Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Apakah Backlink dibutuhkan untuk Mempertahankan Peringkat?

Apakah Backlink dibutuhkan untuk Mempertahankan Peringkat?

(185 Views) May 18, 2020 8:55 am | Published by
Apakah backlink dibutuhkan untuk mempertagankan peringkat

Q & A 17, menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar SEO yang masuk di grup WA Belajar SEO 2020, kali ini kita akan membahas cara mempertahankan peringkat dan apakah backlink diperlukan untuk ini.

Join Grup WA Belajar SEO 2020 disini >> Grup WA
GRATIS

Setiap hari rabu kami rutin mengadakan sesi tanya jawab SEO secara Live.

Pertanyaan

“Artikel saya masuk halaman 1 Google tanpa backlink, hanya mengandalkan SEO On Page… Untuk pertahankan posisi artikel saya, apakah perlu saya support dengan tambahkan backlink?”

Sebenarnya ini sudah sangat keren, tanpa backlink artikelnya sudah masuk halaman satu Google. Bisa jadi karena authority websitenya sudah bagus, bisa juga karena keyword yang ditargetkan termasuk kategori keyword dengan persaingan rendah.

Tapi apapun penyebabnya tidak banyak orang yang bisa melakukan hal seperti di atas.

Jawaban

Seperti biasa saya akan menjawabnya dari berbagai sisi, melihat dari pendapat para pakar SEO maupun dari apa yang saya praktekan langsung.

Pendapat Pakar SEO

Pendapat para pakar sebenarnya juga berbeda-beda tentang hal ini, tapi dari yang saya ketahui sebagian besar berpendapat walau sudah masuk halaman satu Google, artikel atau website harus tetap di backlink agar posisinya semakin kuat, terus naik dan tetap bertahan di halaman satu Google.

Apalagi melihat dari pertanyaan di atas, artikel ini sama sekali belum mendapatkan suntikan backlink, artinya dengan di backlink posisinya bisa saja sampai ke top 1 atau peringkat satu dan bisa bertahan lama disana.

Hanya saja seperti yang sering saya katakan, tetap berhati-hati dalam melakukan backlink, karena selalu ada resiko dari setiap backlink yang Anda berikan.

Jika Anda menonton sesi Live SEO rabu kemarin tentang kenapa marketplace menguasai halaman satu Google Anda pasti sudah mengerti backlink seperti apa yang Google inginkan.

Backlink yang diinginkan Google yaitu backlink organik, backlink yang didapatkan tanpa adanya campur tangan dari pemilik website.

Contoh : Anda masuk ke website defriansyah.net dan membaca artikel ini, karena Anda suka dengan artikelnya akhirnya dengan senang hati Anda membagikan atau men-share artikel ini di sosial media yang Anda miliki. Inilah yang disebut dengan backlink organik.

Sedangkan teknik backlink apapun yang Anda lakukan sendiri secara manual apalagi menggunakan tools, itu termasuk kategori backlink manual yang sebenarnya dilarang oleh Google.

Lengkapnya sudah saya jelaskan pada sesi Live kemarin, yang tertinggal mohon maaf tidak ada video rekamannya yang ada hanya rangkumannya yang saya tulis pada artikel lain di website ini dengan judul Kenapa Marketplace Menguasai Halaman Satu Google.

Berdasarkan Pengalaman

Berdasarkan pengalaman yang saya dan tim lakukan untuk mempertahankan peringkat sebuah website, kami lebih dulu melihat perkembangannya sebelum mengambil tindakan.

Karena biasanya pada saat artikel dipublish, Google memberikan peringkat yang sangat baik. Bisa langsung masuk halaman satu Google, bahkan kami pernah langsung menembus peringkat 1 Google. Kalau tidak salah pernah kami bahas di salah satu artikel pada website ini.

Tapi setelah beberapa hari peringkatnya turun secara perlahan, kondisi ini yang terus kami pantau.

Cara mempertahankan peringkat melihat dari perkembangan peringkat :

1.) Peringkatnya Tetap

Kondisi yang pertama peringkatnya tetap tidak berubah dari pertama kali posting, jika ini yang terjadi maka ada dua hal yang harus kami lihat lagi yaitu apakah peringkatnya sudah memenuhi target atau belum.

Misal, targetnya 5 besar, ternyata baru masuk di peringkat 8.

Untuk kembali mendongkrak peringkat biasanya kami memberikan backlink.

Tapi jika peringkatnya sudah sesuai target, targetnya peringkat 5 dan website sudah menempati peringkat 5. Maka kami tidak memberikan backlink ke website atau artikel tersebut.

Yang kami lakukan untuk pertahankan peringkatnya adalah dengan rutin membuat postingan baru di dalam website tersebut.

2.) Peringkatnya Naik

Ada juga kejadian yang menarik, peringkatnya terus mengalami kenaikan padahal belum sama sekali diberikan backlink.

Kalau kondisinya seperti ini, kami tidak memberikan backlink pada artikel tersebut. Hampir sama seperti poin 1 di atas, untuk mempertahankan peringkatnya biasanya kami rutin memposting artikel baru yang masih berkaitan dengan artikel tersebut.

3.) Peringkatnya Turun

Yang terakhir, ternyata peringkatnya turun, ini juga terbagi menjadi 2 :

  • Turun 1-2 peringkat
  • Turun Drastis

Jika peringkatnya turun 1-2 peringkat biasanya kami tidak langsung memberikan backlink, tapi lebih ke membuat postingan lain yang masih berkaitan dengan artikel tersebut, sambil terus memantau perkembangan peringkatnya.

Jika peringkatnya terus mengalami penurunan baru kami berikan backlink.

Berikutnya jika peringkat turun drastis, dalam kondisi seperti ini kami akan mencoba memberikan backlink pada artikel tersebut sambil melihat perkembangannya.

Kesimpulan

Cara mempertahankan peringkat website tidak selalu dengan memberikannya banyak backlink. Terkadang dengan membuat artikel rutin di dalam website tersebut saja sudah lebih dari cukup untuk menjaga peringkatnya.

Dan jangan lupakan bahwa backlink itu seperti pisau yang memiliki dua mata berbeda, salah-salah bukannya mempertahankan atau menaikan peringkat, backlink justru bisa membuat website Anda hilang dari halaman pencarian Google.

Baca Artikel Tanya Jawab SEO lainnya
Disini –> Q & A

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: Apakah Backlink dibutuhkan untuk Mempertahankan Peringkat?

Sorry, comment are closed for this post.