Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Belajar SEO 2020 – Fokus pada EAT

Belajar SEO 2020 – Fokus pada EAT

(179 Views) January 6, 2020 1:59 pm | Published by
Belajar SEO 2020

Tidak pernah ada kata cukup dalam belajar SEO, mengingat algoritma Google terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Teknik-teknik yang beberapa tahun lalu berhasil membawa website ke halaman satu Google, belum tentu berhasil jika diterapkan pada tahun 2020 ini.

Apalagi di 2019 banyak sekali perubahan besar yang terjadi di dunia SEO, informasi selengkapnya tentang ini bisa Anda baca pada tulisan sebelumnya dengan judul “5 Update Besar Algoritma Google Sepanjang 2019“.

Perubahan ini menyebabkan banyak website-website kuat yang sudah tahunan menempati halaman satu Google harus merelakan posisi mereka digantikan oleh website lain yang dianggap Google lebih terpercaya.

Lily Ray Direktur SEO di Path Interactive mengatakan, fokuslah pada optimasi EAT.

Tunjukan kepada Google bahwa Anda merupakan entitas terpercaya yang memang memiliki keahlian dibidang tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah kinerja SEO di tahun 2020 ini.

Seperti yang sudah pernah dituliskan pada artikel-artikel sebelumnya, saat ini banyak website-website dengan tingkat kepercayaan rendah mengalami penurunan peringkat yang cukup drastis. Google lebih memilih website-website terpercaya yang dikelola oleh orang-orang ahli dibidangnya.

Tidak heran mengapa saat ini marketplace begitu menguasai halaman satu mesin pencari Google, karena marketplace lebih dapat dipercaya daripada website lainnya. Pada tulisan berikutnya kita akan coba bahas kenapa marketplace lebih dipercaya Google.

Kenapa Marketplace Lebih di Percaya Google?

Marketplace lebih dipercaya Google karena mereka memenuhi semua kriteria E-A-T ( expertise, authoritativeness and trustworthiness ).

Expertise : Keahlian
Sebagian besar konten yang dipublis di marketplace di tulis oleh orang-orang ahli dibidangnya. Baik dari tim marketplace itu sendiri maupun membar dari marketplace.

Authoritativeness : Otoritas
Secara otoritas atau wewenang, marketplace juga sudah sangat memenuhi kriteria tersebut. Karena sebagian besar marketplace dilengkapi dengan perizinan usaha lengkap.

Trustworthiness : Kepercayaan
Dari segi kepercayaan, marketplace juga sudah memenuhinya. Walau penjual di marketplace merupakan mitra atau member dari marketplace, namun untuk pembayaran diharuskan melalui pihak marketplace lebih dulu, yang nantinya akan diteruskan ke penjual ketika produk sudah dipastikan sampai ke tangan customer. Hal ini membuat customer lebih aman untuk bertransaksi di marketplace.

Belum fakta lain dimana marketplace ini sangat aktif posting konten setiap hari bahkan setiap jam dari member marketplace yang mempromosikan produk mereka.

Jadi bukan karena Google pilih kasih, tapi memang marketplace memenuhi keinginan dari algoritma Google terbaru saat ini., terutama dari segi E-A-T.

Untuk Backlink

Hal ini juga berlaku pada backlink, backlink yang didapatkan dari website dengan tingkat kepercayaan dan authority rendah tidak akan berpengaruh banyak pada peringkat.

Backlink yang dibutuhkan saat ini, sedikit tapi berkualitas.

Anda perlu mendapatkan backlink dari website-website terpercaya yang memiliki authority cukup tinggi. Jangan tanyakan bagaimana cara mendapatkannya ya 🙂 .

Ada banyak cara mendapatkan backlink, beberapa diantaranya :

  • Mengadakan kontes SEO
  • Menajadi penulis tamu
  • Membuat PBN
  • dll

Ini 3 diantara sekian banyak cara mendapatkan backlink, tapi bukan ini yang mau dibahas saat ini. Yang terpenting pastikan backlink yang didapat benar-benar backlink berkualitas dari website-website yang sudah menerapkan E-A-T sebegai salah satu teknik optimasi mereka.

  • Mau mengadakan kontes, sertakan persyaratan-persyaratan tertentu untuk website yang digunakan dalam kontes.
  • Mau menjadi penulis tamu, pastikan website yang ingin Anda ambil website yang berkualitas.
  • Mau buat PBN, buatlah PBN yang menerapkan teknik SEO terupdate dengan menyertakan optimasi E-A-T di dalamnya.

Kesimpulan

Fokuslah pada optimasi EAT, upayakan website Anda menjadi website yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi, memiliki otoritas dan buktikan bahwa website Anda dikelola oleh orang ahli dan kompeten dibidangnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat halaman Tentang Kami, dimana di halaman tersebut Anda bisa menginformasikan secara lengkap siapa orang, lembaga atau perusahaan dibalik website tersebut.


Belajar SEO sesuai dengan perkembangan algoritma Google 2020, dibimbing langsung selama 2 bulan, mau?

KLIK >> defriansyah.net/kursus-seo/

Atau hub WA 0817-9888-234

Terbatas


Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)

Comment Closed: Belajar SEO 2020 – Fokus pada EAT

Sorry, comment are closed for this post.