Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Teknik SEO 2020 – Jangan Lupakan BERT

Teknik SEO 2020 – Jangan Lupakan BERT

(66 Views) January 9, 2020 7:04 am | Published by
Teknik SEO 2020

Perubahan besar di tahun lalu membuat praktisi SEO mau tidak mau mempelajari kembali teknik SEO yang paling efektif untuk digunakan di tahun 2020 ini.

Selain E-A-T salah satu update algoritma Google yang paling besar di tahun 2019 adalah algoritma BERT. Kedua update ini tidak boleh dilewatkan saat Anda mempromosikan website dengan teknik SEO.

E-A-T saja sudah banyak memakan korban di halaman pencarian Google, terutama untuk website-website kesehatan. Dari survey yang kami lakukan pasca update algoritma EAT, praktisi dan pakar SEO lebih memilih menghindari optimasi website klien dengan niche kesehatan.

Belum lagi ditambah dengan algoritma BERT, yang membuat optimasi SEO di tahun ini lebih menantang untuk dilakukan. Perubahan strategi dan perubahan teknik SEO 2020 menjadi satu keharusan untuk sukses mengoptimasi website di tahun ini.

Apa itu BERT dan apa pengaruhnya pada teknik SEO 2020?

BERT singkatan dari Bidirectional Encoder Representations from Transformers. Algoritma ini dapat membantu Google memahami maksud dan tujuan dari sebuah pencarian, sehingga menampilkan hasil yang lebih relevan.

Seperti yang sudah saya paparkan pada tulisan sebelumnya yang berjudul “5 Update Besar Algoritma Google Sepanjang 2019“, BERT lebih berpengaruh pada kata kunci panjang atau long tail keyword.

Contoh Algoritma BERT, misal user mengetikan kata “nine to five” kemudian “a quarter to five” terdapat kata “to” yang memiliki arti berbeda. “Nine to five” artinya jam 9 sampai jam 5, sedangkan “a quarter to five” berarti jam 5 kurang 15 menit.

User mungkin sangat mudah dalam memahami maksud dari ke dua kata tersebut, tapi bagi algoritma Google itu sangat sulit. Dengan BERT kini Google bisa memahami maksud dan perbedaan dari ke dua kata tersebut.

Bagaimana BERT Bekerja?

BERT memahami konteks kata berdasarkan kata-kata yang ada disekitarnya, BERT bekerja bukan hanya pada kata yang dituliskan tapi juga mampu memahami maksud dari kata tersebut.

Dengan BERT terjadi pergeseran mesin pencari, dari kata kunci ke tujuan.

Mesin pencari saat ini bukan hanya menampilkan hasil berdasarkan kata yang dituliskan user di mesin pencari tapi lebih ke pemahaman maksud dan tujuan dari kata yang dituliskan user di mesin pencari. Sehingga hasil yang ditampilkan lebih sesuai dengan keinginan user.

Jadi mulai sekarang, fokuslah pada tujuan user dalam melakukan pencarian jangan hanya fokus pada kata kunci yang ditargetkan.

Mungkin, karena ini teknik SEO di tahun 2020 akan jauh mengalami perubahan. Terutama pada teknik SEO tahun tahun sebelum BERT diluncurkan tentang pengulangan penulisan kata kunci.

Pada teknik lawas praktisi dan pakar seo menyarankan untuk menuliskan kata kunci secara berulang di tempat-tempat tertentu. Pada era BERT kemungkinan besar teknik SEO seperti ini tidak lagi diperlukan.

Karena seperti yang Google katakan, BERT mampu memahami maksud dan tujuan dari sebuah tulisan.

Apa yang harus dilakukan?

Lagi-lagi Google mengatakan tidak ada yang perlu dilakukan, fokuslah pada user jangan fokus pada algoritma.

Jika hanya fokus pada algoritma, ini akan membuat kita sulit karena Google terus melakukan perubahan pada algoritma mereka. Maka fokuslah menulis untuk user, fokus memberikan tulisan informatif secara lengkap.

Saya masih belum mengetahui apakah BERT sudah mempengaruhi pencarian dalam bahasa Indonesia, karena saya belum menemukan riset yang dapat dipercaya tentang ini.

Riset yang banyak saya temui yaitu BERT mempengaruhi 10% pencarian dalam bahasa Inggris.

Tapi setidaknya setelah mengetahui hal ini kita perlu bersiap-siap. Dengan demikian ketika BERT mulai mempengaruhi pencarian dalam bahasa Indonesia, website kita sudah siap dan akan mendapatkan keuntungan dari itu.

Kesimpulan

  • Teknik SEO 2020 mungkin akan mengalami perubahan besar dari tahun tahun sebelumnya, karena adanya update algoritma EAT dan BERT.
  • Cobalah fokus membuat tulisan untuk manusia, bukan hanya fokus pada mesin pencari.
  • Mencoba menulis untuk mesin pencari dengan menuliskan kata kunci berulang-ulang mungkin tidak akan lagi berguna di era BERT.
  • Dengan adanya BERT terjadi pergeseran mesin pencari dari kata kunci ke tujuan. Algoritma Google tidak hanya mencocokan kata yang diketikkan user di mesin pencari dengan tulisan di halaman website tapi lebih mencari tulisan yang paling sesuai dengan tujuan user mengetikan kata tersebut.
  • Baca juga tulisan sebelumnya tengang EAT dengan judul Belajar SEO – Fokus Pada EAT.

Belajar SEO sesuai dengan perkembangan algoritma Google 2020, dibimbing langsung selama 2 bulan, mau?

KLIK >> defriansyah.net/kursus-seo/

Atau hub WA 0817-9888-234

Terbatas


Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags:
Categorised in: ,

Comment Closed: Teknik SEO 2020 – Jangan Lupakan BERT

Sorry, comment are closed for this post.