Menu Click to open Menus
Home » Cara Mendapatkan Uang » Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet? (Terbaru)

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet? (Terbaru)

(374 Views) April 22, 2020 11:56 am | Published by
Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Tidak terasa dunia berubah begitu cepat, satu bulan lebih kita dipaksa untuk melakukan sesuatu yang dulunya dianggap aneh oleh sebagian besar orang, yaitu kerja atau mencari uang dari rumah.

Bagi saya yang sudah menjalani ini sejak 7-8 tahun lalu mungkin tidak terlalu menjadi masalah, tapi bagi sebagian orang yang baru menjalaninya pasti bingung dan bertanya-tanya.

Apa lagi untuk Anda yang selama ini hanya mengandalkan usaha offline, tentu sangat berat untuk beradaptasi.

“Mas Defri bagaimana cara mendapatkan uang dari internet ? usaha saya saat ini drop mas, tidak ada penghasilan sama sekali.”

Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak saya terima selain tentunya pertanyaan yang berhubungan dengan teknik SEO.

Pada tulisan ini saya akan sharing bagaimana saya mendapatkan uang dari internet. Semoga bermanfaat.

10+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ada banyak sekali cara mendapatkan uang secara online. Tetapi, yang akan saya tuliskan disini terbatas pada hal yang pernah saya lakukan selama 7-8 tahun menekuni dunia pemasaran online atau hanya pada hal yang saya ketahui.

Kita mulai pembahasannya :

1. Menjadi Broker Online

Broker Salah satu Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Sekitar tahun 2012 – 2013 pertama kali berjualan secara online, karena tidak ada modal maka yang saya lakukan adalah menjadi broker atau perantara.

Ini lebih ke produk-produk mahal, yang saya pilih saat itu adalah jasa anti rayap dan pest control. Jasa apa itu? untuk lebih jelasnya Googling saja ya, kalau di bahas disini nanti pembahasannya melebar. Karena bukan itu yang ingin dibahas.

Anda tidak harus menjual jasa anti rayap atau pest control cukup cari tau bisnis apa yang saat ini masih bisa jalan. Jadi intinya bukan pada produk tapi pada cara mendapatkan uangnya.

Untuk menjadi broker online yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Tentukan produk atau jasa apa yang ingin Anda pasarkan
  • Cari vendor atau produsen untuk produk atau jasa tersebut.
    Atau bisa juga dibalik, Anda list saja kenalan disekitar Anda, adakah yang merupakan vendor atau produsen sebuah produk yang bisa Anda bantu jual secara online.
  • Ajak vendor kerjasama
  • Buat media promosi Anda
    Setelah mendapatkan vendor atau produsennya selanjutnya bangun media promosi yang akan digunakan. Seperti FP Facebook, Instagram, Website dll.
  • Mulai melakukan promosi

Fokus pertama, carilah produk atau jasa yang ingin Anda pasarkan setelah itu baru fokus pada pemasarannya. Jika Anda kenal baik dengan vendor atau produsennya maka kemungkinan besar bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal.

Atau jika memang Anda tidak mengenal vendor, lakukan negosiasi sehingga Anda diijinkan untuk ikut memasarkan produk mereka dengan mendapatkan Fee dari setiap penjualan yang terjadi.

Hanya saja untuk jasa atau produk seperti ini lebih cocok untuk dipromosikan menggunakan website dan memanfaatkan mesin pencari seperti Google.

Untuk Anda yang belum memiliki keahlian dalam membuat website dan promosi menggunakan mesin pencari Google, bisa memilih cara lainnya untuk mendapatkan uang dari internet.

Rekomendasi produk atau jasa pada saat pandemi covid19

  • Produk atau jasa yang berhubungan dengan covid19
    Seperti : Jasa semprot disinfektan, jual mesin disinfektan, jual cairan disinfektan.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Mendapatkan uang dari internet dengan program afiliasi

Afiliasi tidak berbeda jauh dengan menjadi broker, Anda sama-sama menjadi perantara dalam memasarkan produk orang lain. Hanya saja pada afiliasi Anda tidak perlu berkomunikasi langsung dengan calon pembeli.

Tugas Anda lebih simple yaitu hanya menyebarkan atau mempromosikan link afiliasi yang didapatkan setelah mendaftar ke program ini. Jika terjadi pembelian dari link tersebut sistem akan membaca bahwa itu merupakan penjualan Anda.

Dan Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi dari link Afiliasi Anda.

Mendaftar di program afiliasi termasuk salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal, Anda hanya perlu mendaftar dan mulai menyebarkan link yang didapatkan.

Afiliasi luar negeri yang sangat populer adalah Amazon, Anda juga bisa bergabung di program Afiliasi dalam negeri.

Untuk menghasilkan uang dari Afiliasi yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Mencari program Afiliasi melalui internet
  • Mendaftar program Afiliasi
  • Mendapatkan link dan banner promosi
  • Promosikan banner dan link tersebut di semua media online yang Anda miliki
  • Mendapatkan Fee setiap terjadi transaksi melalui link Afiliasi Anda

Kalau saya mempromosikan link afiliasi melalui tulisan di blog atau website dengan membuat tulisan review terkait produk afiliasi tersebut. Ketika ada user yang tertarik pada produk setelah membaca review di website, maka user tadi akan klik link afiliasi yang sudah saya pasang di dalam website kemudian melakukan pembelian.

3. Menjual Domain dan Hosting

Menghasilkan uang di internet dengan menjual domain

Domain dan hosting sebenarnya termasuk salah satu program afiliasi yang bisa Anda ikuti, sengaja saya buat pembahasan khusus karena sampai saat ini pada masa pandemi covid19 domain dan hosting menjadi salah satu pos yang masih menghasilkan.

Pendaftaran Afiliasi domain dan hosting biasanya gratis atau Anda hanya diminta untuk membeli domain dan hosting mereka untuk bisa langsung memasarkannya.

Jadi, bisa dikatakan jual domain dan hosting termasuk ke dalam kategori cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Karena ini termasuk dalam kategori afiliasi, tugas Anda hanya mempromosikan link afiliasi atau banner yang sudah disiapkan.

Cara saya dalam memasarkan domain dan hosting

Cara saya memasarkan link afiliasi domain dan hosting yaitu dengan membuat tutorial, baik berupa tulisan maupun video yang kemudian tulisan dan video tadi saya promosikan di Google menggunakan teknik SEO.

Atau bisa juga tulisan dan video tadi Anda share di semua sosial media yang Anda punya.

Tutorial yang dibuat yaitu tutorial cara membuat website, yang di dalamnya tentu ada pembahasan domain dan hosting seperti bagaimana cara membeli domain dan hosting.

Ketika ada yang membaca atau menonton tutorial tersebut kemudian mengikuti semua tutorialnya termasuk cara membeli domain hosting dengan meng-klik link afiliasi yang sudah saya tanamkan disana, maka saya akan mendapatkan fee dari sana.

Apalagi kalau tutorial yang dibuat masuk halaman satu Google, tanpa Anda melakukan promosi lagi setiap bulan ada saja transaksi yang terjadi.

Dan keuntungan lainnya dari mengikuti program afiliasi domain hosting adalah ketika pembeli melakukan perpanjangan domain hosting di tahun berikutnya, Anda tetap mendapatkan fee dari hasil perpanjangan tersebut.

Asik kan? Ini bisa menjadi pasive income untuk Anda.

Hanya saja saran saya, jika Anda mengikuti program afiliasi seperti ini. Pastikan kualitas produk yang Anda promosikan benar-benar bagus.

Saya tidak pernah mempromosikan domain dan hosting sebelum saya mencoba menggunakannya lebih dulu dan memastikan produknya cukup oke.

4. Menjual Tema dan Plugin WordPress

Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan menjual theme

Menjual tema dan plugin wordpress juga termasuk kategori cara mendapatkan uang dari internet gratis dengan sistem afiliasi.

Jika Anda memutuskan menjual domain hosting maka produk lainnya yang juga harus Anda pasarkan adalah tema dan plugin wordpress. Karena ini bisa dipromosikan secara bersamaan.

Balik lagi ke poin 3, cara saya mempromosikan domain hosting adalah dengan mambuat tutorial cara membuat website, di dalam tutorial tersebut, selain membahas cara membeli domain hosting Anda juga bisa membahas tentang cara membeli tema dan plugin.

Tentu dengan menyisipkan link afiliasi Anda disana.

Sehingga jika user masuk dan membuat website dengan mengikuti semua tutorial yang ada di website Anda, Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Yaitu penjualan domain hosting dan penjualan theme.

5. Jasa Penulis Konten

Cara mendapatkan uang dari internet yang ke-5 adalah membuka Jasa Penulis Konten.

Jasa penulis konten sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menulis dan ini menjadi salah satu bisnis yang masih tetap eksis di tengah krisis seperti saat ini.

Satu minggu lalu saya menghubungi teman-teman UKM satu per satu, menanyakan kabar mereka, baik kabar kesehatan maupun kabar bisnis. Untuk masalah kesehatan Alhamdulillah semuanya sehat tapi untuk bisnis bisa dikatakan 90% drop.

Dan dari 10% bisnis yang masih tetap eksis, salah satunya adalah jasa penulis konten.

Di ere online seperti ini, jasa penulis konten sangat dibutuhkan. Saya sampai memiliki 2 orang yang tugasnya khusus menulis konten di salah satu bisnis.

Masih banyak orang yang lebih suka mempekerjakan frelancer untuk urusan menulis dari pada harus merekrut. Dan jasa ini tingkat repeat ordernya sangat tinggi, jika klien suka dengan tulisan Anda kemungkinan besar meraka akan terus menggunakan jasa Anda.

Untuk memulai jasa penulis konten, Anda bisa langsung mulai mempromosikannya di semua media online yang Anda miliki. Buat semua teman Anda baik teman didunia nyata maupun dunia online tau kalau Anda saat ini membuka jasa penulis konten.

Sekitar 2 tahun lalu saya hanya mempromosikan jasa ini di grup pelatihan, tidak disangka dalam satu hari saya mendapatkan ratusan order tulisan yang akhirnya kebingungan sendiri karena saat itu tim belum siap.

Ini hanya sebagai gambaran bahwa jasa ini sangat dibutuhkan dan Anda bisa mulai dengan mempromosikannya di media online yang Anda miliki.

Jika nantinya sudah besar baru pikirkan untuk membuat website agar lebih profesional, dan mulailah merekrut penulis.

6. Jasa Kelola Akun Sosial Media

Mendapatkan Uang dari Internet dengan jasa mengelola akun sosmed

Mengelola sosial media seperti fans page Facebook dan akun Instagram kelihatannya memang tidak sulit dan mungkin Anda berfikir mana ada orang yang membutuhkan jasa ini untuk bisnis mereka karena mudah dikelola sendiri.

Pada kenyataannya tidak demikian, dalam mengelola akun sosial media yang paling sulit dilakukan adalah konsisten. Karena kesibukan bisnis yang begitu padat akhirnya sosial media terbengkalai padahal jika di kelola bisa mendongkrak omset penjualan.

Sosial media saya saat ini saja sangat-sangat terbengkalai, belum ada orang yang fokus disana. Karena kami lebih fokus promosi menggunakan website dengan teknik SEO atau beriklan di google ads.

Jasa ini juga termasuk cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal, Anda hanya tinggal mempromosikan diri Anda sebagai pengelola akun sosial media di semua media online yang Anda miliki.

Tahapan yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah:

  • Buat akun khusus promosi jasa kelola akun sosial media seperti akun FP Facebook dan akun instagram
  • Kelola akun-akun ini dengan sangat baik
    Karena akun-akun ini yang akan menjadi portofolio Anda, jika akun Anda saja tidak menarik untuk klien bagaimana Anda bisa mengelola akun klien nantinya.
  • Promosikan akun ini di semua media online yang Anda miliki, jika memungkinkan bisa menggunakan promosi berbayar.

Jika klien suka dengan cara Anda mengelola akun mereka, klien ini bisa menjadi klien tetap Anda.

7. Customer Service Online

Beberapa tahun terakhir customer service online menjadi salah satu pilihan yang banyak diambil pebisnis, saya tidak tau pasti kenapa mereka lebih memilih menggunakan freelancer untuk ini dari pada merekrut langsung.

Kemungkinan besar ini dilakukan untuk memangkas pengeluaran, dengan menggunakan freelancer maka akan lebih menghemat biaya operasional, biaya sewa kantor dan biaya-biaya lainnya. Ini baru kemungkinannya.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan ini, mas Nofi Bayu salah seorang digital marketer sampai membuat kampung marketer dimana salah satu jasa yang mereka tawarkan adalah customer service online.

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda lakukan adalah menjadi customer service online.

Untuk memulai bisnis ini Anda bisa bergabung di website-website freelance seperti freelancer.co.id.

8. Jual Space Iklan di Blog

Jual Space Iklan di Blog

Jika Anda memiliki blog atau website dengan trffic yang cukup banyak Anda bisa menjual space iklan disana. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu :

  • Bekerjasama dengan pihak ke 3 seperti Google adsense
  • Mempromosikan space iklan di blog mandiri tanpa pihak ke 3

Saya sendiri lebih suka dengan cara yang ke-dua, yaitu menjual space iklan tanpa perantara pihak ke-3. Dengan begini Anda bebas menentukan iklan seperti apa yang boleh dan tidak boleh tayang pada blog atau website Anda.

Menjual space iklan di website atau blog termasuk salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal, karena Anda memanfaatkan media yang sudah ada. Yaitu blog atau website yang sudah memiliki banyak traffic.

Step yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis ini :

  • Buat halaman khusus di website yang mempromosikan hal ini
    Tampilkan data berupa jumlah traffik harian dan bulanan website Anda, capture data Google Analytics agar lebih meyakinkan.
  • Buat banner promosi
  • Letakkan banner promosi di tempat-tempat strategis pada website Anda seperti pada header, footer atau pada sidebar.

Nantinya user yang ingin beriklan di website akan langsung mengunjungi halaman penawaran Anda dan menghubungi Anda.

9. Jasa Pembuatan Website

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat website, jasa pembuatan website bisa menjadi salah satu pilihan. Jasa ini juga sepertinya salah satu bisnis yang tidak terkena dampak krisis dari pandemi covid19. Karena sampai kemarin masih ada yang menghubungi saya minta dibuatkan website.

Mas Defri buka jasa pembuatan website juga?

Saat ini jasa pembuatan websitenya sedang mati suri, lebih fokus di Jasa SEO. Mungkin beberapa bulan ke depan buka lagi setelah pandemi covid19 ini berakhir.

Hanya saja jasa pembuatan website tidak termasuk ke dalam kategori cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal, karena Anda butuh modal untuk membuat website demo dan membeli banyak theme sebegai pilihan customer.

Tahapan memulai bisnis ini :

  • Buat website profesional untuk promosi
    Jualan website promosinya juga harus menggunakan website
  • Buat website demo
    Sebagai contoh yang bisa dilihat calon klien
  • Promosi
    Selanjutnya promosikan. Berdasarkan pengalaman saya, jasa website lebih bagus jika dipromosikan menggunakan Google Ads atau SEO.

10. Digital Agency

Digital Agency

Punya kemampuan promosi online yang cukup mumpuni? Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka Digital Agency.

Tidak perlu bisa semua teknik digital marketing, cukup menguasai salah satunya saja Anda bisa mulai menjalani bisnis ini. Sambil berjalan pelan-pelan mulai lengkapi tim Anda sehingga bisa melayani semua.

Saya sendiri sampai hari ini hanya fokus di Jasa SEO saja, ketika klien membutuhkan jasa lainnya juga seperti Google Ads, facebook Ads, instagram ads dan lain-lain saya akan melakukan kolaborasi dengan teman-teman internet marketer lainnya.

Tidak jarang berlaku sebaliknya, ketika teman-teman facebook ads mendapatkan projek jasa SEO, mereka juga menghubungi saya untuk berkolaborasi.

Dan ini juga termasuk bisnis yang masih bisa berjalan di saat krisis, karena sampai hari ini masih ada yang menghubungi saya untuk meminta layanan jasa SEO.

Semua cara di atas membutuhkan keahlian khusus mas, sedangkan saat ini saya memerlukan solusi yang cepat untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Adakah cara lain yang lebih mudah dan cepat menghasilkan?

Ada, jika 10 cara di atas tidak cocok untuk Anda karena tidak memiliki keahlian disana, maka Anda bisa mengikuti cara ke 11 yang dirancang khusus untuk pemula sekali pun.

11. Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Internet

Ditengah krisis tentu kita membutuhkan cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan cepat, yang tidak menghabiskan banyak waktu untuk belajar lebih dulu atau mempersiapkan semuanya.

Cara cepat yang bisa Anda lakukan adalah berjualan via WhatsApp.

Jualan apa?

Jual apa saja yang dibutuhkan orang saat pandemi covid19 ini, bisa jual masker, hand sanitizer, herbal, cemilan atau makanan siap saji.

Untuk list supplier sudah pernah saya tuliskan disini >> list suppplier

Bagaimana cara memulainya?

  • Hubungi supplier produk yang ingin Anda pasarkan
  • Posting di grup WA
    Saat posting tetap harus sopan ya, dan perhatikan peraturan di grup. Jika terdapat aturan dilarang promosi maka jangan dilakukan.
  • Posting di status WA atau WA Story

Cara ini hanya memanfaatkan list database WA Anda. Saya perhatikan WA istri, di grup RT yang berisi ibu-ibu, di grup majelis ta’lim, di grup masjid dan grup lainnya di komplek tempat tinggal kami, hampir setiap hari ada yang jualan dan rata-rata selalu laris. Terutama jika jualan cemilan dan makanan siap saji.

Saat ini orang-orang ada di rumah dan malas keluar karena takut tertular virus, ojek online pun dibeberapa tempat sudah dilarang masuk. Jadi jika ada tetangga satu komplek yang jualan mereka akan lebih memilih membeli dari tetangga yang bisa mengantar langsung pesanan ke depan pintu rumah.

Jangan malu berjualan karena jualan itu halal.

Penutup

Itu 11 cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi jalan rezeki untuk Anda ditengah krisis dan wabah Covid 19 ini.

Tetap semangat

Jika Anda mendapatkan manfaat dari tulisan ini dan jika Anda merasa tulisan ini pun dapat bermanfaat untuk teman-teman atau kerabat Anda. Silahkan share tulisan ini agar semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet? (Terbaru)

Sorry, comment are closed for this post.