Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Apa yang dimaksud dengan SEO?

Apa yang dimaksud dengan SEO?

(66 Views) December 4, 2018 6:56 am | Published by

Apakah yang dimaksud dengan SEO

Materi SEO Level pemula menjawab pertanyaan tentang Apa yang dimaksud dengan SEO? jika pertanyaan di atas merupakan hal yang juga Anda tanyakan silakan baca artikel ini sampai habis.

Beberapa tahun lalu saat mengisi seminar, tanpa menjelaskan pengertian SEO terlebih dahulu kepada audience, saya membahas teknik SEO yang jauh lebih dalam. Yang terjadi banyak audience bingung karena tidak mengerti istilah-istilah yang saya bicarakan, termasuk tidak mengerti pengertian SEO itu sendiri.

Mulai saat itu saya mengganti istilah-istilah rumit menjadi istilah yang lebih mudah dipahami oleh orang yang sangat awam. Membuat materi-materi yang juga lebih sederhana, mudah dimengerti dan mudah diaplikasikan namun tetap berdampak. Dengan begitu Alhamdulillah banyak alumni yang berhasil menerapkan materinya.

Oleh karena itu, di website ini pun kiranya saya harus menjelaskan kepada Anda Apa Itu SEO.

Agar lebih mudah dipahami saya akan menjelaskannya dengan sebuah cerita awal perkenalan saya dengan SEO. Saat itu saya sedang mencari distributor baju muslim, karena tertarik ingin mencoba bisnis tersebut.

Saya sama sekali belum mengenal dunia pemasaran online apalagi SEO, usaha saya saat itu masih secara offline, membuka toko dan memasarkan produk di toko.

kemudian saya mendapatkan saran dari adik agar mencari distributor busana muslim via internet. Masih bingung bagaimana caranya karena saya benar-benar gaptek. Bahkan saya sama sekali belum pernah belanja secara online.

Singkat cerita saya ketikan di internet kata “distributor baju muslim”, seketika muncul ratusan bahkan ribuan website-website distributor baju muslim. Namun saat itu tampil website-website yang lokasi offlinenya sangat jauh dari tempat tinggal. Karena saya sama sekali belum pernah belanja online, ada rasa khawatir tertipu. Apalagi mau beli dengan jumlah yang cukup banyak.

Kemudian saya ketikan kembali “distributor baju muslim di Jakarta”, dengan harapan saya mendapatkan distributor yang lokasinya dekat dan bisa saya kunjungi langsung.  Akhirnya saya menemukan website salah satu distributor yang lokasinya terdekat dari tempat tinggal saat itu.

Saat membuka websitenya, yang ada dalam pikiran saya :

  • Ini pasti tokonya besar
  • Pasti lokasinya strategis, berada dipinggir jalan besar
  • Pasti berada dipusat keramaian

Saya berpikir demikian karena dulu saat belajar bisnis offline terutama tentang pemilihan tempat, kriteria yang disarankan seperti itu. Dan saya berpikir demikian karena saat membuka websitenya, tampilan websitenya sangat bagus.

Tapi, ternyata saat saya berkunjung kesana semua pemikiran saya tersebut salah besar. Tokonya berada di dalam gang, bahkan bukan jalan hidup melainkan gang buntu.

Tokonya bukan ruko, hanya sebuah rumah dengan 2 kamar di dalamnya. 2 kamar ini dijadikan gudang penyimpanan produk. Di ruang depan berjejer admin-admin dengan sebuah meja panjang yang masing-masing difasilitasi dengan komputer.

Di sudut ruangan terdapat barang-barang yang sudah dikemas rapi dan siap kirim, jumlahnya cukup banyak. Di depan saya terdapat 5-6 orang yang juga sedang mengantri memesan produk. Mereka semua membeli dalam jumlah besar.

Disitu saya benar-benar heran, “kok bisa toko yang lokasinya tidak strategis, hanya berada disebuah gang buntu tapi ordernya hingga sebanyak itu”. Saat menunggu pesanan saya disiapkan, pembeli terus saja berdatangan.

Saya sempat ngobrol dan bertanya pada beberapa orang pembeli yang masih menunggu, dari obrolan ini rata-rata mereka tahu toko ini dari internet atau Google.

Dari situ saya mulai berfikir, ini pasti bukan kebetulan, pasti ada tekniknya. Tapi apa nama tekniknya?

Dan setelah saya cari tahu lebih dalam ternyata teknik pemasaran yang digunakan distributor tadi adalah teknik SEO.

Bisa jadi secara lokasi offline lokasinya tidak strategis. Tapi secara online sangat strategis. Karena kata apapun yang dicari user di mesin pencari terkait distributor baju muslim Jakarta, website mereka yang selalu muncul di halaman pencarian Google.

Jadi SEO adalah sebuah upaya yang dilakukan agar website atau Toko Online Anda mudah ditemukan dimesin pencari seperti Google, saat user mengetikan apapun terkait produk atau bisnis Anda.

Sehingga dengan demikian toko online Anda akan kebanjiran traffic, kebanjiran kunjungan dari mesin pencari.

Pembahasan-pembahasan seputar SEO lainnya bisa Anda baca disini >> Kategori SEO

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Categorised in: ,

Comment Closed: Apa yang dimaksud dengan SEO?

Sorry, comment are closed for this post.