Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Maksimal Berapa Plugin yang Terpasang di Web? | Belajar SEO

Maksimal Berapa Plugin yang Terpasang di Web? | Belajar SEO

(176 Views) April 30, 2020 9:26 am | Published by
Maksimal Berapa Plugin yang terpasang di web

Q & A ke 12, pertanyaan terpilih dari Grup Belajar SEO 2020 kali ini tentang berapa banyak maksimal plugin di website, dan plugin apa saja yang dibutuhkan untuk optimasi SEO.

Join grup belajar SEO 2020 disini –> Grup WA
GRATIS

Pertanyaan

“Maksimal berapa plugin yang terpasang di wordpress? Saya 20 plugin, masih aman kah?”

Satu pertanyaan lainnya yang masih berkaitan :

“Plugin apa saja yang dapat membantu optimasi SEO website?”

Pada tulisan ini saya akan coba menjawab lagi-lagi berdasarkan pengalaman, tentang amannya berapa plugin yang digunakan, apa pengaruhnya jika terlalu banyak dan plugin apa saja yang digunakan untuk membantu optimasi SEO.

Jawaban

Pertama, kita akan bahas apa pengaruh buruknya pada website dan optimasi website jika terlalu banyak menggunakan plugin, setelahnya baru kita bahas berapa maksimum plugin yang boleh digunakan dan terakhir tentang plugin apa saja yang bisa membantu optimasi website.

1. Pengaruh negatif jika terlalu banyak menggunakan plugin

Yang umum terjadi pada website ketika Anda terlalu banyak menggunakan plugin adalah website menjadi berat dan menjadi lambat saat diakses.

Apakah ini mempengaruhi SEO?

Tentu saja ini mempengaruhi SEO website tersebut, ini berkaitan erat pada user experience atau pengalaman pengguna.

Karakter user saat ini, baik user Indonesia maupun dunia adalah mengutamakan kecepatan. Ketika mereka mencari sesuatu di internet mereka mau dengan segera mendapatkan informasi tersebut.

Lambatnya akses sebuah website akan mengganggu mereka, akibatnya besar kemungkinan user akan close website tersebut dan membuka website lain yang kecepatan aksesnya jauh lebih cepat.

Jika hal ini sering terjadi maka akan mengakibatkan user experience website Anda buruk dimata Google, hal ini akan menyebabkan website sulit bertahan di halaman satu mesin pencari Google.

Bahkan saat ini pada laporan Google Search Console sudah ada menu khusus yang hanya melaporkan masalah kecepatan akses ini. Contoh laporannya seperti di bawah ini :

Laporan kecepatan akses website di GSC

Laporan terdiri dari 2 bagan, 1 untuk laporan kecepatan akses di mobile, 1 lagi untuk laporan kecepatan akses di dekstop. Keduanya harus baik.

Dari gambar terlihat Google memberikan nilai moderate atau sedang pada website di atas, artinya masih perlu dioptimasi lagi agar mendapatkan penilaian Fast atau cepat.

Ini membuktikan bahwa kecepatan akses saat ini menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan peringkat website di halaman mesin pencarian Google.

2. Berapa Batas Maksimal Plugin yang Digunakan

Tidak ada batasan pasti berapa batas maksimal plugin yang digunakan, tolak ukurnya kembali kepada pengaruh negatif yang ditimbulkan dari penginstalan plugin-plugin tersebut.

Jika dirasakan website mulai melambat, tandanya Anda perlu mengurangi plugin yang digunakan, tapi kalau kecepatan akses website masih baik, tidak masalah berapapun plugin yang digunakan.

Kadang untuk urusan plugin ini memang agak memusingkan, disatu sisi Anda butuh fitur-fitur yang terdapat pada semua plugin yang diinstal, disisi lain plugin-plugin tadi mengakibatkan akses website menjadi lambat. Bagaimana solusinya?

Solusinya hanya 1, gunakanlah skala prioritas. Coba Anda list fitur-fitur dari yang paling Anda butuhkan sampai ke fitur yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dari sini Anda bisa mulai melakukan eliminasi plugin dengan fitur yang tidak terlalu penting. Dan menyisakan plugin dengan fitur yang penting saja di dalam website.

3. Plugin untuk SEO

Plugin apa saja yang penting untuk membantu optimasi SEO pada website Anda, berikut daftarnya :

  • Yoast SEO
    Plugin ini yang menurut saya wajib ada untuk kepentingan SEO website Anda, karena terdapat banyak fitur yang dibutuhkan untuk optimasi.
    Pilihan lainnya Anda bisa menggunakan All in One SEO.
  • WP Copy Protect
    Plugin ini berguna agar konten di website Anda tidak mudah di copy paste oleh orang lain.
  • Plugin Cache
    Banyak plugin cache yang bisa Anda pilih, disini saya tidak merekomendasikan plugin manapun silahkan dicari yang paling sesuai.
    Intinya plugin ini berguna untuk menambah kecepatan akses website Anda.

Biasanya saya mewajibkan 3 plugin ini pada tim saat mengoptimasi sebuah website. Jika harus menggunakan skala prioritas maka yang terpenting adalah plugin yoast SEO.

Kesimpulan

Tidak ada batasan pasti berapa maksimal plugin yang terinstal di website untuk SEO yang lebih baik, namun Anda bisa menjadikan dampak negatif yang terjadi pada website sebagai acuannya.

Jika website menjadi lambat maka Anda perlu mengurangi penggunaan plugin, namun dengan lebih dulu melakukan pengecekan penyebab lambatnya website.

Salah satu plugin yang paling saya rekomendasikan untuk optimasi SEO adalah Yoast SEO. Plugin ini juga yang menemani perjalanan saya beberapa tahun terakhir.

Baca Artikel Tanya Jawab SEO lainnya
Klik Disini >> Q & A

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: Maksimal Berapa Plugin yang Terpasang di Web? | Belajar SEO

Sorry, comment are closed for this post.