Menu Click to open Menus
Home » Blog » 5 Update Besar Algoritma Google Sepanjang 2019

5 Update Besar Algoritma Google Sepanjang 2019

(120 Views) December 24, 2019 8:33 am | Published by
update algoritma google 2019

Tahun 2019 banyak pembaruan atau update algoritma dilakukan mesin pencari Google, diantaranya terdapat pembaruan-pembaruan besar yang sangat berdampak pada perubahan peringkat di halaman satu Google.

Tahun yang sangat melelahkan bagi para praktisi SEO, karena mereka mau tidak mau dituntut untuk menganalisa arah pembaruan yang dilakukan Google untuk membuat website tetap eksis di halaman satu pencarian.

Apalagi jika pembaruan yang terjadi menyebabkan website yang dikelola mengalami penurunan peringkat, tentu harus ada suatu tindakan yang diambil untuk mengembalikan peringkat.

Pengembalian peringkat, terkadang membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Update Algoritma Google di 2019 diantaranya :

1. EAT dan YMYL

Untuk yang satu ini sudah pernah kami bahas di salah satu artikel di website ini, intinya Google memberikan bobot lebih pada website yang menunjukan keahlian, otoritas dan kepercayaan.

Google juga memberikan penilaian lebih pada website yang memiliki standar kepercayaan dan keamanan yang paling ketat.

Untuk itu sebagai pemilik website disarankan untuk membuat halaman tentang kami yang dapat menjelaskan siapa orang dibalik website tersebut, tunjukan bahwa pemilik atau penulis website memiliki keahlian dan otoritas dalam pembahasan yang di bahas di dalam website.

Contohnya saja website kesehatan, Google lebih mempercayai jika website kesehatan ditulis oleh orang-orang yang memiliki keahlian dibidang tersebut, seperti ditulis oleh dokter, perawat atau ahli kesehatan lainnya.

2. Diversity Update

Diversity update atau pembaruan keragaman. Pembaruan algoritma yang satu ini untuk meningkatkan keragaman website di halaman satu pencarian Google. Dengan algoritma ini Google membatasi listing yang tampil di halaman pencarian mereka untuk satu domain.

Jika sebelumnya satu kata kunci bisa menampilkan lebih dari dua listing untuk domain yang sama, pada pembaruan ini tidak akan terjadi lagi. Kecuali untuk domain yang memiliki authority tinggi.

Dari informasi yang kami terima, sub domain dan add-on domain dianggap satu kesatuan dengan domain utama, yang artinya sub domain dan add-on domain ini akan berbagi tempat dengan domain utama.

Contoh sederhananya ketika di satu kata kunci sebut saja kata kunci A sudah menampilkan dua halaman domain utama, misal diperingkat 1 dan 2. Maka tidak ada lagi kesempatan sub domain dan add-on domainnya untuk ikut masuk ke dalam kata kunci tersebut.

3. Cuplikan yang lebih tepat waktu

Pembaruan pada bulan Agustus memastikan cuplikan yang ditampilkan di halaman pencarian Google menampilkam informasi terbaru atau paling update.

Misalnya saja ketika seseorang mencari informasi tentang jadwal liga italia, maka Google akan menampilkan jadwal liga italia terbaru. atau ketika seseorang mengetikan tentang berita Jakarta terbaru, maka Google akan menampilkan berita Jakarta hari ini bukan berita dari tahun lalu.

Untuk itu sebagai pemilik website kita dituntut untuk selalu memperbarui halaman website atau secara teratur menerbitkan informasi baru di dalam website. So, selaliu melakukan update konten di dalam website menjadi satu kewajiban.

4. Sumber Informasi

Google memberikan penilain lebih banyak pada website yang merupakan sumber asli dari sebuah informasi. Mereka memberikan peringkat yang lebih baik dan menampilkannya dalam waktu yang lebih lama kepada website yang merupakan sumber asli dari sebuah informasi.

Misalnya ketika kami membuat tulisan ini tentu kami mengambil berita dari berbagai website luar negeri untuk dijadikan sumber informasi, maka Google akan memberikan penilaian lebih pada website sumber tadi dari pada website ini.

Atau sederhanaya misalnya saja apa yang kami tuliskan pada artikel ini merupakan tulisan asli yang kami sebagai sumber utamanya, kemudian karena Anda menganggap tulisan ini bermanfaat kemudian Anda menuliskan kembali artikel ini di website Anda tentunya dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Untuk itu Google tetap akan memberikan penilaian lebih pada website kami dari pada website Anda yang menjadikan website ini sebagai sumber tulisan.

5. BERT

25 Oktober, algoritma BERT pertama kali diperkenalkan Google. Google menyebutkan perubahan algoritma kali ini merupakan perubahan terbesar dalam sistem pencarian mereka.

Dengan BERT memungkinkan algortima Google memahami arti dari frasa Anda, bukan hanya kata-kata yang terdapat dalam frasa.

BERT sama sekali tidak menilai sebuah website baik atau buruk seperti algoritma lainnya, tapi BERT lebih ke memahami sebuah informasi yang dicari user dari kata yang mereka ketikan, kemudian mencoba menampilkan jawaban yang paling sesuai.

Update algoritma BERT dampaknya lebih terasa pada long tail keyword atau kata kunci panjang, perubahan besar terjadi disana.

Apa yang harus dilakukan?

Seperti biasanya Google selalu mengatakan tidak ada yang perlu dilakukan untuk menghadapi perubahan algoritma ini. Fokuslah menuliskan konten berkualitas tinggi dengan menampilkan informasi secara lengkap.

Tapi faktanya tetap ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki peringkat atau membuat website menembus halaman satu Google. Berikut hasil perbaikan yang kami lakukan pada salah satu website yang kami kelola :

Update Algoritma Google 2019

Nomor 1 Google untuk berbagai kata kunci yang ditargetkan.

Perbaikan apa saja yang dilakukan?

Sebelum membahasa perbaikan apa saja yang dilakukan, hal pertama yang perlu Anda pahami adalah semua perbaikan ini memerlukan proses, memerlukan waktu, tidak bisa instant.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari sebera banyak perbaikan yang perlu dilakukan.

Berikut apa saja yang kami lakukan untuk memperbaiki peringkat dari website di atas :

  • Perbaiki kecepatan akses website
  • Tetap update konten secara rutin
  • Coba untuk menulis lebih panjang (minimal 1.000 kata)
  • Tulis beberapa tulisan yang masih berhubungan dengan kata kunci yang ditargetkan
  • Cek backlink spam dan hapus backlink spam menggunakan Google disavow link

Selanjutnya lakukan optimasi seperti biasa.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami tuliskan saat ini, semoga bermanfaat.



Diskon

Belajar teknik SEO mengikuti perkembangan algoritma terbaru, dibimbing selama 2 bulan mau?

KLIK DISINI

Hanya untuk 5 pendaftar tercepat


Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags:
Categorised in: ,

Comment Closed: 5 Update Besar Algoritma Google Sepanjang 2019

Sorry, comment are closed for this post.