Menu Click to open Menus
Home » Belajar Bisnis » Bagaimana Cara Meningkatkan Closing, Setelah Banyak Traffic dari SEO

Bagaimana Cara Meningkatkan Closing, Setelah Banyak Traffic dari SEO

(204 Views) January 31, 2020 6:33 am | Published by
Bagaimana Cara Meningkatkan Closing

Kemarin saat sesi tanya jawab di grup WhatsApp Belajar SEO 2020, ada salah satu member bertanya seperti ini :

Saya mau tanya tentang gimana cara meyakinkan pada produk kita, dan bisa deal gitu biar bisa closing,
Saya sudah bermain pada bisnis online di web tapi ya itu, web sudah di halaman pertama urutan 2, sudah banyak yang telepon tapi, belum bisa meyakinkan orang untuk beli ke kita?

Dari pertanyaan ini artinya beliau sudah tidak ada masalah dengan traffic websitenya, karena seperti yang disampaikannya website sudah berada di halaman satu Google apalagi menempati peringkat 2. Ini sudah sangat bagus sekali.

Setelah traffic, masalah berikutnya yang harus segera diselesaikan adalah closing. Percuma kan kalau traffic sudah banyak, yang menghubungi sudah banyak tapi tidak ada closing sama sekali.

Kita coba bahas, ya!

Join Grup Belajar SEO 2020 GRATIS, KLIK Disini

Pendahuluan

Kalau Anda mengikuti tulisan-tulisan saya, menonton video-video saya sebelumnya atau sudah pernah membaca buku saya yang berjudul “Jualan Laris dari Google” disana saya pernah bercerita tentang masalah yang tidak jauh berbeda diawal saya bermain SEO.

Saya ceritakan lagi sedikit, untuk yang sudah pernah tau silakan di skip saja tulisan ini, lanjut ke tulisan berikutnya 🙂 .

Singkatnya saat dulu pertama kali belajar SEO, saya hanya diberi informasi bahwa kalau website sudah masuk halaman satu Google order akan meningkat secara drastis, biasa disebut dengan banjir order.

Tapi yang terjadi, saat itu setelah website masuk halaman satu Google saya sama sekali tidak mendapatkan order.

Mengapa demikian?

Hal itu benar-benar menjadi beban pikiran saya, kok bisa begini padahal website sudah masuk halaman satu Google, ko sepi yang hubungi, ko susah dealnya, ko begini, ko begitu,

Sampai suatu hari saya mendapatkan pencerahan dari salah seorang teman, kira-kira pencerahannya seperti ini :

Def, produk yang kamu jual itu harganya belasan sampai puluhan juta.

Sekarang begini, kalau kamu mau beli produk dengan harga belasan sampai puluhan juta apa kamu percaya atau yakin mau beli di website gratisan seperti website mu ini?

Tentu tidak kan, kamu akan beli ke website yang benar-benar kamu percaya, pada website yang benar-benar kamu yakin bahwa website tersebut benar, bukan mau menipu.

Sekedar informasi, saat itu saya menggunakan blogspot sebagai web yang digunakan untuk menawarkan produk, dan parahnya domainnya juga masih sub domain dari blogspot tersebut.

Sampai disini pelajaran apa yang bisa diambil?

Harusnya sudah ya, kalau belum simak pembahasan berikutnya.

Masalah yang Terjadi

Sebelum kita bicarakan solusinya, kita harus cari dulu akar masalah kenapa sulit closing padahal sudah banyak traffic masuk.

Dari cerita saya di atas, harusnya sudah ada sesuatu yang Anda dapatkan. Akar masalah atau penyebab utama dari sulitnya closing. Apa Itu?

Kepercayaan

Masalah saat itu adalah tingkat kepercayaan user yang sangat rendah terhadap website atau blog jualan saya, mereka takut tertipu, mungkin yang ada dalam pikiran mereka :

  • Perusahaan macam apa ini, masa produk belasan juta promosinya pakai blog gratisan.
  • Jangan-jangan nipu nih, sengaja pakai yang gratis biar mudah dihapus websitenya.
  • Kalau ini benar perusahan profesional, pasti pakai website berbayar, untuk website saja tidak modal pasti produknya jelek.
  • dan masih banyak pikirian negatif lainnya.

Saya sudah pakai website berbayar mas, pakai domain .com, tetap sulit closing?

Cerita pengalaman saya di atas hanyalah salah satu contoh saja. Walau Anda pakai website berbayar dan domain dot com sekalipun, kalau Anda tidak mampu meyakinkan user maka closing tidak akan pernah terjadi.

Sebelum user menghubungi Anda, mereka harus lebih dulu percaya pada Anda. Caranya dengan memberikan beberapa keterangan di dalam website. Apa saja itu, simak pembahasan berikut.

Ini yang Harus Anda Lakukan

Setelah mengetahui permasalahannya yaitu tidak adanya kepercayaan dari user, maka yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kepercayaan user agar mereka tidak ragu membeli di website Anda.

berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan user :

1). Perkenalkan diri atau perusahaan Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah perkenalkan siapa diri Anda atau perkenalkan perusahaan Anda dengan membuat halaman About Us atau halaman Tentang Kami.

Disana Anda bisa informasikan selengkap-lengkapnya tentang diri Anda atau tentang perusahaan Anda, seperti :

  • Alamat offline Anda
    Alamat toko, alamat kantor atau kalau tidak ada alamat rumah saja. Sertakan Google Mapasnya agar lebih terpercaya.
  • Tim yang terlibat dalam bisnis Anda
    Cantumkan siapa saja tim yang terlibat dalam bisnis Anda, posting foto, nama dan akun sosmed masing-masing tim.
  • Nomor telepon
    Cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi, jika memungkinkan pakai nomor kantor atau rumah (bukan nomor HP)
  • Gunakan rekening usaha
    Jika memungkinkan gunakan rekening usaha untuk transaksi, jangan pakai rekening pribadi. (hanya jika memungkinkan)
  • Profil lengkap Anda
    Jika masih bisnis perorangan, sertakan profil lengkap Anda termasuk foto Anda, alamat tinggal, semua akun sosmed dan hal lainnya yang berkaitan dengan diri Anda.

2). Buat Tampilan Website yang Meyakinkan

Tampilan website Anda harus meyakinkan dan terlihat profesional, semakin bagus dan profesional tampilannya semakin memberikan rasa aman kepada user untuk transaksi di website.

Saat dulu mencari distributor baju muslim, saya pernah beranggapan kalau distributor yang mau saya kunjungi merupakan distributor besar. Dengan toko offline yang besar dan berada di pinggir jalan atau tempat strategis. Hanya karena saya melihat websitenya sangat bagus dan profesional.

Ternyata saat berkunjung kesana, distributor ini hanya menggunakan rumah kontrakan sebagai tempat offlinenya dan jauh dari kata strategis karena berada di gang sempit dan buntu (bukan tempat lalu lalang).

Tapi ordernya tetap banyak karena promosi utamanya menggunakan media online terutama SEO.

3). Bangun personal branding

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah bangun personal branding, semakin Anda dikenal orang semakin mudah Anda closing. Buktikan! 🙂

Contoh sederhananya saat dulu pertama kali saya membuka layanan jasa SEO dan Kursus SEO, saat itu website saya berada di halaman satu Google untuk ke dua kata kunci tersebut.

  • Trafficnya buanyak
  • User yang menghubungi juga banyak, tapi
  • Closingnya nihil

Padahal dulu saya memberikan harga yang super duper murah untuk dua layanan ini.

Beda dulu beda lagi dengan sekarang, saat sudah membangun personal branding terutama di SEO. Hal di atas tidak terjadi lagi, walau harga yang saya berikan sekarang, jika dibandingkan dengan saat itu jauh lebih mahal.

Untuk Kursus SEO misalnya, harga awal buka dengan sekarang itu sudah naik sekitar 5x lipat tapi tetap laris. Setiap bulan tidak pernah sepi.

Untuk Jasa SEO walau website saya sudah tidak ada di halaman satu Google untuk kata kunci tersebut tapi permintaan jasa seo setiap bulannya selalu ada. Dari segi harga sudah naik hampir 10x lipat dan tetap laris.

Ini pentingnya personal branding, tapi masalahnya tidak semua orang suka eksis. Saya sendiri sebenarnya tidak suka eksis, itu kenapa di sosmed saya jarang aktif, untuk seminar pun hampir dua tahun ini tidak pernah saya ambil. Bukan karena tidak ada tawaran tapi memang tidak senang eksis 🙂 .

Bagaimana cara meningkatkan personal branding?

Untuk membangun personal branding intinya Anda harus eksis, berikut beberapa yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding :

  • Sering Sharing
    Anda perlu melakukan sharing jangan cuma jualan, sharing bisa apa saja sesuatu yang Anda kuasai yang dirasa bermanfaat untuk orang lain.
    Saat ini channel nya sudah banyak, Anda bisa sharing di facebook, instagram, youtube, website atau blog dan yang sekarang lagi booming tiktok. Sedikit atau banyak yang melihat sharing Anda jangan dihiraukan, tetap konsisten saja.
  • Terbitkan Buku
    Untuk yang satu ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan personal branding. Hanya saja memerlukan usaha ekstra untuk bisa membuat dan menerbitkan sebuah buku.
  • Aktif di Komunitas
    Yang terakhir, aktiflah di komunitas yang sesuai dengan bidang Anda, jangan hanya menjadi peserta tapi aktif sebagai pengurus. Jika memungkinkan sesekali sharing di acara komunitas tersebut.

Masih banyak sebenarnya yang bisa dilakukan, tapi 3 ini saja saya rasa cukup. Karena bicara branding bukan kapasitas saya 🙂 .

4). Bangun Brand Bisnis

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membangun brand bisnis, jika Anda memproduksi produk sendiri Anda bisa meningkatkan brand dari produk tersebut. Tapi jika Anda menjual beberapa brand orang lain, maka Anda perlu membangun brand toko Anda seperti halnya marketplace yang membangun brand toko online mereka.

Cara membangun brand bisnis mungkin bisa Anda pelajari langsung pada pakarnya, ya 🙂 .

5). Rekrut Tim CS

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah merekrut tim CS, karena tidak semua orang pintar jualan. Seperti saya sebenarnya orang yang sangat-sangat tidak pintar jualan. Rasio closing saya kurang bagus.

Dulu di salah satu bisnis saya jasa desain interior, saat saya yang pegang sebagai CS atau marketingnya. Dari 80an lebih leads yang masuk closingnya NOL BESAR 🙂 . Padahal saya sudah melakukan beberapa hal di atas untuk meningkatkan kepercayaan customer.

Akhirnya saya putuskan untuk merekrut orang yang kompeten dibidang tersebut, seorang yang sudah memiliki pengalaman sebagai sales.

Dan terbukti, baru 2 hari bekerja orang ini sudah bisa closing dengan nilai yang cukup besar. Jadi jangan paksakan diri Anda, fokus saja pada keahlian Anda.

5 hal ini yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan user agar mereka tidak ragu untuk membeli produk Anda di website. Selain tentunya masih ada hal-hal lainnya.

Kesimpulan

Bicara tentang closing bukan hanya bicara tentang meningkatkan traffic, closing adalah bagaimana Anda mengubah traffic yang masuk menjadi transaksi penjualan.

Salah satu penyebab sulitnya closing adalah kurangnya kepercayaan user kepada Anda sebagai penjual, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba meningkatkan kepercayaan user terhadap bisnis Anda atau terhadap Anda.

Semoga artikel tentang bagaimana cara meningkatkan closing ini bermanfaat, terimakasih.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Bagaimana Cara Meningkatkan Closing, Setelah Banyak Traffic dari SEO

Sorry, comment are closed for this post.