Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » SEO itu Gak Seribet yang Kamu Pikirkan

SEO itu Gak Seribet yang Kamu Pikirkan

(159 Views) February 27, 2020 5:58 am | Published by
SEO itu gak seribet yang kamu pikirkan

Jika kamu mengganggap SEO itu sulit, SEO itu ribet, SEO itu rumit, SEO itu membingungkan, bikin pusing kepala. Kamu harus baca tulisan ini sampai habis, karena ternyata SEO gak seperti itu. SEO Is Simple.

Pertama kali mempelajari SEO saya juga sama beranggapan SEO itu sulit, ribet dan membingungkan. Tapi semakin dalam mempelajarinya dan semakin sering melakukan uji coba teknik ternyata semua itu tidak benar.

Yang membuat SEO itu terlihat sulit, terlihat rumit dan bikin pusing kepala karena kebanyakan tutorial diluar sana menuliskan demikian.

Contohnya seperti teknik di bawah ini

Link Pyramid

Link Pyramid

Bicara backlink serumit ini, sampai ada 3 tier dengan menggunakan berbagai jenis website berbeda. Yang kalau dipelajari bikin pusing kepala.

Saya tidak bilang teknik ini salah, tidak sama sekali. Karena dengan mempraktekannya website yang saya uji tetap masuk halaman satu Google. Hanya saja kalau ada yang lebih simple kenapa harus serumit ini.

Analisa web pesaing

Atau bicara tentang analisa web pesaing. Analisa on pagenya, analisa backlinknya, analisa authoritynya yang membutuhkan tools dengan biaya cukup mahal.

Sekali lagi saya tidak bilang ini salah, tapi kalau ada yang lebih simple kenapa harus pakai yang rumit?

Mungkin saya salah satu orang yang terlalu percaya diri, saya percaya dengan teknik yang saya kembangkan dari hasil uji coba bertahun-tahun sehingga saya jarang sekali melakukan analisa web pesaing apalagi sampai menganalisa backlink mereka.

Kadang ketika kita dapat data backlinknya pun percuma, belum tentu kita bisa ikut tanam backlink disana karena biasanya mereka menggunakan PBN sendiri yang loginnya tentu hanya mereka yang bisa.

Masih banyak kerumitan teknik SEO diluar sana yang ternyata tidak harus kita lakukan untuk bisa tembus halaman satu Google.

Tools dengan harga puluhan juta

Saya punya kenalan salah satu praktisi SEO, beliau ini lebih mendalami teknik SEO menggunakan tools berbayar dengan harga yang cukup mahal.
Kalau tidak salah dalam sebulan menghabiskan 30jutaan untuk membayar tools tersebut.

Tools yang digunakan berbagai macam, diantaranya :

  • Tools riset keyword
  • Tools analisa web pesaing
  • Tools backlink
  • Tools spin konten
  • Dll

Sekali lagi saya bilang saya tidak menyalahkan ini, karena dengan ini beliau bisa membawa website-website yang dikelolanya naik ke halaman satu Google.

Hanya saja, kalau tanpa tools ini pun kita bisa membawa website masuk ke halaman satu Google, kenapa harus menggunakan ini semua, yang harganya cukup mahal.

Kalau saya mengeluarkan uang sebesar itu, lebih baik untuk iklan, hasilnya langsung bisa dirasakan. Kalau SEO main yang gratis gratis saja kecuali untuk biaya pembuatan website karena website menjadi asset kita nantinya.

Cerita Alumni

Saya punya alumni kursus SEO, ibu-ibu gaptek, saat baru belajar sama sekali buta tentang website apalagi SEO. Awalnya si ibu ini pesimis bisa atau tidak mengikuti pelatihan ini. Tapi saya sampaikan asalkan ibu mau mengerjakan semua tugas yang saya berikan InsyaAllah website ibu bisa masuk halaman satu Google dengan kata kunci yang ditargetkan.

Saat proses belajar berlangsung beliau benar-benar serius, banyak bertanya dan langsung praktek semua materi yang diberikan.

Hasilnya, materi belum selesai website ibu ini sudah masuk halaman satu Google dengan berbagai keyword yang ditargetkannya. Catat materinya belum selesai, sudah bisa membawa websitenya ke halaman satu Google.

Kenapa ibu ini bisa berhasil? karena SEO itu simple, yang membuat ribet dan pusing kepala hanyalah teknik yang bertebaran diluar sana.

Jadi sebenarnya apa saja yang perlu dipelajari?

Setidaknya ada 3 teknik dasar yang harus Anda pelajari ketika Anda ingin memperdalam teknik SEO. Apa saja itu?

1). Teknik riset keyword

Hal pertama yang harus Anda kuasai benar-benar adalah riset keyword teknik memilih keyword yang sesuai dengan produk atau bisnis Anda. Karena ini intinya SEO.

Kenapa saya sebut riset keyword sebagai intinya SEO?

Karena ketika Anda salah dalam memilih keyword untuk ditargetkan, maka pengerjaan SEO yang Anda kerjakan menjadi sia-sia. Berikut ini 2 kesalahan yang paling sering terjadi.

  • 1. Memilih keyword yang tidak ada pencariannya

Memilih keyword yang tidak ada pencariannya salah satu kesalahan fatal dari SEO. Walau website Anda berhasil menempati urutan satu sekalipun tidak akan ada efeknya sama sekali.

Jangankan dapat order dari sana traffic ke website saja tidak ada dari keyword tersebut.

Dan kesalahan ini paling sering saya temukan pada SEO pemula.

Mas website saya sudah berada di halaman satu Google bahkan peringkat 1 tapi ko tidak ada order ya

setelah dicek ternyata keywordnya 0 pencarian per bulan.

Artinya hanya orang tersebut yang mengetikan keyword tadi di Google.

Contoh keyword yang salah :

Nama produk + brand Anda (belum terkenal)

Misal produk saya Baju Muslim dengan brand baru yaitu Defri. Kemudian saya targetkan keyword “Baju Muslim Defri” keyword seperti ini dikerjakan sambil tiduran juga langsung masuk halaman satu Google.

Tapi pertanyaannya siapa yang mengetikan keyword ini di Google selain saya, keluarga saya dan tim saya?

Tidak akan ada, kecuali brandnya sudah terkenal.

Ini hanya satu contoh dari banyak kasus tentang menargetkan keyword tanpa pencarian.

  • 2. Memilih keyword yang terlalu Umum

Ini juga salah satu kesalahan fatal yang dilakukan, memilih keyword terlalu umum. Misal saja saya memasarkan program kursus SEO. Kemudian saya menargetkan keyword “SEO”.

Keyword ini terlalu umum, karena ketika orang mengetikan kata SEO mereka belum tentu mencari kursus atau program pelatihan SEO.

Selain itu keyword seperti ini biasanya persaingannya jauh lebih tinggi dibanding keyword yang lebih spesifik.

Contoh lainnya misal produknya baju muslim untuk wanita kemudian Anda menargetkan keyword “baju muslim” ini juga terlalu umum karena belum tentu orang yang mengetikan kata “baju muslim” di Google mau membeli baju muslim, bisa saja mereka hanya mau lihat lihat.

Lalu apa keyword yang cocok untuk produk baju muslim

Misal keywordnya ” jual baju muslim” karena ketika user mengetikan kata tersebut di Google. User tersebut bukan mencari baju muslim tapi mencari penjual baju muslim, kalau sudah mencari penjual otomatis mereka mau beli bukan cuma lihat lihat model.

2). Teknik Membuat Website SEO Friendly

Hal kedua yang juga harus Anda kuasai adalah teknik membuat website SEO, tidak perlu bisa 100% minimal Anda paham website SEO Friendly itu seperti apa. Jadi ketika Anda menggunakan jasa sekalipun Anda bisa mengarahkan jasa tadi untuk membuat website seo friendly.

Tunggu, jangan dulu membayangkan membuat website itu ribet ya, jangan membayangkan Anda harus mengerti coding atau bahasa pemrograman. Tidak, tidak sama sekali. Anda tidak harus paham itu semua.

Karena ada satu platform website yaitu wordpress yang memudahkan Anda untuk membuat website seperti apapun yang Anda inginkan.

Dengan platform wordpress Anda tidak perlu bisa coding, tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, hanya tinggal instal-instal dan aktifkan. Selesai.

Masa semudah itu?

Kenyataannya memang demikian, si ibu tadi yang mengatakan gaptek pun akhirnya bisa membuat website sendiri dengan platform wordpress.

3). Teknik Menulis

Kemampuan terakhir yang harus Anda kuasai adalah menulis.

Menulis itu ribet mas

Dulu saya juga beranggapan demikian, menulis itu ribet, susah. Tapi ternyata setelah tau polanya menulis bisa jadi sangat mengasyikkan.

Dan yang perlu dipahami, ketika Anda ingin melakukan promosi secara online dengan media apapun, kemampuan menulis menjadi salah satu kunci utama keberhasilan promosi Anda.

Di online Anda tidak langsung bertemu dengan customer, sehingga Anda membutuhkan tulisan untuk mewakili diri Anda menawarkan produk yang Anda jual.

Anggap saja Anda sedang berbicara langsung dengan customer, kemudian Anda tuliskan. Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan juga Anda tuliskan disana.

Ini 3 kemampuan utama yang perlu Anda kuasai untuk menjadi SEO expert.

Backlink gimana mas?

Backlink belakangan saja, pada kenyataannya tanpa backlink pun website bisa masuk halaman satu Google asal pemilihan keywordnya tepat.

Kesimpulan

Belajar SEO tidak serumit yang Anda pikirkan, tidak serumit apa yang dipaparkan pada tulisan-tulisan yang Anda temukan di Google. Belajar SEO itu simple bahkan orang gaptek sekalipun bisa membawa websitenya ke halaman satu Google.

3 kemampuan dasar yang harus Anda kuasai yaitu Riset Keyword, Membuat website SEO Friendly dan Menulis.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: SEO itu Gak Seribet yang Kamu Pikirkan

Sorry, comment are closed for this post.