Menu Click to open Menus
Home » Update Algoritma » Update Algoritma Google Januari 2020

Update Algoritma Google Januari 2020

(205 Views) January 17, 2020 4:06 pm | Published by
Update Algoritma Google Januari 2020

13 Januari 2020, Google mengumumkan peluncuran update algoritma pertama di tahun ini melalui twitter. Update yang kabarnya cukup besar dan sangat berpengaruh pada penurunan dan kenaikan traffic.

Info lainnya menyebutkan update ini akan mempengaruhi semua hasil pencarian di seluruh dunia. Di Indonesia efeknya mungkin baru terasa pada beberapa minggu ke depan.

Kemana arah perubahan kali ini?

Belum jelas kemana arah perubahannya, kami masih mengumpulkan data dan melihat dampak yang akan ditimbulkan dari update kali ini. Kami harapkan beberapa minggu ke depan sudah bisa memberikan informasi lebih jelas lagi.

Jika melihat arah perubahan Google dari waktu ke waktu, terutama update algoritma sepanjang tahun 2019 intisarinya tetap sama Google menginginkan konten berkualitas yang memberikan informasi paling update.

Sepanjang 2019 upaya perbaikan yang kami lakukan dan paling efektif adalah dengan terus memberikan informasi bermanfaat dan termutakhir. Baik dengan cara menulis dan memposting ulang konten dengan kata kunci yang mengalami penurunan, maupun dengan cara mengedit dan memposting kembali konten lama yang terkena dampak Update Google.

Update Algoritma Google 2020

Gambar di atas merupakan grafik traffic salah satu website kami, pada bulan November terjadi penurunan yang sangat drastis, penurunan traffic lebih dari 50%.

Dengan metode perbaikan yang kami lakukan di Bulan Januari ini trafficnya sudah kembali naik bahkan melebihi traffic awal November sebelum terkena dampak algoritma baru.

Apa yang kami lakukan?

Tidak banyak yang kami lakukan pada website ini selain memberikan penyegaran kepada konten-konten lama yang peringkatnya mengalami penurunan.

Kami juga memberikan konten-konten baru yang masih berkaitan dengan kata kunci yang mengalami penurunan, hasilnya bisa dilihat pada diagram di atas.

Berikut beberapa rangkuman perbaikan yang kami lakukan

1). Lengkapi informasi di dalam konten

Hal pertama yang kami lakukan adalah melengkapi informasi di dalam konten atau menambah tulisan di dalam konten.

Hal ini kami lakukan mengikuti pedoman dari Google, salah satu poin dari pedoman tersebut mengatakan Google lebih menyukai konten bermanfaat yang menyampaikan infomasi secara lengkap.

Sehingga user yang mencari informasi tersebut di halaman pencarian Google mendapatkan informasi secara tuntas di website tanpa membuka lagi website lainnya.

2). Memperbaharui informasi di dalam konten dengan informasi yang lebih update

Hal ke dua yang kami lakukan adalah memperbaharui informasi di dalam website, menggantinya dengan informasi baru yang lebih update.

Maksudnya begini :

Misal di dalam konten Anda menuliskan tentang “Daftar Film Indonesia Terlaris”, konten ini ditulis sekitar tahun 2018, nah kemungkinan besar pada tahun 2019 atau tahun 2020 tulisan di dalam konten ini sudah basi.

Karena tentu saja daftarnya akan berbeda jauh dengan adanya penambahan-penambahan film di tahun 2019 dan 2020. Untuk itu Anda perlu memperbaharui daftarnya.

Contoh lainnya

Misal di tahun 2017 kami menuliskan konten “Panduan SEO Lengkap”, tentu panduan SEO ini tidak berlaku lagi di tahun 2020. Untuk itu kami perlu mengeditnya kembali menuliskan panduan terbaru sesuai update algoritma Google terbaru.

3). Memposting kembali hal-hal terkait dengan kata kunci yang peringkatnya turun

Yang ketiga adalah menulis kembali hal-hal terkait dengan kata kunci yang peringkatnya turun, ini hampir sama dengan nomor 2, bedanya jika pada nomor 2 kami mengedit konten lama yang sudah terposting.

Untuk kali ini kami bukan mengeditnya tapi lebih memiilih menulis konten baru terkait kata kunci yang turun dengan informasi terbaru.

Misal pada tahun 2017 kami menuliskan konten tentang “Panduan SEO Lengkap 2017”. pada tahun ini, tahun 2020 kami menuliskan kembali konten baru tentang “Panduan SEO Lengkap 2020”. Konten lama tetap ada tidak kami hapus atau pun edit.

Kesimpulan

Algoritma Google terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun, akan sangat memusingkan jika Anda terlalu fokus pada update ini. Lebih baik fokusnya diubah, dari memikirkan perubahan algoritma ke fokus untuk membuat website yang disukai user dengan terus membuat konten yang berisi informasi bermanfaat dan menuliskannya secara lengkap.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Update Algoritma Google Januari 2020

Sorry, comment are closed for this post.