Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Tips Membangun Tim SEO

Tips Membangun Tim SEO

(369 Views) November 18, 2019 2:26 pm | Published by
Tips Membangun Tim SEO

Mas bagaimana cara membangun tim SEO, berapa banyak orang yang dibutuhkan dan pembagian tugasnya seperti apa?

Pertanyaan ini masuk dari salah satu alumni pelatihan kursus SEO defriansyah.net yang saat ini bisnis nya sudah cukup berkembang, sehingga beliau menganggap sudah butuh untuk membangun tim.

Pembahasan kali ini kita fokus di tim SEO saja ya tidak membahas kebutuhan tim diluar tim SEO.

Berikut Jawaban Saya dari pertanyaan ini :

Sebelum kita bahas panjang lebar tentang berapa banyak orang yang dibutuhkan dan pembagian tugasnya seperti apa, yang perlu Anda perhatikan antara lain :

  • Berapa besar budget Anda untuk membangun tim ini,
    Untuk gaji bulanan dan sebagainya.
  • Berapa banyak website yang mau dioptimasi
  • Tingkat persaingan kata kunci yang ditargetkan seperti apa

Budget yang dianggarkan juga akan sangat berpengaruh, kalau budgetnya terbatas bagaimana bisa melengkapi tim SEO. Beda cerita kalau budgetnya tersedia.

Kita anggap budgetnya ada, berikut kebutuhan timnya.

1). Tim Ahli SEO

Yang pertama kali Anda rekrut adalah tim ahlinya, orang yang benar-benar ahli SEO, benar-benar menguasai teknik SEO. Orang ini harus berpengalaman karena dia yang akan memimpin tim dalam urusan optimasi.

Hanya saja biasanya permintaan gaji orang seperti ini cukup tinggi, pilihan lainnya jika Anda masih bisa menghandle atau memimpin proses optimasinya lebih baik Anda dulu yang pimpin. Dengan catatan Anda bisa SEO ya kalau belum bisa mau tidak mau Anda perlu belajar terlebih dahulu.

Karena pertanyaan ini datangnya dari alumni pelatihan, saya asumsikan sudah bisa SEO dan sudah punya pengalaman menaikkan peringkat website ke halaman satu Google, maka untuk orang ahli bisa Anda pegang lebih dulu.

2). Penulis

Berikutnya Anda butuh penulis, bicara optimasi SEO dengan mengikuti algoritma Google terbaru mau tidak mau Anda harus membuat banyak tulisan, baik tulisan untuk diposting di website utama maupun tulisan untuk diposting di website backlink.

Bukannya bisa pakai tools mas?

Tools untuk membuat ribuan konten secara cepat memang ada, bahkan banyak. Hanya saja biasanya tulisan yang dihasilkan kurang bagus, kurang enak dibaca user. Yang terjadi nantinya rasio pentalan Anda menjadi tinggi.

Apa lagi jika Anda ingin membangun brand bisnis, tentu Anda harus menyajikan konten-konten yang bagus dan berkualitas di dalam website Anda. Sehingga user betah berlama-lama berada di dalam website, bahkan mereka bersedia dengan suka rela membagikan konten-konten di dalam website Anda.

Berapa penulis yang dibutuhkan?

Berapa banyak penulis yang dibutuhkan tergantung berapa banyak website yang Anda optimasi dan berapa banyak kata kunci yang ditargetkan. Semakin banyak website, semakin banyak kata kunci yang ditargetkan membutuhkan semakin banyak tulisan.

Pilihan lainnya Anda bisa memakai jasa penulis konten, ini lebih terjangkau dari pada langsung mempekerjakan penulis konten. Hanya saja ada beberapa masalah yang nantinya Anda temui dengan menggunakan jasa penulis konten.

Apa saja masalahnya dan tim apa lagi yang Anda butuhkan sudah saya jelaskan secara lengkap di video ini. Tonton videonya sampai habis ya!

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Tips Membangun Tim SEO

Sorry, comment are closed for this post.