Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Slot Website di Halaman 1 Google Berkurang, Ini Faktanya!

Slot Website di Halaman 1 Google Berkurang, Ini Faktanya!

(640 Views) September 23, 2019 6:42 am | Published by

Beberapa hari terakhir kami menemukan satu fenomena menarik, perubahan yang cukup signifikan dari mesin pencari Google di halaman utama pencarian mereka.

Di beberapa kata kunci, kami menemukan halaman satu Google tidak lagi ditempati 10 website organik, tapi kurang dari 10.

Artinya jika saat ini website Anda menempati peringkat 10 Google, belum tentu website Anda tersebut menempati halaman satu pencarian. Hal ini memang belum berlaku pada semua kata kunci, karena di beberapa kata kunci lainnya halaman satu Google masih ditempati 10 website organik.

Apa penyebabnya?

Pada kata kunci yang terpengaruh, kami menemukan beberapa website yang menampilkan FAQ di halaman pencarian Google seperti berikut ini :

FAQ-di-Halaman-Pencarian-Google

Berdasarkan analisa kami, website yang menampilkan FAQ tersebut mempengaruhi jumlah website yang berada di halaman satu Google, sebagai contoh, pada kata kunci kursus seo saat tulisan ini dibuat ada 2 website yang menampilkan FAQ.

Salah satunya website kami defriansyah.net dan satu website lain yang menyebabkan slot website halaman satu Google untuk kata kunci kursus seo berkurang 2 slot. Normalnya menampilkan 10 website organik, saat tulisan ini dibuat hanya menampilkan 8 website organik.

Pada kata kunci lainnya yaitu Jasa SEO, kami juga menemukan hal yang sama. Ada 2 website yang menampilkan FAQ di halaman pencarian Google menjadikan slot halaman satu Google pada kata kunci tersebut berkurang 2, sehingga hanya menampilkan 8 website organik.

Kabar baiknya

Kabar baiknya, belum semua website menampilkan FAQ di halaman pencarian Google sehingga halaman satu Google untuk kata kunci lainnya masih normal menampilkan 10 website organik.

Hal ini mungkin dikarenakan belum banyak yang tau bagaimana cara menampilkan FAQ di halaman pencarian Google atau mungkin sebagian menganggap bahwa menampilkan FAQ di halaman pencarian Google tidak terlalu penting.

Hanya saja dengan adanya ini kita perlu bersiap-siap dalam waktu dekat ketika semua orang sudah menggunakan teknik ini (menampilkan FAQ di halaman pencarian Google), kemungkinan besar slot halaman satu Google disemua kata kunci berkurang.

Dalam satu halaman Google berapa banyak website yang bisa menampilkan FAQ?

Kami belum mendapatkan data pasti berapa website yang bisa menampilkan FAQ dalam satu halaman Google, apakah dari kuota 10 website semuanya bisa menampikan FAQ atau hanya sebagian saja.

Dari hasil anlisa terutama di dua kata kunci Kursus SEO dan Jasa SEO, website yang menampilkan FAQ hanya ada 2 website. Entah karena website lainnya memang belum menampilkan halaman FAQ atau karena Google membatasi website yang menampilkan FAQ dalam satu halaman pencarian.

Kalau Google tidak membatasi jumlah website yang menampilkan FAQ di halaman pencarian, artinya kedepan bisa saja hanya ada 5 website yang berada di halaman satu Google, mengingat fakta yang sudah kami utarakan di atas, setiap website yang menampilkan halaman FAQ dapat mengurangi jumlah slot website yang tampil di halaman pencarian Google.

Apakah Halaman FAQ mempengaruhi peringkat?

Untuk sementara kami belum menemukan fakta bahwa halaman FAQ bisa mempengaruhi peringkat, bisa dilihat pada video di atas terutama untuk kata kunci kursus seo, peringkat 1 nya tidak menampilkan halaman FAQ.

Website yang menggunakan halaman FAQ justru hanya menempati peringkat 2 dan 3, kita lihat perkembangannya beberapa hari ke depan.

Kesimpulan

  • Slot halaman satu Google dibeberapa kata kunci berkurang, dari 10 website organik menjadi 8 website organik.
  • Hasil analisa sementara slot berkurang karena adanya website yang menampilkan FAQ di halaman pencarian Google.
  • Jumlah website yang menampilkan FAQ, mempengaruhi banyak slot yang berkurang. Contoh kasus di atas pada kata kunci Kursus SEO, ada 2 website yang menampilkan FAQ di halaman pencarian Google, menyebabkan slot halaman satu untuk kata kunci Kursus SEO berkurang 2 slot.
  • Kabar baiknya, belum semua kata kunci terkena dampak ini, karena belum semua website menampilkan halaman FAQ di halaman pencarian Google.
  • Kita perlu bersiap-siap untuk kemungkinan terburuk, ketika semua website menampilkan halaman FAQ, artinya slot website di halaman satu Google untuk semua kata kunci berkurang.

Yuk diskusi dengan kami di halaman komentar

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

11 Comments for Slot Website di Halaman 1 Google Berkurang, Ini Faktanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *