Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » SEO 2020 – Seberapa Penting Reputasi Website?

SEO 2020 – Seberapa Penting Reputasi Website?

(65 Views) January 15, 2020 6:05 am | Published by
SEO 2020

Di tahun 2020 optimasi mesin pencari menjadi sangat kompleks, selain mengoptimasi SEO On Page dan SEO Off Page, SEO 2020 juga menuntut Anda untuk mengoptimasi atau meningkatkan reputasi website.

Website yang memiliki reputasi baik berpeluang besar eksis di halaman satu pencarian Google, sebaliknya website dengan reputasi buruk terdampar di dasar halaman pencarian Google.

Jadi, selain fokus pada :

  • Meningkatkan kecepatan situs
  • Memudahkan navigasi dalam website
  • Optimasi Struktur Website
  • Optimasi Title
  • Optimasi Meta Title
  • Optimasi Meta Description
  • Optimasi URL
  • Optimasi Konten
  • Backlink
  • Dan optimasi lainnya untuk On Page

Anda juga perlu membangun reputasi website.

Alasan kenapa membangun reputasi website sangat penting untuk SEO saat ini adalah :

1). Trik sederhana untuk memanipulasi Google sudah tidak berfungsi

Trik yang dulu bekerja sangat baik untuk memanipulasi peringkat sebuah website di halaman satu pencarian Google saat ini banyak yang sudah tidak efektif.

Kami pernah melakukan uji coba, mengoptimasi 3-5 website dengan menargetkan kata kunci yang sama dan menggunakan teknik SEO yang sama persis. Namun hasilnya berbeda sangat jauh.

Salah satu website yang memiliki reputasi baik berhasil langsung menempati halaman satu Google untuk kata kunci yang ditargetkan sedangkan website lainnya yang memiliki reputasi kurang baik tidak tampil di halaman satu Google.

Peringkatnya variatif, ada yang menempati halaman 3, halaman 5, ada pula yang tidak berhasil menempati 100 besar Google.

Uji coba ini menjadi bukti bahwa optimasi yang biasa dilakukan saja tidak cukup mendongkrak peringkat website. Diperlukan juga elemen reputasi website yang baik untuk membuat peringkatnya naik

2). Halaman google didominasi oleh website terkenal

Faktanya saat ini halaman satu Google di kuasai oleh website terkenal yang mempunyai reputasi baik di bidangnya. Seperti tema kesehatan yang saat ini dikuasi oleh alodokter dan hellosehat. Hampir di semua kata kunci yang berhubungan dengan kesehatan kedua website ini yang tampil.

Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa halaman satu Google dikuasai oleh marketplace, bukan karena adanya kecurangan tapi marketplace memiliki reputasi yang lebih baik dari website lainnya.

Dan faktanya tidak semua marketplace memiliki reputasi baik, dari sekian banyak marketplace hanya ada beberapa nama yang menguasai halaman satu Google.

Website spamming sulit mendapat tempat

Beberapa tahun lalu kami sering mendapati website – website spamming, yang biasanya berisi artikel untuk backlink dengan tulisan yang terkadang sangat buruk untuk dibaca user masuk halaman satu Google.

Saat ini website seperti ini sudah hampir musnah dari halaman satu Google, hampir ya bukan sama sekali tidak ada tapi jumlahnya sudah sangat berkurang jauh.

Untuk itu Anda perlu membangun reputasi website, agar website Anda tidak disamakan dengan website spamming dan disetarakan dengan website terkenal yang memiliki reputasi baik.

Pertanyaannya bagaimana cara membangun reputasi website?

Berikut cara membangun reputasi website

1). Utamakan membuat website untuk user

Fokuslah membuat website untuk user bukan untuk mesin pencari, baik dari segi tampilan website maupun dari segi konten di dalam website.

Saat menulis, fokus menulis untuk user jangan hanya mengutamakan optimasi untuk mesin pencari yang membuat tulisan tidak nyaman dibaca. Seperti menuliskan kata kunci berulang-ulang, ini akan mengakibatkan user tidak nyaman dalam membaca tulisan Anda.

Saat mengoptimasi kecepatan website misalnya, jangan hanya fokus di mesin pencari, hanya fokus meningkatkan kecepatan aksesnya saja tanpa memperdulikan tampilan website setelah optimasi kecepatan dilakukan.

Maksudnya seperti apa?

Begini, terkadang hal yang membuat website menjadi lambat adalah gambar yang terlalu besar. Akhirnya Anda mengoptimasi kecepatan dengan memperkecil ukuran gambar tanpa mempedulikan dari sisi keindahan gambar tersebut. Setelah diperkecil gambarnya jadi tidak pas atau jadi pecah.

Ini juga tidak boleh dilakukan.

2). Tunjukan siapa orang dibalik website

Anda perlu menunjukan siapa orang di balik website, Google mengharapkan orang yang berada di balik website merupakan orang yang ahli di bidangnya. Misal tadi kita sempat membahas website kesehatan, Google menginginkan website kesehatan dikelola oleh orang-orang ahli di kesehatan seperti dokter, perawat atau ahli kesehatan lainnya.

Dengan memperkenalkan siapa orang dibalik website tersebut, reputasi website Anda akan naik, baik di mata Google maupun user. Apa yang tertulis di dalam website Anda lebih dapat dipercaya dari website lainnya karena benar-benar dikelola oleh orang yang ahli di bidangnya.

Bagaimana jika pengelola website bukan orang ahli?

Untuk saat ini sangat sulit, karena Google lebih mengutamakan website yang dikelola oleh orang ahli di bidangnya yang berhak mendapatkan reputasi lebih baik dan berhak mendapatkan peringkat yang lebih baik.

3). Dapatkan rekomendasi dari website dengan reputasi baik di bidangnya

Semakin banyak website Anda mendapatkan rekomendasi dari website dengan reputasi baik, maka akan semakin baik reputasi website Anda di mata Google. Upayakan website tersebut memiliki tema pembahasan yang sama dengan pembahasan di website Anda.

Maksudnya bagaimana?

Di dunia SEO ini lebih dikenal dengan sebutan backlink, pada SEO 2020 bicara backlink bukan hanya dari segi kuantitas, tapi lebih ke kualitas dari backlink tersebut. Sedikit tapi berkualitas jauh lebih baik dari pada banyak tapi tidak berkualitas.

Kalau banyak dan berkualitas bagaimana? Tentu ini jauh lebih baik lagi 🙂

Backlink berkualitas adalah backlink yang didapatkan dari website dengan reputasi baik dan memiliki pembahasan atau tema yang sama dengan website Anda.

Jika berhasil mendapatkan backlink dari website seperti ini, peringkat website Anda akan naik secara signifikan.

Kesimpulan

SEO 2020 tidak hanya berbicara pada manipulasi mesin pencari, namun juga berbicara tentang reputasi website dimana reputasi tersebut didapatkan dari user experience, optimasi E-A-T, dan dari rekomendasi website lain dengan reputasi baik yang setema.

Semakin baik reputasi sebuah website semakin mudah website tersebut masuk halaman satu Google, tapi jangan lupakan penilaian Google untuk reputasi ini berbasis tema pembahasan website.

Misal website ini reputasinya dianggap bagus untuk tema Kursus SEO, kata kunci apapun terkait kursus seo mudah masuk halaman satu Google tapi tidak berlaku untuk tema lainnya.

Semoga artikel SEO 2020 tentang Seberapa Penting Reputasi Website ini bermanfaat.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: SEO 2020 – Seberapa Penting Reputasi Website?

Sorry, comment are closed for this post.