Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Seberapa Penting Table Of Content dalam SEO? | Belajar SEO

Seberapa Penting Table Of Content dalam SEO? | Belajar SEO

(175 Views) April 1, 2020 8:16 am | Published by
Seberapa Penting Table Of Content

Seberapa penting table of content di dalam SEO? Salah satu pertanyaan yang terpilih dari Sesi tanya jawab session 8 di 3 grup WA Belajar SEO 2020. Sebenarnya pertanyaan ini sudah saya jawab saat sesi tanya jawab berlangsung, tapi dengan tulisan ini semoga bisa menjawab jauh lebih lengkap.

Join Grup WA Belajar SEO 2002 Klik Disini >> Grup WA

Note : Chat di grup tersebut saat ini ditutup, hanya dibuka pada saat sesi tanya jawab yaitu setiap hari rabu sore jam 16.00 WIB atau Rabu malam jam 19.00 / 20.00 WIB. Jadwal menyesuaikan ya 🙂 .

Pengertian Table Of Content

Table of content (TOC) adalah pembuatan daftar isi secara otomatis dan dinamis. Pada halaman website biasanya TOC akan terbuat secara otomatis mengikuti heading yang kita buat pada tulisan di halaman tersebut.

Contohnya seperti ini :

Contoh Table Of Content

Jika salah satu poin pada daftar isinya di klik maka langsung mengarah ke pembahasan tersebut, misal kita klik “Jadwal Terdekat” maka tampilan halaman website akan langsung menampilkan pembahasan “Jadwal terdekat” pada halaman website yang sama.

Seberapa penting TOC dalam SEO?

Secara langsung mungkin TOC ini tidak berpengaruh terhadap SEO atau peringkat website tetapi lebih berpengaruh terhadap User Experience atau pengalaman pengguna di dalam website.

Dan jangan pernah lupakan bahwa user experience saat ini menjadi salah satu faktor penilaian Google dalam menentukan peringkat website.

Halaman website seperti apa yang memerlukan Table Of Content?

Tidak semua halaman website membutuhkan table of content. Jika Anda menulis konten dengan pembahasan yang sedikit dengan jumlah kata di bawah 300 atau 500 kata saya rasa tidak membutuhkan penggunaan TOC.

Tapi, jika pembahasan website cukup panjang, misalnya mencapai 1.000 kata apalagi lebih dari 1.000 kata, maka sangat penting menggunakan TOC dalam halaman website tersebut.

Apa fungsinya TOC?

Sebagai pemilik website Anda harus memahami karakter pembaca website Anda, tidak semua user suka membaca artikel yang cukup panjang. Mereka biasanya lebih suka membaca hal penting yang mereka cari saja.

Misal pada konten jualan, mungkin user tipe ini hanya fokus mencari harga produk Anda saja. atau hanya fokus mencari penjelasan spesifikasi produk yang Anda tawarkan tanpa mau membaca pembahasan lainnya.

Untuk user seperti ini TOC sangat penting adanya, sehingga mereka hanya perlu melihat daftar isinya saja kemudian meng-klik judul informasi yang mereka cari untuk langsung menuju ke pembahasan judul tersebut.

Tanpa adanya TOC, user seperti ini akan langsung keluar dari website Anda karena malas scrol dan membaca artikel secara keseluruhan untuk menemukan informasi yang mereka cari. Hal ini mengakibatkan bounce rate di website menjadi tinggi dan menyebabkan user experience website menjadi buruk di mata Google.

Bagaimana cara membuat TOC?

Disini saya hanya akan jelaskan cara membuat TOC untuk platform wordpress, untuk platform lainnya silakan googling ya.

1). Instal plugin Easy Table of Contents

Easy Table of Contents

2). Aktifkan plugin tersebut

3). Setalah plugin aktif, pada saat menulis konten baru baik pada post ataupun pages akan muncul fitur seperti ini di paling bawah

Plugin Easy Table of Contents
  • Ceklis insert table of contents
  • Untuk Heading ceklist heading yang ingin dijadikan daftar isi

Pada aturan default Anda harus membuat minimal 4 heading agar bisa menjadi daftar isi.

Selesai

Kesimpulan

  • Penggunaan table of content menjadi penting jika tulisan yang Anda buat cukup panjang misalnya artikel dengan 1.000 kata atau lebih.
  • TOC bisa meningkatkan user experience website di mata Google.
  • Pembuatan TOC pada platform wordpress cukup dengan menginstal plugin Easy Table of Contents.

Simak tanya jawab seputar SEO lainnya
Klik Disini >> Q & A

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: Seberapa Penting Table Of Content dalam SEO? | Belajar SEO

Sorry, comment are closed for this post.