Menu Click to open Menus
Home » Bisnis » Jualan apa yang Mudah dan Menguntungkan?

Jualan apa yang Mudah dan Menguntungkan?

(553 Views) October 24, 2019 10:52 am | Published by
Jualan-apa-yang-mudah-dan-menguntungkan

Pagi ini iseng lihat-lihat pesan masuk di facebook messenger, ternyata banyak permintaan pesan yang masuk, salah satu pertanyaannya seperti yang saya tuliskan di judul kali ini:

Jualan apa ya Pak yang mudah tapi menguntungkan? Minta sarannya. Pak

Ada yang punya jawaban terbaik untuk pertanyaan di atas? kalau ada komen di bawah tulisan ini, ya! InsyaAllah kolom komentar ditulisan ini saya buka biar bisa sama-sama belajar, siapa tau ada saran yang lebih baik.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis sukses karena merupakan ujung tombak dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kemampuan pebisnis tersebut dalam menjual produknya.

Produksi sebanyak apapun, stok sebanyak apapun menjadi sia-sia kalau Anda tidak bisa menjualnya. Yang terjadi barang menumpuk, cash habis, bisnis tutup.

Ini banyak dialami oleh teman-teman komunitas bisnis yang curhat ke saya. Mereka memulai bisnis nya dari produksi atau stok barang sebanyak-banyaknya. Ketika barang sudah menumpuk bingung cara jualnya bagaimana.

Tidak ada yang salah memang memulai bisnis dari sisi produksi, hanya saja perlu diimbangi dengan kamampuan untuk menjual produk yang diproduksi tersebut. Kalau tidak ada kemampuan penjualan, yang terjadi ya seperti yang saya katakan di atas, bisnis tutup.

Ini juga berlaku sebaliknya, kemampuan menjual barang yang bagus menjadi sia-sia jika stok produknya terbatas, produksinya terbatas. Yang terjadi permintaan banyak, stok kosong. Ini juga bisa menyebabkan bangkrutnya sebuah bisnis.

Kok bisa?

Tentu saja bisa, ketika permintaan di pasar terkait produk Anda sudah sangat banyak dan Anda tidak mampu memenuhi pasokannya, menimbulkan celah yang sangat besar untuk pesaing masuk, apalagi jika pesaing yang masuk memiliki modal yang kuat. Habislah…

Pelanggan Anda tidak mau menunggu terlalu lama untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan, ketika stok Anda kosong mereka mencari alternatif merek lain yang sejenis. Apa lagi ketika mereka coba produk pesaing dan ternyata produk pesaing tadi kualitasnya lebih oke, sangat besar kemungkinan mereka berpaling selamanya.

Lalu harus bagaimana?

Perlu adanya keseimbangan antara kemampuan penjualan dan produksi, jika kelebihan Anda pada produksi fokus saja disana, untuk penjulan Anda bisa mencari partner yang memang ahli di bidang tersebut,

Sebaliknya jika kelebihan Anda di bidang penjualan, maka fokuslah disana jangan memaksakan diri terjun ke produksi. Cari saja partner yang ahli di bidang produksi. Tugas Anda hanya mencari market sebanyak-banyaknya untuk produk tersebut.

Seperti yang saya alami beberapa tahun terakhir, mencoba terjun langsung ke produksi. Hasilnya, bisnis berantakan. Permintaan banyak, produksinya tidak siap bahkan kualitas produksinya di bawah rata-rata. Komplen disana sini 🙁 .

Solusinya bagaimana?

Solusinya seperti yang sudah saya tuliskan di atas, cari partner yang ahli di bidang produksi. Jika memiliki modal lebih, Anda bisa juga merekrut karyawan yang ahli untuk menangani produksi Anda.

Bisnis bukan sekedar jualan tapi perlu diingat penjualan merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis.

Lain kali kita bahas lebih jauh tentang solusi yang saya lakukan untuk keluar dari permasalahan bisnis yang berantakan. Pada tulisan kali ini saya coba menjawab pertanyaan di judul.

Jualan apa yang mudah dan mengeuntungkan?

Saya memberikan jawaban sebagai berikut :

Jualan yang mudah dan menguntungkan yaitu jualan air putih saat orang-orang sedang kehausan atau jualan makanan saat orang-orang sedang kelaparan. Mudah dan menguntungkan.

Jangan ditelan mentah-mentah jawaban di atas, tapi perlu dicerna dengan baik. Ada maksud yang tersirat dari jawaban saya di atas.

Apa maksudnya?

Maksudnya yaitu jualah sesuatu yang sedang dicari atau dibutuhkan orang banyak.

Jawaban saya : jualan air putih pada saat orang-orang kehausan, saat orang haus yang mereka butuhkan adalah minum. Maka ketika Anda jualan air putih diantara orang-orang yang haus tentu LARIS.

Kemudian : Jualan makanan saat orang-orang sedang lapar. Ini hampir sama, saat orang-orang lapar yang mereka butuhkan adalah makan. Maka ketika Anda jualan makanan ditengah orang-orang yang lapar akan LARIS.

Cari tau apa yang sedang dibutuhkan orang-orang saat ini, bisa orang-orang disekitar Anda atau bisa mencari tau kebutuhan orang-orang di Indonesia.

Untuk mencari tau hal ini, saya biasanya menggunakan tools Google yaitu Google Keyword Planner, mencari tau produk apa yang paling banyak dicari user di halaman pencarian Google.

Setelah mendapatkan produknya, langkah selanjutnya adalah membuat website dan mengoptimasi website tersebut hingga menempati halaman satu Google untuk kata-kata terkait produk tersebut.

Cara ini bisa diikuti jika Anda menguasai teknik menempatkan website di halaman satu Google (teknik SEO) atau bisa juga dengan beriklan di Google (Google Ads).

Kalau tidak bisa gimana mas?

Belajarlah, hanya itu kuncinya

Mungkin Anda memiliki jawaban yang lebih baik, tulis di kolom komentar ya!

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Tags:
Categorised in: ,

5 Comments for Jualan apa yang Mudah dan Menguntungkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *