Menu Click to open Menus
Home » Cara Mendapatkan Uang dari Internet » 5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

(1210 Views) August 30, 2019 3:14 pm | Published by

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Dalam 2 minggu terakhir ini ada puluhan sampai ratusan orang yang meminta untuk bergabung di grup facebook Belajar Bisnis Online Bersama Laskarseo.  Namun, sampai saat ini saya masih belum mengerti apakah ada yang membagikan link grupnya atau karena hal lain.

Belum join grupnya? Join disini >> Grup Facebook

Dari sana hampir setiap hari chat masuk ke akun facebook pribadi yang menanyakan berbagai macam hal, salah satunya adalah Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet. Untuk pertanyaan ini saya coba jawab disini ya agar saya tidak perlu membalas chat satu per satu.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet.  Namun, pada pembahasan kali ini saya akan fokus menuliskan pada apa yang pernah saya lakukan. Selain ini diluaran sana masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet.

Hal yang Perlu Anda Persiapkan

Sebelum memulai ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk mendapatkan uang dari internet, berikut beberapa diantaranya :

1). Perangkat

Anda membutuhkan perangkat untuk mendukung segala aktifitas dalam mencari uang di internet, perangkat yang wajib Anda miliki adalah smartphone dan komputer atau laptop.

Mas pakai smartphone saja tidak bisa?

Sebaiknya Anda juga memiliki komputer atau laptop karena ada beberapa aktifitas online yang kurang nyaman dilakukan menggunakan smartphone. Tapi, jika memang terpaksa jangan jadikan ini sebagai kendala mulai saja dulu seadanya. Jika nantinya Anda mendapati aktifitas online yang tidak bisa dilakukan melalui smartphone, Anda bisa kerjakan di warnet.

Saya sendiri dulu waktu awal memulai, menggunakan laptop pinjaman 🙂 .

2). Internet

Internet atau lebih tepatnya koneksi internet.  Jika Anda ingin mencari atau mendapatkan uang dari internet tentu memiliki koneksi internet menjadi salah satu hal yang wajib.

Untuk yang satu ini banyak hal yang bisa dilakukan.  Jika Anda memiliki dana lebih Anda bisa berlangganan pada provider internet tertentu, karena biasanya koneksinya lebih stabil.  Namun, jika terbatas Anda bisa melakukan tethering koneksi hp dengan biaya bulanan yang jauh lebih murah.

Atau yang tak jarang dilakukan teman-teman IM, mereka bekerja di cafe atau semacamnya yang menyediakan internet gratis. Satu lagi yang sedang marak sekarang ini yaitu Anda bisa memanfaatkan working space, biasanya juga murah meriah dengan koneksi internet yang cukup bagus.

3). Ilmu

Hal lainnya yang wajib dimiliki adalah ilmunya, tergantung Anda memilih cara yang mana untuk mencari uang di internet. Misal Anda memutuskan untuk menjual produk atau jasa, maka Anda harus mengusai cara menjual produk atau jasa diinternet. Contohnya seperti facebook ads, google ads, SEO dan lain sebagainya.

Khusus SEO saya banyak membahasnya di website ini, baik berupa tulisan maupun video. Silahkan di cek tulisan-tulisan saya sebelumnya.

 

3 poin di atas wajib Anda persiapkan sebelum mulai mencari pundi-pundi uang lewat internet, Selanjutnya kita masuk ke pembahasan cara mendapatkan uang dari internet.

 

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Berikut ini 5 cara mendapatkan uang dari internet yang Anda lakukan. Selain ke -5 cara di bawah ini tentu masih banyak cara lainnya namun berikut inilah yang saya lakukan.

1). Jual Jasa / Keahlian

Cara Mendapatkan Uang dari Internet jual jasa

Menjual jasa atau keahlian adalah salah satu cara yang saya lakukan, diantaranya adalah menjual jasa SEO dan jasa pembuatan website. Jika Anda memiliki keahlian khusus seperti itu, Anda bisa menjual keahlian tersebut. Tidak harus jasa SEO dan Jasa Pembuatan Website, sesuaikan dengan keahlian yang Anda miliki saat ini.

Contoh jasa lainnya :

  • Jasa penulis artikel
  • Jasa editing video
  • Jasa photography
  • Jasa kelola sosial media
  • Jasa digital marketing
  • Jasa desain grafis
  • Jasa pembuatan reklame
  • Jasa interior
  • Jasa pembuatan kitchen set
  • Jasa pindahan rumah
  • Jasa service ac
  • Jasa cuci karpet
  • dan masih banyak jasa lainnya.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Jual jasa di internet adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal, ya Anda tidak sedang salah membaca, sekali lagi saya sebutkan bahwa menjual jasa di internet adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Bagaimana caranya?

Saya tidak tahu ini bisa dilakukan di semua jasa atau tidak, karena mungkin pada beberapa jasa seperti jasa interior dan lainnya membutuhkan modal untuk membeli alat, sewa tempat untuk produksi dan lain-lain. Tapi, untuk jasa SEO dan jasa pembuatan website yang saya buka di awal sama sekali tidak membutuhkan modal.

Caranya Anda bisa mulai dari mencari order lebih dulu, dulu saya memulainya dari media gratisan seperti blog gratisan dan facebook. Ketika ada order, pelanggan membayarnya di awal sehingga uang masuk ini yang saya putarkan sebagai modal berikutnya.

1.1). Langkah-langkah menjual jasa di internet

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjual jasa di internet :

1.1.1). Buat Website atau Blog

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah membuat website atau blog untuk mempromosikan jasa Anda.  Website atau blog ini ibaratnya adalah toko Anda di dunia online. Jika Anda memiliki modal saya sarankan langsung membuat website berbayar dengan domain .com, .id atau .co.id karena website berbayar seperti ini lebih dipercaya calon pelanggan dari pada blog gratisan.

Tapi kalau memang tidak memiliki dana lebih, mulai saja dari blog gratisan. Prinsip saya yang penting kita mulai saja dulu, sambil berjalan kemudian dibenahi pelan-pelan.

Bagaimana cara membuat website?

Untuk tutorial cara membuat webite sudah saya jelaskan pada tulisan lainnya di website ini, langkah-langkah dari awal sampai website Anda jadi.

Tutorialnya bisa Anda baca disini >> Cara Membuat website

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat website?

Tergantung website yang mau dibuat seperti apa, ada setidaknya 3 komponen yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah website yaitu :

  • Domain
  • Hosting
  • Theme

Semua sudah saya jelaskan di artikel cara membuat website silahkan baca artikel tersebut. Untuk kisaran biayanya sewa domain dan hosting per tahun sekitar 400ribu s/d 500ribu. Untuk theme atau tampilan website mulai dari 300ribu, untuk theme Anda juga bisa menggunakan theme gratis yang sudah disiapkan oleh wordpress.

Sekali lagi jika memang dirasa berat, Anda bisa mulai dari membuat blog gratisan seperti blogspot. Tutorialnya kalau tidak salah juga pernah saya tuliskan di website ini, cari sendiri ya 🙂 .

1.1.2). Buat halaman penawaran di dalam website / blog

Setelah membuat website atau blog Anda perlu membuat halaman penawaran di dalam website atau blog tersebut.  Halaman penawaran ini menginformasikan secara lengkap apa yang Anda tawarkan. Informasikan secara jelas dan lengkap mengenai jasa yang sedang Anda tawarkan.

Berikut beberapa hal yang perlu ada dalam halaman penawaran :

  • Sapaan
    Anda perlu menyapa user yang masuk ke dalam website atau blog, bisa menuliskan “selamat datang”, “Assalamualaikum”, “Hai” dan lainnya. Sesuaikan dengan gaya bahasa penulisan Anda.
  • Perkenalan
    Selanjutnya Anda perlu memperkenalkan diri atau perusahaan Anda, jelaskan sedetail mungkin siapa Anda atau siapa perusahaan Anda.
  • Penjelasan produk / jasa
    Langkah berikutnya Anda perlu menginformasikan secara lengkap tentang jasa yang Anda tawarkan.
  • Benefit / Manfaat
    Jelaskan benefit atau manfaat yang user dapatkan jika menggunakan jasa Anda.
  • Kelebihan Jasa Anda dibandingkan yang lain
    Jelaskan apa kelebihan jasa Anda dibanding pesaing, apa yang pelanggan dapatkan jika menggunakan jasa Anda yang tidak akan mereka dapatkan dari pesaing.
  • Bonus
    Agar lebih menarik, Anda bisa memberikan bonus.
  • Testimoni
    Jika sudah ada penjualan, Anda bisa lengkapi halaman penawaran ini dengan testimoni.
  • Garansi
    Agar calon pelanggan semakin yakin, berikan garansi kepuasan.
  • Call To Action
    Terakhir, berikan CTA. Bisa ke WhatsApp, form order, nomor telepon atau sebagainya.

1.1.3). Promosikan Website / Blog

Langkah berikutnya ketika website dan halaman penawarannya sudah siap, promosikan website atau blog tersebut. Jika Anda memiliki cukup modal bisa mulai promosikan melalui iklan berbayar seperti facebook ads, instagram ads, Google ads dll.

Namun, jika modal Anda terbatas Anda bisa menggunakan media promosi gratis seperti akun facebook pribadi Anda, instagram, twitter dan semua sosial media pribadi Anda, targetnya semua teman Anda di sosial media harus mendapatkan informasi bahwa saat ini Anda membuka jasa A.

Jangan sampai ketika Anda membuka jasa pembuatan website misalnya, ternyata teman dekat Anda justru menggunakan jasa orang lain untuk membuat website karena tidak mendapatkan info bahwa Anda melayani jasa tersebut.

Walau mulai dari cara gratisan, selalu sisihkan pendapatan Anda nantinya untuk menggunakan iklan berbayar karena efeknya akan jauh lebih dahsyat menggunakan iklan berbayar.

Mas tidak dijelaskan bagaimana cara promosinya?

Untuk media gratisan, intinya Anda hanya mengiformasikan saja bahwa saat ini Anda membuka Jasa A. Seringlah sharing-sharing tentang jasa tersebut, atau posting saat Anda sedang mengerjakannya, atau saat sudah selesai.

Dari sekian banyak teman sosial media Anda saya yakin ada satu dua yang order, dari hasil itu sisihkan untuk iklan berbayar.

Itu cara simplenya, sebenarnya ada teknik tersendiri untuk ini. Kita bahas lain kali ya.

Untuk cara iklan berbayar gimana mas?

Untuk terjun ke iklan berbayar, saran saya Anda belajar dulu. Bisa dengan membaca buku, ikut seminar, ikut pelatihan dan lain sebagainya. Di awal mungkin Anda bisa menggunakan jasa iklan lebih dulu sampai Anda benar-benar yakin Anda bisa.

Biaya jasanya sekitar 20-30% dari budget iklan yang Anda keluarkan.

Bukan apa-apa, untuk iklan ini sangat kompleks jika Anda tidak tau caranya bukannya berhasil nanti malah rugi biaya iklan. Sekedar info saya sendiri saat pertama kali iklan di facebook rugi 3juta per hari. Saat itu belum belajar hanya modal nekat, akhirnya uang yang terbuang jauh lebih banyak dari biaya ikut pelatihan.

 

Dengan tiga cara di atas insyaAllah Anda sudah mulai mendapatkan uang dari internet dari menjual jasa atau keahlian tadi. Dan yang paling saya sukai dari jasa adalah margin yang tinggi. Biasanya di atas 70%.

 

2). Jual Produk Fisik

cara menghasilkan uang dari internet

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan menjual produk fisik. Hampir semua produk fisik bisa Anda jual di internet. Hanya satu saran saya jika Anda mau menjual produk fisik, pilih produk fisik yang tidak mudah orang dapatkan di offline.

Contoh produk yang mudah didapatkan di offline adalah produk-produk yang biasa dijual di warung-warung dekat rumah Anda.

2.1). Langkah-langkah menjual Produk Fisik di internet

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjual produk fisik di internet.

2.1.1). Riset produk

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah meriset produk, mencari produk apa yang paling banyak dicari user di internet. Selain itu Anda perlu juga meriset bagaimana tingkat persaingan produk tersebut jika dipromosikan melalui internet.

Jualan produk berarti harus pakai modal ya mas?

Kalau mau untung besar iya, tapi ada caranya untuk jualan produk dengan modal seadanya yaitu dengan negosiasi. Nego bayar mundur dan sebagainya seperti yang pernah dilakukan sahabat nabi Abdurrahman bin Auf.

Saya sendiri beberapa kali ditawari menjadi agen tanpa membayar sepeser pun, bahkan produknya langsung dikirim ke rumah. Asik ya.. Cuma syaratnya Anda harus memiliki kredibilitas tinggi.

Itu kan mas, kalau saya gimana?

Dicoba saja dulu. Nego itu gratis . . .

Kita kembali ke pembahasan riset produk, Anda bisa riset produk menggunakan salah satu tools yang disediakan Google yaitu Google Keyword Planner atau tools sejenis ini yaitu ubersuggest.

Cara menggunakan tools nya bisa Anda lihat disini >> Riset kata kunci

2.1.2). Cara mendapatkan produk

Anda yang memiliki modal tentu tidak bingung bagaimana cara mendapatkan produk, Anda cukup datang ke pusat grosir seperti Tanah Abang di Jakarta untuk kemudian membeli produk yang ingin Anda jual berdasarkan hasil riset.

Untuk yang memiliki modal terbatas bagaimana caranya?

Ada beberapa hal yang pernah saya lakukan saat dulu ingin menjual sesuatu di internet namun terkendala modal, apa saja yang saya lakukan?

  • Lihat sekitar
    Seringkali solusi itu begitu dekat bahkan amat sangat dekat, solusi apapun termasuk pencarian produk ini. Coba Anda lihat sekitar seperti keluarga, sahabat, teman, tetangga, adakah diantara mereka yang saat ini sedang berbisnis. Akan lebih baik kalau Anda mendapatkan produsen langsung atau mungkin saja kenalan keluarga Anda ternyata produsen, atau mungkin kenalan dari sahabat atau teman Anda merupakan seorang produsen. Anda bisa meminta mereka memperkenalkan Anda ke produsen tersebut.  Dari sini coba Anda list, produk-produk apa saja yang bisa Anda peroleh. Kalau ternayata pas dengan yang sudah Anda riset maka tidak masalah bisa langsung diambil, kalau tidak maka Anda perlu melakukan riset lagi. Bagaimana hasil riset dari list produk produsen tadi, yang peluangnya paling bagus dengan acuan paling banyak dicari dan paling sedikit persaingannya, itu yang Anda ambil. Selanjutnya tinggal lakukan negosiasi.
  • Ikut komunitas bisnis
    Hal lainnya yang pernah saya lakukan adalah bergabung dengan komunitas bisnis, ikuti semua acara yang diadakan komunitas tersebut. Saat ikut di acara jangan hanya diam tapi berkenalan dengan banyak orang disana.  Seringkali saya bertemu dengan produsen disini.  Setelah Anda melakukan perkenalan kembali list produk  apa saja yang kiranya bisa Anda pasarkan. Kemudian lakukan negosiasi.

Dua  cara ini yang biasa saya lakukan saat dulu ingin jualan produk tapi terkendala modal.

2.1.3). Promosikan produk

Langkah terakhir setelah mendapatkan produknya yaitu mulailah berpromosi, caranya hampir sama dengan menjual jasa. Anda perlu membuat website atau blog, membuat halaman penawaran, kemudian mempromosikannya baik secara organik atau pun iklan berbayar.

 

3). Jual Produk Digital

cara dapat uang dari internet

Jual produk digital seperti e-book, e-course dan semacamnya. Ini juga salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling saya suka karena apa? karena modalnya kecil.  Buat produknya sekali dan bisa dijual berkali-kali. Contoh produk digital yang saya buat adalah e-course SEO yang saya pasarkan dengan nama kursus SEO Online.

Kursus SEO Online ini sudah saya jual dari tahun 2015, sampai saat ini masih laris. Anda tidak harus menjual kursus seo seperti  saya, Anda bisa menjual apa yang menjadi keahlian Anda saat ini. Hampir sama seperti jasa, hanya saja disini kita mengajari keahliannya bukan mengerjakannya.

Sepertinya saya tidak punya keahlian khusus untuk saya tulis atau ajarkan melalui video

Salah satu sahabat saya yang juga merupakan internet marketer, dia melakukan kerjasama dengan orang lain yang memiliki keahlian. E-course yang dijualnya adalah e-course menjahit. Tidak umum ya tapi ternyata ini laris. Jika merasa tidak punya keahlian khusus Anda bisa meniru sahabat saya ini.

3.1). Langkah-langkah menjual produk digital di internet

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin menjual produk digital di internet :

3.1.1). Riset market

Hampir sama dengan sebelumnya, untuk memastikan produk yang Anda jual laris jika dipromosikan menggunakan promosi online, Anda perlu merisetnya lebih dulu. Cara risetnya sudah saya jelaskan di atas ya 🙂 .

3.1.2). Produksi

Setelah melakukan riset, hal berikutnya adalah mulai memproduksi produk digital yang ingin Anda jual. Untuk e-book Anda bisa mulai dengan menulisnya, jika memang tidak mengerti bagaimana cara mendesain e-book Anda bisa menggunakan jasa.

Untuk e-course Anda bisa mulai merekam videonya, tidak perlu rekaman yang profesional yang terpenting enak ditonton dan pembeli bisa mengerti apa yang disampaikan di dalam video. Saya sendiri untuk kursus seo hanya mengandalkan rekaman melalui youtube.

Setelah proses produksi selesai jangan lupa dibaca atau ditonton ulang, dan minta beberapa teman yang Anda percaya untuk membaca (jika e-book) atau menonton (jika e-course) kemudian minta pendapat mereka apakah mereka menangkap apa yang kita ajarkan disana. Kemudian minta masukan jika ada yang perlu diperbaiki.

Setelah itu lakukan perbaikan sampai produk ini benar-benar siap untuk dipasarkan.

3.1.3). Promosi

Yang terakhir adalah promosi, untuk ini sudah tidak perlu saya jelaskan lagi ya karena prosesnya sama dengan sebelumnya. Yaitu buat website, buat halaman penawaran, promosikan baik secara gratis maupun berbayar.

4). Affiliate

Cara uang di internet

Sudah tau apa itu affiliate marketing? Untuk  yang satu ini saya rasa masih ada yang belum paham.

Affilate marketing itu sebenarnya hampir sama dengan broker yaitu menjualkan produk orang lain hanya saja melalui media online atau melalui internet.

Perbedaan lainnya di affiliate marketing Anda sebagai penjual tidak perlu berkomunikasi secara langsung dengan pembeli.

Bingung mas, maksudnya gimana?

Contoh sederhananya saat ini saya menjadi affiliate marketing di salah satu jasa penyedia hosting. Saya menjadi broker penjualan domain dan hosting, tugasnya hanya membagikan link affiliate.

Makin bingung?

Jadi caranya Anda harus mendaftar di program affiliate, setelah daftar dan mengisi data yang diperlukan selanjutnya Anda akan diberikan link promosi. Contoh linknya seperti ini :

https://www.dewaweb.com/aff.php?aff=1989

Ketika ada seseorang yang klik link di atas kemudian ia melakukan pembelian, maka sistem mereka membaca bahwa saya yang mereferensikan orang ini untuk membeli dan sistem secara langsung memberikan saya komisi dari penjualan tersebut.

4.1). Langkah-langkah mendapatan uang dari program affiliate

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari program affiliate :

4.1.1). Riset

Saran saya apapun yang mau Anda jual di internet lakukan riset lebih dulu, pastikan bahwa produk atau jasa yang mau Anda pasarkan banyak orang yang mencarinya melalui media internet. Cara risetnya sudah dijelaskan di atas ya!

4.1.2). Daftar di program affiliate

Sebelum memasarkan, Anda perlu mendaftar di program affiliate.  Beberapa program affiliate yang ada mengharuskan Anda membeli dan menggunakan produk mereka dulu baru bisa ikut memasarkan. Jika memang demikian mau tidak mau Anda membelinya lebih dulu.

Setelah itu Anda mendapatkan link untuk dipromosikan seperti yang sudah saya contohkan di atas.

4.1.3). Ubah link

Link affiliate biasanya sangat panjang dan sulit untuk dihapalkan, untuk itu Anda perlu mengubah linknya. Jika memiliki dana yang cukup Anda bisa membeli domain kemudian mengarahkan domain tadi ke link affiliate Anda. Atau jika Anda sudah memiliki website Anda bisa menggunakan domain website Anda dengan membuat sebuah url dari website tersebut kemudian mengarahkanya ke link affiliate Anda. Contohnya :

laskarseo.com/hosting

Jika Anda ketik dibrowser url di atas, maka Anda akan diarahkan ke link affiliate saya.

Cara lainnya jika memang Anda tidak bisa membeli domain atau tidak memiliki website untuk dibuatkan url seperti di atas, Anda bisa menggunakan penyingkat url seperti bit.ly. Caranya  cari saja diinternet ya! sudah banyak yang membahasnya.

4.1.4). Promosikan

Langkah terakhir Anda bisa mempromosikan link yang sudah Anda siapkan, cara promosinya masih sama dengan cara promosi sebelumnya.

Untuk affiliate tetap harus punya website mas?

Baiknya iya, di website Anda bisa menuliskan tutorial atau bisa menuliskan review produk affiliate Anda, untuk kemudian menyisipkan link affiliate disana, sehingga ketika ada yang tertarik mereka langsung klik link dan mengunjungi website affiliate-nya.

Contoh ketika saya mempromosikan link affiliate domain dan hosting, saya membuat artikel berjudul cara membeli domain dan hosting. Disana saya jelaskan step by step pembelian domain dan hosting yang tentunya menyisipkan link affiliate-nya.

Dari artikel tersebut setiap bulan ada saja pembelian dari sana, dan setiap bulan saya selalu mendapatkan fee dari hasil penjualan tersebut.

 

Selain domain dan hosting masih banyak program affiliate lainnya salah satu marketplace juga ada kalau saya tidak salah ingat, jual tiket kereta, pesawat, kamar hotel juga ada. Silahkan dicari saja program affiliate yang memang cocok untuk Anda.

5). Space Iklan

Cara mencari uang di internet

Yang terakhir, ini paling jarang saya lakukan bahkan hampir tidak pernah. Menjual space iklan di dalam website, salah satu tim saya di Laskarseo, dulunya pernah berbisnis seperti ini dan hasilnya cukup wah.

Untuk menjual space iklan di dalam website Anda bisa menggunakan pihak ke-tiga atau bisa menjualnya langsung di website Anda. Syaratnya traffic website Anda sudah cukup bagus.

Maksudnya gimana mas pihak ke-tiga?

Pihak ke-tiga itu seperti Google Adsense, mereka ini sebagai perantara yang mempertemukan pengiklan dan pemilik website tempat mengiklan. Selengkapnya tentang ini searching saja ya!

Kelemahan menggunakan pihak ke-tiga adalah iklan yang tampil di website sesuai dengan order yang mereka terima, jadi iklan apa saja bisa tampil di website Anda.  Namun, mereka memberikan Anda fitur untuk memfilter iklan dan Anda harus rajin melakukan filter ini.

Cara berikutnya adalah mandiri, menerima iklan di website sendiri. Caranya di website Anda buat sebuah banner yang bertuliskan banner untuk iklan kemudian cantumkan nomor kontak Anda disana sehingga pengiklan bisa langsung menghubungi Anda.

Pada tulisan ini saya hanya akan bahas untuk iklan mandiri saja ya, tanpa pihak ke tiga.

5.1). Langkah-langkah menjual space iklan di internet

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan :

5.1.1). Tentukan sebuah niche / tema

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan sebuah niche atau tema yang ingin Anda fokuskan di dalam website. Cari niche yang paling banyak orang cari di internet yang paling banyak juga orang mau mengiklan disana. Contohnya niche wisata.

5.1.2). Buat website

Langkah berikutnya Anda perlu membuat website sesuai dengan niche tersebut, fokus pada konten berkualitas saja jangan dulu memikirkan hal lain.

Contoh kita membangun website wisata

Wisata di dunia ini sangat banyak sebagai awalan saya sarankan Anda pilih salah satu kota yang berdasarkan hasil riset merupakan kota wisata yang paling banyak dikunjungi. Contohnya di Indonesia ada Bali, Jogja, Malang, Dan lainnya.

Kita ambil Malang misalnya :

Dari sini saja banyak konten yang bisa Anda tuliskan misalkan :

  • Bahas tempat wisatanya
    • Tempat wisata romantis di Malang
    • Tempat wisata instagrammable di Malang
    • Tempat wisata keluarga di Malang
    • dll
  • Bahas Kulinernya
    • Kuliner yang enak di Malang
    • Kuliner romantis di Malang
    • Kuliner khas di Malang
    • dll
  • Bahas penginapannya
    • Hotel yang murah di Malang
    • Hotel romantis di Malang
    • Hotel dengan pemandangan alam di Malang
    • dll

Contohnya seperti itu.

5.1.3). Promosikan

Cara promosinya masih tetap sama, hanya saja yang Anda promosikan adalah konten di websitenya, targetnya adalah mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya dari konten yang sudah Anda buat. Seharusnya ini lebih mudah dari pada mempromosikan produk atau jasa.

5.1.4). Buat halaman penawaran space iklan

Setelah trafficnya ramai, buatlah halaman khusus yang menginformasikan program iklan pada website. Kemudian buat beberapa banner di tempat-tempat tertentu dengan tulisan space untuk iklan. Selesai.

 

Sekian dari saya semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi cara mendapatkan uang dari internet untuk Anda.

 

Join channel telegram untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru dari website ini.

klik gambar di bawah ini :

channel telegram

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: 5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Sorry, comment are closed for this post.