Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Pentingnya Update Konten dalam SEO

Pentingnya Update Konten dalam SEO

(79 Views) December 26, 2019 10:38 am | Published by

Jika traffic website Anda saat ini mengutamakan traffic pencarian organik atau SEO, maka update konten secara rutin dan berkala menjadi sesuatu yang sangat penting.

Seperti yang sudah pernah kami bahas pada tulisan mengenai update algoritma Google, saat ini algoritma Google lebih pro pada website-website yang aktif, yaitu website-website yang selalu memperbarui kontennya dan menuliskan konten-konten baru.

Lihat fakta pada gambar di bawah ini

Pentingnya Update Konten dalam SEO

Ini adalah traffic dari salah satu website yang kami kelola, dimana hampir satu bulan terakhir sama sekali tidak posting konten atau tulisan baru.

Fokus di panah merah, trafficnya meningkat secara drastis (2 kali lipat) ketika kami posting satu artikel baru.

Kalau kami perlihatkan data lebih lama lagi, traffic di website ini mengalami penurunan sangat drastis. Salah satu penyebabnya karena tidak pernah update konten baru.

Bagaimana cara mengembalikan trafficnya?

Caranya dengan kembali menulis secara rutin di website tersebut. Bayangkan jika dengan satu kali memposting tulisan baru, trafficnya meningkat dua kali lipat, maka bagaimana kalau kembali posting rutin setiap hari. Tentu akan mengembalikan trafficnya seperti semula, bahkan jauh melebihi traffic sebelumnya.

Website saya sudah ribuan konten, apa tetap harus posting konten secara rutin?

Jawabannya tetap, seperti yang saya tuliskan pada tulisan sebelumnya tentang 5 update besar algoritma Google 2019.

Salah satu update algoritma menginginkan informasi yang tampil di halaman pencarian mereka (halaman pencarian Google) adalah informasi paling baru, informasi paling update.

Untuk itu Anda perlu terus memperbaharui tulisan Anda atau membuat tulisan terbaru dengan mengikuti perkembangan yang ada.

Contoh kasus ada salah satu alumni pesantren Laskarseo yang saat ini memegang SEO dari sebuah lembaga yang cukup ternama, konten di websitenya sudah ribuan. Trafficnya diangka 2juta perbulan.

Beberapa bulan lalu karena ada kesibukan lain dari lembaga tersebut, sehingga update kontennya sempat terhenti, maka yang terjadi trafficnya turun sebanyak 200ribu traffic di bulan tersebut. Sebuah penurunan yang cukup besar.

Info terakhir yang kami dapatkan, traffic website tadi sudah kembali normal seperti diawal, bahkan sudah mengalami kenaikan kembali. Tidak ada perbaikan apapun yang dilakukannya kecuali kembali memposting tulisan baru secara rutin.

Dari sini bisa diambil kesimpulan, bahwa menulis konten secara rutin tetap harus dilakukan meski website yang dikelola sudah memiliki ribuan konten.

Kenapa update konten sangat mempengaruhi traffic?

Saat website Anda pasif, sama sekali tidak membuat konten baru di dalam nya, yang terjadi peringkat website Anda turun terkena dampak algoritma terbaru yang sebelumnya kita bahas.

Turunnya peringkat mengakibatkan traffic website juga menurun. Karena user yang mencari informasi di Google sebagian besar hanya meng klik website yang berada di 3 besar Google.

New visitor turun

Kondisi ini diperparah dengan returning visitor yang juga turun karena tidak adanya konten baru yang bisa mereka baca.

Returning visitor turun

Kenapa begitu?

Coba jawab beberapa pertanyaan ini ya

  1. Berapa kali dalam sehari Anda membuka Facebook / Instagram / Youtube?
  2. Jika Anda penggemar berita, berapa kali dalam sehari Anda membuka website berita?
  3. Kenapa Anda mau berkali-kali membuka website tersebut?
    (Facebook, instagram, youtube atau web berita)

Jawabannya, karena di website website tersebut ada konten baru setiap menit bahkan setiap detik.

Bayangkan, seandainya di website tersebut tidak ada konten baru yang bisa Anda nikmati, apakah Anda masih membuka website website tadi berkali kali dalam satu hari?

Tentu tidak.

Sama halnya dengan website Anda, ketika tidak ada konten baru yang bisa dibaca atau ditonton, tentu pengunjung lama enggan untuk kembali. Ini menjadi salah satu penyebab turunnya traffic.

Kesimpulan

Ada dua kerugian yang Anda dapatkan ketika tidak melakukan update konten secara rutin dan berkala di dalam website, yaitu :

  1. Turunnya peringkat website Anda di halaman pencari Google.
    Ini akan mengakibatkan berkurangnya traffic dari new visitor.
  2. Enggan kembalinya pengunjung lama.
    Berkurangnya traffic dari returning visitor. Karena tidak ada hal baru yang bisa di baca atau ditonton pengunjung lama, akibatnya pengunjung lama tidak kembali.

Jadi, walaupun website Anda sudah memuat ribuan konten, tetaplah memposting konten secara rutin untuk mempertahankan pengunjung lama dan mendapatkan pengunjung baru.

Semoga artikel ini bermanfaat


Diskon

Belajar teknik SEO mengikuti perkembangan algoritma terbaru, dibimbing selama 2 bulan mau?

KLIK DISINI

Hanya untuk 5 orang tercepat


Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags:
Categorised in: ,

Comment Closed: Pentingnya Update Konten dalam SEO

Sorry, comment are closed for this post.