website.

Maksudnya seperti apa?

Contoh seperti ini, misal Anda suka dengan konten berjudul “Bagaimana Teknik Membangun Backlink yang Kuat, Berkualitas dan Benar?” ini, kemudian Anda share atau membagikan konten ini di media online yang Anda miliki seperti di facebook pribadi atau Anda share di blog atau website yang Anda miliki.

Inilah yang Google inginkan.

Namun, yang terjadi saat ini kebanyakan pemilik website lah yang dengan sengaja membagikan konten di dalam websitenya ke berbagai website lain agar mendapatkan banyak backlink.

Apakah tindakan ini diperbolehkan?

Seperti yang saya katakan sebelumnya tindakan ini melanggar aturan Google dan jika terdeteksi akan berakibat negatif terhadap website Anda. Website bisa terkena hukuman Google dan hilang dari halaman pencarian Google.

Berarti kita tidak perlu melakukan backlink manual?

Jika menuruti aturan, bagusnya iya. Kita tidak perlu melakukan tindakan backlink manual yang jelas melanggar aturan Google. Tapi pada kenyataannya sangat sulit mendapatkan backlink seperti yang diinginkan Google.

Jika pun memerlukan backlink maka buatlah backlink dengan cara yang benar, intinya Anda harus membuat seolah-oleh backlink tersebut dilakukan oleh user lain tanpa campur tangan Anda.

Bagaimana Teknik Membangun Backlink yang Kuat, Berkualitas & Benar?

Pakar SEO diluar sana banyak mengatakan :

  • Backlink harus berkualitas
  • Kualitas backlink lebih penting dari kuantitas
  • 1 backlink berkulitas nilainya sama dengan 100 sampai 1.000 backlink

Pertanyaannya backlink berkualitas itu backlink yang seperti apa?

Menurut versi saya, sekali lagi ini versi saya ya 🙂 . Backlink berkualitas ialah backlink yang didapat dari website yang memiliki authority tinggi dengan tema pembahasan yang sama dengan website Anda.

Contoh jika saya menginginkan backlink yang baik untuk tulisan ini, maka website terbaik untuk memberikan backlink adalah :

  • Website yang fokus pada niche SEO
  • Website yang memiliki authority tinggi, biasanya bisa di cek DA dan PA nya (Domain Authority dan Page Authority).
  • Website yang sudah berumur, bukan website baru
  • Website yang memiliki traffic cukup banyak
  • Link diberikan di dalam body konten dengan pembahasan yang juga membahas tentang “teknik membangun backlink”.

Itu kriteria backlink berkualitas untuk artikel ini.

Bagaimana teknik membangun backlink yang tidak melanggar?

Saran saya tetap sama dengan pakar SEO diluar sana, Anda harus tetap membangun konten berkualitas. Agar user dengan senang hati mau share konten tersebut di media online yang mereka miliki.

Kalau kontennya jualan bagaimana?

Untuk website julalan Anda tidak boleh hanya menuliskan konten-konten penawaran saja disana, tapi Anda juga diharuskan menuliskan konten konten sharing yang masih berkaitan dengan produk jualan Anda.

Contoh nya website ini, disini saya juga menjual :

Namun yang saya tulis di website ini tidak melulu tentang jualannya. Tapi saya juga memberikan sharing-sharing terkait teknik SEO.

Saat konten sharing seperti konten ini di share oleh Anda atau user lainnya, maka otomatis ikut mendongkrak peringkat dari konten penawaran Kursus SEO dan konten penawaran jasa SEO nya.

Backlink Manual yang Masih saya Lakukan

Salah satu backlink manual yang masih saya lakukan dan tergolong aman sampai saat ini adalah share di sosial media yang dimiliki. Ada banyak sosial media yang bisa Anda gunakan seperti :

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • Youtube
  • Tumblr
  • Reddit
  • Linkedin
  • Line
  • Medium
  • Flickr
  • dll

Cara ini masih tergolong aman karena pada prinsipnya algoritma Google dibuat oleh manusia maka algoritma akan berfikir seperti manusia berfikir. Dan rasanya sangat wajar ketika kita membuat sebuah tulisan kemudian di share di sosial media yang dimiliki.

Backlink yang masih Power Full

Backlink seperti apa yang masih powerfull untuk dilakukan saat ini?

Backlink yang masih sangat powerfull dilakukan saat ini adalah backlink yang terdapat di dalam body konten (isi konten). Backlink seperti ini biasa disebut dengan contextual link.

Bagaimana cara mendapatkan backlink seperti ini?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan contextual backlink, diantaranya :

  • Membangun PBN
  • Menjadi penulis tamu (guest post)
  • Mengadakan kontes SEO

Tiga cara di atas yang paling umum dilakukan dari cara mendapatkan contextual backlink lainnya. Kita coba bahas satu-satu.

1). Membangun PBN

PBN (Private Blog Network) adalah blog atau website yang sengaja dibangun untuk kepentingan backlink. Biasanya pakar SEO memiliki puluhan sampai ratusan PBN untuk mendongkrak website utama mereka.

Jika Anda memiliki PBN, Anda tinggal membuat konten khusus backlink untuk diposting di sana. Jangan lupa berikan link yang menuju ke website utama Anda di dalam PBN tersebut.

2). Menjadi Penulis Tamu

Membangun PBN membutuhkan banyak tenaga dan waktu, jika Anda ingin lebih cepat. Anda bisa menjadi penulis tamu. Mencari blog atau website yang menuliskan tema sejenis dengan website utama Anda yang ingin di backlink.

Disana Anda bisa menawarkan untuk menjadi penulis tamu, jangan lupa sampaikan kalau Anda akan menyisipkan link ke website utama Anda.

Untuk website-website yang biasa menerima guest post biasanya mereka memasang tarif, sekitar 150rb per artikel yang di publis.

Website-website besar seperti marketplace juga melakukan hal seperti ini. Saya beberapa kali mendapatkan tawaran untuk memposting artikel mereka di website yang saya kelola.

3). Mengadakan Kontes SEO

Jika Anda memiliki cukup budget, Anda bisa mengadakan kontes SEO. Kontes seperti ini juga biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Di dalam kontes Anda bisa meminta peserta :

  • Membuat review website atau perusahaan Anda pada website peserta dengan menargetkan kata kunci tertentu (biasanya long tail keyword).
  • Meminta peserta memasukan beberapa link menuju website Anda di dalam konten tersebut.
  • Meminta peserta share ke semua sosial media yang dimilikinya.

Dengan begini Anda akan mendapatkan banyak backlink berkualitas.

Hanya saja perlu ada beberapa aturan yang Anda terapkan, untuk memastikan teknik optimasi yang dilakukan peserta tidak melanggar aturan Google.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil :

  • Segala tindakan backlink yang dilakukan secara manual itu melanggar aturan Google.
  • Lebih baik fokus membuat konten berkualitas agar backlink terjadi secara natural tanpa ada campur tangan Anda sebagai pemilik website.
  • Backlink yang masih aman dilakukan saat ini salah satunya adalah backlink sosial media.
  • Backlink yang masih powerfull sampai saat ini yaitu contextual backlink, namun cara penerapannya harus benar.
  • Cara mendapatkan contextual backlink adalah dengan membangun PBN, menjadi penulis tamu atau membuat kontes SEO.

Selalu waspada dan hati-hati dalam melakukan backlink. Lakukan backlink dengan santai, jangan tergesa-gesa. Karena semua teknik backlink yang Anda lakukan memiliki resiko.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Bagaimana Teknik Membangun Backlink yang Kuat, Berkualitas dan Benar?

Sorry, comment are closed for this post.