Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Belajar SEO WordPress

Belajar SEO WordPress

(90 Views) May 9, 2019 8:22 am | Published by

Belajar Seo wordpress

Pada artikel Belajar SEO WordPress kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana Anda bisa menampilkan website di halaman 1 pencarian Google dengan kata kunci yang ditargetkan.  Teknik yang dituliskan, selain untuk mengoptimasi website wordpress juga bisa digunakan untuk mengoptimasi website dengan platform lain.

Artikel ini cukup panjang, sebaiknya Anda menyediakan waktu senggang untuk dapat membaca dan mempraktekannya langsung.

Pengertian SEO

Kita mulai dari hal yang sederhana dulu ya, yaitu pengertian SEO. Karena saya tidak yakin pembaca artikel ini sudah paham semua apa itu SEO. Jika Anda sudah paham, silakan lewati bagian ini.

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Optimasi Mesin Pencari. Yaitu segala teknik yang dilakukan untuk membuat website berada di urutan teratas mesin pencari dengan kata kunci yang ditargetkan.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang mencari informasi tertentu di halaman mesin pencari seperti Google. Maka Google akan menampilkan banyak website disana. Lihat gambar! sebagai contoh, saya ingin membeli Sepatu, kata yang mungkin saya ketikan adalah Toko Sepatu :

Pengertian SEO

Fokus pada tulisan di kotak merah, disana tertulis 63.500.000 (enam puluh tiga juta lima ratus ribu). Inilah jumlah website yang bersaing di halaman pencarian Google. Buanyak, ya?

Dari website sebanyak ini, pertanyaannya website dengan peringkat berapa yang akan saya klik dan kunjungi?

Tentu website yang tampil di halaman pertama Google terutama peringkat 3 besar seperti gambar di bawah ini :

Apa Itu SEO

Web sepatuindonesia.com ada diperingkat 1 Google, maka web ini yang paling berpeluang besar saya klik dan melakukan transaksi disana.

Cara website sepatuindonesia bisa berada di peringkat 1 Google ini dinamakan teknik SEO. Paham ya.

Manfaat SEO

Setelah bahas pengertian sekarang kita coba bahas manfaatnya. Apa manfaat SEO?

Pada website, SEO bermanfaat untuk mendatangkan banyak traffic / kunjungan ke dalam sebuah website, sehingga informasi yang Anda tuliskan di web terbaca oleh banyak orang.

Pada Bisnis, SEO bermanfaat untuk :

  • Sarana Branding Gratis
    Ketika website Anda mudah ditemukan di halaman mesin pencari, apalagi dengan kata kunci sesuai dengan bisnis atau produk. Nama bisnis atau produk Anda akan semakin dikenal orang.
  • Meningkatkan Omset
    Tampil di halaman pertama pencarian Google akan membuat website Anda mendapatkan banyak kunjungan dari pengunjung Google yang sedang mencari produk atau bisnis Anda. Peningkatan kunjungan tentu akan berbanding lurus dengan peningkatan transaksi.
  • Memperluas Jangkauan Pemasaran
    Dengan menggunakan SEO, website promosi Anda bisa ditemukan dari lokasi manapun user mencari produk atau bisnis Anda. Ini akan memperluas jangkauan promosi Anda, bukan hanya ke seluruh Indonesia tapi juga seluruh dunia.

Masih banyak manfaat SEO yang tidak bisa saya tuliskan semua disini, intinya pada penjualan online Anda butuh penawaran Anda dibaca oleh banyak orang. Semakin banyak yang membaca maka akan semakin banyak pula transaksi pembelian. Dan SEO merupakan salah satu cara agar penawaran online Anda ditemukan dan dibaca banyak orang.

Persiapan Optimasi

Sebelum mulai mengoptimasi ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan di antaranya :

1. Target Kata Kunci

Pertama kali yang harus Anda persiapkan adalah kata kunci apa yang ingin ditargetkan, pemilihan kata kunci ini tidak boleh sembarangan harus berdasarkan riset. Apa saja yang perlu diriset?

  • Volume pencarian kata kunci
    Anda harus pastikan kata kunci yang ditargetkan merupakan kata kunci yang banyak diketikan orang di halaman Google. Bukan berdasarkan asumsi ya tapi benar-benar harus dipastikan dengan data.
  • Tingkat persaingan kata kunci
    Ini juga merupakan hal yang perlu diriset, untuk pemula sebaiknya hindari kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi.

Ingat kedua poin di atas perlu diriset bukan berdasarkan asumsi semata.

Salah penargetan kata kunci mengakibatkan optimasi Anda menjadi sia-sia, tidak akan berdampak sama sekali. Ketika Anda menargetkan kata kunci yang tidak ada pencariannya, walau website berada di peringkat 1 Google sekalipun tetap saja akan sepi pengunjung.

Sepi pengunjung = sepi transaksi pembelian.

Bagaimana cara risetnya mas?

Pertanyaan bagus, dari sekian banyak kata kunci dan sekian panjang caranya. Di sini akan saya berikan teknik yang sederhana. Jangan salah, walau sederhana teknik ini tetap bermanfaat dan bisa menjadi acuan dalam menargetkan kata kunci.

Gunakan tools ini >> https://neilpatel.com/ubersuggest/

Caranya tonton video di bawah ini ya :

Jangan lanjut membaca kalau Anda belum mendapatkan target kata kunci yang sesuai!

2. Website

Setelah menentukan target kata kunci, selanjutnya Anda perlu membuat website. Karena judulnya belajar SEO wordpress maka saya menyarankan Anda membuat website dengan platform wordpress. Bukan versi gratisnya ya tapi versi berbayar (domain dan hosting berbayar).

Ah duit lagi aja mas, yang gratisan apa gak bisa?

Bukan tidak bisa tetapi fitur yang gratisan sangat terbatas, jadi saya sarankan pakai yang berbayar. Seperti yang saya katakan di awal tekniknya bukan hanya bisa diterapkan pada website wordpress tapi bisa juga di blogspot maupun website codingan sendiri. Intinya sama cuma cara penerapannya saja yang berbeda.

Buat web mulai dari membeli domain dan hosting.

Beli domain bisa disini >> laskarseo.com/hosting

Memilih penyedia hosting tidak bisa sembarangan, ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan. terutama masalah server yang harus stabil. Hosting yang saya rekomendasikan di atas saat ini hampir memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan. (saat ini, karena performanya bisa jadi berbeda beberapa tahun ke depan).

Setelah itu install wordpress pada cpanel dan mulai bangun websitenya. Untuk cara menginstall ini sudah banyak yang membahasnya, coba Googling saja cara install wordpress di cpanel.

Cara Install WordPress di Cpanel

Selanjutnya setting websitenya, terutama masalah pemilihan theme yang SEO Friendly.

Untuk masalah Theme atau tampilan website jangan memilih hanya karena theme ini bagus ketika dilihat, tapi ada beberapa kriteria Theme yang harus diperhatikan agar optimasinya berjalan bagus. Apa saja itu?

  • Pastikan theme tidak berat saat diakses, baik melalui dekstop maupun mobile. Anda bisa cek menggunakan GT Metrix.
  • Pastikan theme sudah mobile friendly, untuk yang ini tidak perlu khawatir. Karena setau saya saat ini hampir semua theme sudah mobile friendly. Cek bisa disini bit.ly/cekmf
  • Tampilan website sesuaikan dengan web yang ada di halaman satu pencarian Google untuk kata kunci yang ditargetkan. Contoh jika ternyata saat Anda cek website yang tampil di halaman satu Google kebanyakan toko online maka Anda juga membuat website berbentuk toko online.

Untuk theme yang saya rekomendasikan bisa cek disini >> laskarseo.com/theme

Selanjutnya yang tidak kalah penting dari sini adalah memasang plugin SEO seperti :

  • All in one SEO
  • Yoast SEO

Pilih salah satu saja ya, keduanya sama bagusnya dan sama fungsinya.

3. Google Search Console

Persiapan terakhir mendaftarkan website ke Google Search Console (dulunya bernama Google Webmaster).

Apa lagi ini?

Google search console bisa dikatakan sebagai sarana komunikasi antara Anda sebagai pemilik website dengan Google sebagai raja mesin pencari. Jika Google menemukan masalah pada website Anda, Google akan memberitahu melalui Search Console. Beberapa fungsi search console :

  • Mempercepat proses indeks website dan konten website
  • Laporan performa website, seperti :
    • Laporan traffic yang masuk dari Google
    • Laporan kata kunci yang sudah masuk halaman satu Google
    • Laporan permasalahan yang ditemukan Google dalam hal perayapan dan pengindeksan
    • Laporan website mana saja yang memberikan link ke website Anda
    • Dan masih banyak lagi

Untuk cara mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools / Google Search Console juga sudah banyak yang menuliskannya, seperti biasa silakan Googling saja ya :

Cara Mendaftarkan Website Ke Google Search Console

Dari tadi disuruh Googling terus mas, lalu apa fungsinya konten ini?

Konten ini ditulis agar Anda lebih terarah saja dalam mengoptimasi, tidak bingung langkah-langkahnya. Pengalaman saat belajar dulu seperti itu, mau optimasi bingung mulai dari mana. Untuk materi-materi yang sudah banyak diposting di internet biar saya arahkan ke sana saja. Kita fokus di step-stepnya.

Oke sekarang persiapan sudah selesai, selanjutnya Optimasi.

Optimasi Mesin Pencari

Fakta pertama yang harus Anda pahami adalah saat ini konten berupa tulisan sangat berpengaruh besar terhadap SEO, jadi pada konten belajar SEO WordPress ini saya lebih menekankan pada penulisan konten yang SEO Friendly. Bukan cuma asal tulis, bukan sekedar enak dibaca tapi juga bagus menurut mesin pencari Google.

Sebelum itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya :

  • Konten harus orisinil, asli bukan copas.
  • Di dalam konten terdapat gambar dan tulisan, bagusnya ada video terkait juga.
  • Tulis sepanjang 1.000 kata.

Mas syarat terakhir serem banget, tulis sepanjang 1.000 kata. Gak bisa kurang?

Kurang dari 1.000 kata bisa saja tapi hasilnya kurang maksimal untuk teknik yang akan saya tuliskan saat ini. Beberapa konten saya terdiri dari 700 sampai 1.ooo kata lebih dan yang paling bagus peringkatnya biasanya yang 1.000 kata lebih.

Saya pernah melihat ada website menempati urutan teratas Google, tulisannya sedikit mas tidak banyak.

Teknik SEO tidak semua sama mas, saya sendiri pernah belajar SEO dari berbagai tempat dan tekniknya berbeda-beda. Teknik yang paling mudah dan biasanya peringkatnya lebih awet ya yang seperti ini.

Biasanya teknik yang menggunakan sedikit tulisan di dalam web utamanya, mereka lebih mengoptimasi di SEO Off Page. Menggunakan lebih banyak backlink.

Oke jelas ya

Sampai disini saya harapkan Anda sudah melakukan 3 persiapan sebelumnya yaitu :

  • Sudah menentukan kata kunci untuk ditargetkan
  • Sudah memiliki website
  • Sudah mendaftarkan website ke Google Search Console

Kalau satu dari ke tiga poin di atas ada yang belum terpenuhi, jangan lanjut dulu ya. Silahkan penuhi dulu.

Bila sudah, yuk kita lanjut!

Silahkan masuk ke dashboard WordPress Anda, disana Anda akan menemukan seperti ini :

Page dan Post

Anda bebas memilih, boleh menulis konten di pages atau pun post. Untuk SEO tidak ada bedanya. Setelah di klik Add New akan tampil seperti ini :

Belajar SEO WordPress Pemula

Nanti tampilnya seperti ini, perhatikan kolom yang diberi tanda panah merah. Ini adalah kolom untuk mengisi judul dari kontennya. Tahap pertama adalah optimasi Judul :

1. Optimasi Judul

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi judul :

  • Di dalam judul harus terdapat kata kunci
  • Boleh tambahkan kata lain yang menarik setelah judul

Hanya dua ini saja yang paling penting untuk optimasi judul. Contohnya seperti artikel ini :

Belajar SEO Untuk Pemula

Pada artikel ini saya memberikan judul sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan yaitu Belajar SEO WordPress.

2. Optimasi URL

URL lebih mudahnya dapat diartikan dengan alamat lengkap sebuah website. Seperti contohnya URL artikel ini yaitu https://defriansyah.net/belajar-seo-wordpress/.

Cara optimasinya sederhana hanya :

  • Tulis URL sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan, contohnya :

Belajar Optimasi Mesin Pencari

Jika Anda menuliskan judul hanya dengan kata kunci maka URL akan otomatis mengikuti judul, tidak perlu lagi di edit. Tapi kalau ada tambahan kata lain, maka URLnya perlu Anda edit. Klik saja tombol edit seperti yang saya berikan tanda panah di gambar. Kemudian tulis kata kunci persis disana.

3. Optimasi Meta Title

Meta title adalah judul yang tampil di halaman pencarian Google, contohnya :

Contoh Meta Title

Rumus penulisan meta title :

  • Kata kunci + Kata yang Menarik

Contoh pada gambar saya menuliskan Kursus SEO Online Terbaik (8 Langkah Praktis Page 1 Google), dengan komposisi :

  • Kursus SEO Online = Kata kunci yang ditargetkan
  • Terbai (8 Langkah Praktis Page 1 Goolge) = Kata tambahan yang menarik

Meta title dituliskan dimana mas?

Jika Anda sudah menginstal Yoast SEO, maka meta title bisa ditulis di :

Penulisan Meta Title

Jika Anda sedang membuka post atau pages di dashboard wordpress, posisinya ada di bawah. Setelah kolom pengisian body konten.

Penulisan Meta Title Yoast

Tulis meta title disini.

4. Optimasi Meta Description

Meta description adalah deskripsi singkat yang tampil di halaman pencarian Google, contohnya :

Contoh Meta Description

Rumus penulisannya :

  • Kata kunci + Copywriting singkat

Seperti contoh pada gambar :

  • Kursus SEO Online = Kata kunci
  • Siapa lagi yang ingin websitenya masuk halaman satu Google dan merasakan Banjir Order = Copywriting Singkat.

Cara penulisannya ada di bawah meta title.

5. Optimasi Body Konten

Body Konten sama dengan isi dari tulisan itu sendiri. Cara optimasinya sederhana :

  • Tulisan dibuat untuk user / manusia. Jangan buat tulisan untuk robot.
  • Tuliskan kata kunci di :
    • 100 kata pertama
    • 100 kata terakhir
  • Lengkapi dengan gambar / foto

Yang terpenting buatlah tulisan untuk manusia, tulisan yang enak di baca. Tulisan yang membuat user betah berlama-lama di dalam website Anda. Ini kunci utamanya melebihi apapun.

Semakin panjang tulisan semakin baik dengan syarat tulisan nyaman dibaca.

Jika memungkinkan lengkapi dengan video yang masih berkaitan dengan isi tulisannya.

Untuk video, apakah langsung upload di websitenya mas Def?

Kalau saya biasanya embed dari youtube, videonya diupload di youtube kemudian embed di website. Jika bingung bagaimana caranya bisa googling ya.

Kenapa tidak langsung upload di webnya mas?

Biasanya menyebabkan loading web menjadi berat, jika langsung upload video di website.

 

Untuk saat ini optimasi SEO sangat berkaitan erat dengan penulisan konten, jadi mau tidak mau harus sering-sering menulis. Tulisannya juga tidak bisa sembarang tapi harus mengikuti proses optimasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya tinggal mengulang-ulang cara di atas dengan membuat banyak tulisan yang menargetkan berbagai kata kunci.

 

Kesimpulan

Sebelum melakukan optimasi SEO ada 3 hal yang perlu Anda persiapkan :

  • 1. Kata kunci yang ditargetkan
  • 2. Website yang mau dioptimasi
  • 3. Daftarkan website ke Google webmaster/ Search Console

Setelah 3 hal di atas siap, lakukan proses optimasi dengan membuat konten-konten tulisan dan menyisipkan kata kunci di beberapa tempat di antaranya pada :

  • 1. Judul
  • 2. URL
  • 3. Meta Title
  • 4. Meta Description
  • 5. Body konten

Untuk pemula sebaiknya targetkan dulu kata kunci persaingan rendah, mudahnya targetkan saja kata kunci + nama kota tempat usaha Anda berjalan. Misal :

  • Kata kunci : Kursus SEO
  • Kota : Jakarta

Maka Anda bisa targetkan kata kunci Kursus SEO Jakarta atau Kursus SEO di Jakarta

Silahkan dicoba, semoga tulisan Belajar SEO WordPress ini bermanfaat.

Jadwal Private SEO Offline Terdekat : 21, 22 & 23 Juni 2019
3 hari Full Praktek Klik https://defriansyah.net/private-seo-offline/

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Belajar SEO WordPress

Sorry, comment are closed for this post.