Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » H1 Tidak Mempengaruhi Peringkat, Benarkah?

H1 Tidak Mempengaruhi Peringkat, Benarkah?

(234 Views) October 21, 2019 2:45 pm | Published by

Di awal Oktober 2019 ini dunia SEO ramai membicarakan perkataan dari John Mueller yang merupakan Senior Webmaster Analyst dari Google. Pada #AskGoogleWebmasters edisi 3 Oktober Mueller mengatakan bahwa sistem Google tidak memiliki masalah ketika membahas beberapa H1 pada sebuah halaman website.

Dengan kata lain Google ingin mengatakan bahwa struktur H1 pada sebuah halaman website tidak mempengaruhi peringkat website tersebut.

Hal ini sangat bertentangan dengan apa yang diajarkan kebanyakan pakar SEO, termasuk yang diajarkan di kursus SEO defriansyah.net. Kebanyakan pakar SEO mengatakan bahwa penempatan heading 1 sebagai judul sangat penting dari sebuah halaman website.

Mereka mengatakan hal ini sangat mempengaruhi peringkat website di halaman pencarian Google. Kebanyakan mereka termasuk saya mengajarkan bahwa website yang bagus memiliki struktur H1 pada judul halaman dan hanya boleh ada 1. Tapi, John Mueller dari Google membantah hal tersebut.

Fakta lainnya, jika kita memperhatikan theme wordpress belakangan ini. Hampir semuanya sudah membenahi struktur H1 pada judul ini. Tidak seperti beberapa tahun lalu, sulit sekali menemukan theme wordpress yang sudah mengoptimasi H1 untuk judul.

Jadi mana yang harus dipercaya?

Dari dulu sampai sekarang saya masih memegang prinsip yang sama, apapun yang dikatakan oleh pakar SEO bahkan Google sekalipun jangan langsung percaya sebelum mempraktekan dan mendapatkan hasilnya lebih dulu.

Hal ini berlaku untuk perkataan Google saat ini tentang H1, jangan dulu percaya sebelum mempraktekannya langsung dan mendapatkan hasilnya.

Optimasi yang dilakukan mas Defri masih sama?

Untuk alumni kursus SEO, optimasi yang saya lakukan masih sama, diawali dari membenahi struktur websitenya termasuk membenahi struktur heading seperti H1 ini.

Belum lama ini pun hanya dengan membenahi struktur headingnya, salah satu website klien yang kami kelola peringkatnya naik drastis. Lihat gambar di bawah ini :

H1-Tidak-Mempengaruhi-Peringkat
Sebelum struktur H1 diperbaiki
H1-Tidak-Penting
Setelah struktur H1 diperbaiki

Mohon maaf kata kuncinya ditutup, terkait privasi dari klien. Tapi setidaknya masih bisa kita ambil pelajaran dari 2 gambar di atas.

Perhatikan gambar pertama. Pada Keyword baris ke 2 bisa dilihat, sebelum struktur h1nya diperbaiki, website ini sama sekali tidak masuk dalam 100 besar Google.

Di gambar ke dua, setelah diperbaiki struktur H1nya. Website berhasil masuk ke halaman satu Google atau tepatnya di peringkat 7.

Untuk kata kunci lainnya bisa dilihat sendiri, hampir semua kata kunci mengalami kenaikan peringkat setelah struktur H1 nya diperbaiki.

Jadi rasanya agak meragukan, jika H1 ini tidak mempengaruhi peringkat sama sekali, karena fakta yang kami dapatkan di lapangan seperti gambar di atas.

NB : Jangan mudah percaya dengan apa yang dikatakan artikel ini seblum praktek langsung 🙂

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: H1 Tidak Mempengaruhi Peringkat, Benarkah?

Sorry, comment are closed for this post.