Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Bagaimana Cara Menaikan Kata Kunci | Belajar SEO

Bagaimana Cara Menaikan Kata Kunci | Belajar SEO

(182 Views) January 30, 2020 5:32 am | Published by
Bagaimana Cara Menaikan Kata Kunci

Selasa kemarin ada chat masuk ke WA saya menanyakan hal ini, “Bagaimana Cara Menaikan Kata Kunci?”. Sebuah pertanyaan pendek yang memiliki jawaban super panjang 🙂 .

Bagaimana tidak panjang, karena untuk menjawab pertanyaan ini, saya mengajarkan peserta sampai 2 bulan lamanya baik di kelas Kursus SEO Online maupun kelas Private SEO Online.

Namun, pada tulisan kali ini saya coba jawab dengan menjelaskan secara garis besarnya saja, agar Anda sedikit mendapatkan gambaran tentang bagaimana cara menaikan keyword atau kata kunci di halaman pencarian Google.

Pengertian

Teknik untuk menaikan kata kunci di halaman mesin pencari seperti Google biasa dinamakan dengan teknik SEO yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, dalam bahasa Indonesia Optimasi Mesin Pencari.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, saat ini user lebih senang bertanya pada mesin pencari terutama Google ketika mencari informasi apapun dari pada bertanya pada user lain.

Termasuk ketika mereka mencari informasi tentang toko atau penjual suatu produk yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya melalui mesin pencari.

Jika website Anda berhasil menempati urutan teratas mesin pencari Google apalagi untuk kata kunci tertarget, maka website Anda berkesempatan besar mendapatkan suntikan traffic yang cukup banyak dari mesin pencari Google. Bukan sembarang traffic tapi benar-benar traffic tertarget.

Banyak traffic = banyak tansaksi penjualan

Cara Menaikan Keyword di Halaman Pencarian Google

Berikut langkah-langkah dalam menaikan kata kunci di halaman pencarian :

1). Setting Website Sesuai dengan Keinginan Google

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah setting website sesuai dengan keinginan mesin pencari terutama mesin pencari Google. Apa saja yang perlu di setting?

  • Navigasi
    Berikan kemudahan user dalam berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.
  • Kecepatan Akses
    Pastikan website Anda cukup cepat saat diakses, jika lambat Anda perlu memperbaikinya.
  • Lengkapi Fitur SEO
    Lengkapi fitur SEO di dalam website Anda seperti fitur sitemap, fitur pengisian meta title dan meta description, dan fitur SEO lainnya.

2). Berkenalan dengan Google

Langkah kedua setelah memastikan website Anda sesuai dengan keinginan Google, selanjutnya kenalkan website Anda ke Google dengan cara mendaftarkannya ke Google Search Console.

Apa itu Google Search Console?

Google search console (GSC) dulunya bernama Google webmaster yaitu sebuah tools yang digunakan sebagai alat komunikasi antara Anda pemilik website dengan Google.

Ketika Anda mempunyai website baru, Anda perlu mendaftarkannya ke GSC agar Google segera mengirimkan robotnya untuk merayapi website baru Anda. Ini juga berlaku ketika Anda mempunyai artikel atau konten baru, Anda perlu mensubmit URL kontennya di search console. Ke dua hal ini dilakukan agar website dan konten baru Anda segera diindeks Google.

Di GSC juga terdapat banyak laporan untuk membantu optimasi website Anda, seperti :

  • Laporan ketika ada halaman error
  • Laporan Traffic
  • Laporan kata kunci apa saja yang sudah masuk halaman satu Google
  • Laporan kecepatan akses website
  • Laporan backlink yang sudah terindeks
  • dan masih banyak laporan lainnya

3). Buat Konten SEO Sesuai dengan Target Kata Kunci

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat konten SEO sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan, membuat konten tidak bisa asal membuat konten tapi ada tekniknya agar konten tersebut bisa masuk di halaman satu Google sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan.

Hal yang perlu dioptimasi saat membuat konten SEO diantaranya :

  • Optimasi judul artikel atau judul konten
  • Optimasi meta title
  • Optimasi meta description
  • Optimasi URL
  • Optimasi gambar
  • Optimasi body konten

Optimasinya seperti apa?

Inti dari optimasinya adalah menyisipkan kata kunci pada tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas.

4). Buat Konten-konten Lain yang Masih Berhubungan dengan Kata Kunci

Langkah ke 4 buat konten lainnya yang masih berhubungan dengan kata kunci, contoh misalnya saat saya menargetkan kata kunci Kursus SEO di website ini saya membuat konten lainnya yang masih berhubungan dengan konten kursus SEO seperti :

  • Belajar SEO
  • Workshop SEO
  • Private SEO
  • Teknik SEO
  • Update Algoritma Google
  • dan masih banyak lagi

5). Backlink

Langkah yang terakhir saat ke 4 langkah sebelumnya sudah dilakukan tapi website tidak kunjung naik ke halaman satu Google adalah backlink.

Apa itu backlink?

Backlink adalah link dari website lain yang jika di klik mengarah ke website Anda. Contohnya seperti di bawah ini :

cara menaikan kata kunci dengan backlink

Gambar di atas merupakan capture dari twitter, perhatikan panah merah tulisan defriansyah.net/cara-memulai-b… Link ini jika diklik oleh pengguna twitter mereka akan dialihkan ke website saya yaitu website defriansyah.net .

Untuk menaikan kata kunci di halaman pencarian Google Anda membutuhkan backlink seperti ini dengan jumlah yang cukup. Cukup disini dalam artian tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

Hanya saja Anda perlu berhati-hati dalam melakukan backlink, karena jika salah tekniknya website Anda bukannya naik justru hilang dari halaman pencarian Google.

Kesimpulan

Bicara tentang cara menaikan keyword di halaman pencarian Google memang cukup panjang, baru garis besarnya saja saya sudah menuliskan artikel lebih dari 700 kata, bagaimana jika dibahas secara tuntas.

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, pada program kursus SEO saya menjelaskan tentang ini selama 2 bulan lamanya. Sehingga kalau dituliskan semua bisa sangat panjang prosesnya 🙂 .

Untuk itu bagi Anda yang ingin belajar langkah-langkah cara menaikan kata kunci di halaman pencarian Google, Anda bisa mengikuti programnya disini >> Kursus SEO

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Bagaimana Cara Menaikan Kata Kunci | Belajar SEO

Sorry, comment are closed for this post.