Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Google Disavow Links Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Google Disavow Links Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

(1245 Views) August 19, 2019 11:16 am | Published by

Pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang apa itu Google Disavow Links dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel ini mungkin tidak cocok untuk Anda yang baru mempelajari SEO, apa lagi untuk Anda yang baru mau belajar SEO. Tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin mempelajarinya, mungkin akan berguna suatu saat nanti.

Untuk belajar SEO tingkat dasar bisa mulai dari sini >> Belajar SEO WordPress

Pengertian

Google Disavow Links adalah sebuah tools yang berguna untuk menolak link yang mengarah ke website Anda, atau singkatnya tools ini digunakan untuk menolak backlink yang masuk ke website Anda.

Backlink kenapa ditolak mas, bukannya bagus?

Tidak semua backlink bagus, apalagi di era algoritma Google 2019 ini. Banyak backlink yang dianggap spam oleh Google, yang hasilnya bukan membuat peringkat website menjadi naik justru sebaliknya malah membuat peringkat turun.

Mas saya masih pemula, backlink itu apa ya?

Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website Anda, misal ketika Anda membuat sebuah artikel di website, kemudian link artikel Anda tadi diposting di facebook. Link website Anda yang terposting di facebook itu yang disebut dengan backlink.

Kapan tools ini digunakan?

Tools ini dapat digunakan ketika Anda merasa tindakan backlink yang dilakukan berpengaruh negatif pada peringkat website, misalnya membuat peringkat website turun atau yang terburuk sampai hilang dari halaman mesin pencari. Saat itulah Anda bisa menggunakan tools ini.

Atau seperti yang terjadi pada beberapa alumni pelatihan bahkan pada website defriansyah.net ini, website kami dikirimi backlink spam oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misi mereka tentu saja membuat website ini turun peringkat atau bahkan hilang dari halaman mesin pencari.

Semoga Allah memberi hidayah pada orang-orang seperti ini.

Ketika itu terjadi Anda bisa menolak backlink-backlink yang mereka berikan dengan menggunakan Google Disavow Links Tools ini.

Dari mana mas Defri tau website ini pernah dikirimi backlink spam?

Di halaman webmaster tools / Google Search Console bisa Anda cek, website mana saja yang memberikan backlink ke website kita. Saat itu ada backlink yang memberikan anchor seperti ini :

Cek Anchor

Sh** Marketing, serem ya. Saking bencinya mungkin sampai memberikan backlink dengan anchor ini. Setelah itu saya cek backlink-backlink masuk dari mana saja dan ternyata ada banyak backlink dari website-website spam seperti website jud* dan por**grafi.

Tentu  saja ini membuat peringkat website turun.

Jadi sebenarnya kita juga bisa berbuat seperti ini ya mas pada website lain?

Bisa, hanya saja cara ini cara curang. Saya sangat tidak menganjurkan Anda melakukannya. Karena yang kita cari bukan hanya uang melainkan juga keberkahan. Kalau caranya seperti ini apa keberkahan akan kita dapatkan? Tentu saja tidak.

Fokus saja mengoptimasi website Anda, perbaiki semua SEO On Pagenya, penuhi semua yang dianjurkan Google sehingga bisa mengalahkan website-website pesaing.

Saat website turun dan dipastikan penyebabnya adalah backlink spam yang dikirim pesaing, maka kita bisa menggunakan tools Google Disavow Links untuk menolak backlink-backlink tadi.

Bagaimana cara menggunakannya? baca terus artikel ini sampai habis ya!

Indikasi kita membutuhkan Tools ini

Indikasinya website Anda mengalami penurunan peringkat, biasanya ini terjadi secara tiba-tiba. Dan penurunan peringkatnya terjadi secara tidak wajar, turunnya drastis.

Jika ini terjadi. cek lebih dahulu apa penyebabnya? Beberapa penyebab turunnya peringkat :

  • Update algoritma google
  • Server Down
  • Website di hack
  • Pesaing melakukan optimasi yang lebih baik
  • Serangan Backlink Spam

Anda bisa cek dari daftar di atas, yang pertama cek apakah ada update algortima Google yang menyebabkan peringkat website Anda turun.

Ceknya dimana mas Defri?

Doakan saja saya selalu diberikan kelapangan rezeki dan waktu sehingga bisa terus update website ini.  Setiap ada update insyaAllah akan saya infokan berikut analisa updatenya.

Jika ternyata tidak ada update, maka Anda bisa cek yang kedua. Apakah servernya down? kalau ini coba saja akses websitenya. Kalau bisa diakses dan normal, berarti aman bukan ini penyebabnya.

Yang ketiga cek apakah website Anda terkena hack.  Untuk hosting-hosting tertentu ada layanan untuk cek masalah ini, dan biasanya mereka akan memberikan email pemberitahuan jika website Anda terindikasi terkena hack.

Yang ke-empat mungkin bisa dilewati, jika hanya pesaing melakukan optimasi bisanya hanya turun satu dua peringkat.

Jika ke-empat ini bukan penyebabnya berarti bisa jadi penyebabnya adalah yang kelima, yaitu website diserang backlink spam. Bagaimana cara ceknya? baca terus ya.

Cara cek apakah website terkena serangan backlink spam

Masuk ke Google Search Console (Google Webmaster). Syaratnya website Anda sudah didaftarkan disini, kalau belum maka percuma, datanya tidak akan tampil.

Cek Backlink Spam

Klik link yang ada di menu kiri

Cek Backlink Website

Di bawah top linking sites nanti ada tulisan more, klik tulisan tersebut sehingga terbuka list website yang memberikan backlink ke wesbite Anda.

Setelah itu Anda harus cek satu-satu, mana website yang mencurigakan. Kalau Anda melakukan optimasi sendiri pastinya Anda tau website mana saja yang Anda gunakan untuk backlink, sehingga website-website yang kelihatan asing bisa Anda list untuk kemudian dimasukan ke tools disavow links.

Permasalahannya jika dulunya Anda backlink menggunakan tools, ini yang agak merepotkan. Intinya seperti itu, Anda cek satu persatu.

Backlink yang perlu ditolak :

  • Backlink dari website por**
  • Backlink dari website Jud*
  • Bcaklink dari website berkualitas rendah

Cara Menggunakan Google Disavow Links

1. Buat daftar backlink yang ingin ditolak

  • Gunakan aplikasi notepad
  • Nama file harus diakhiri dengan .txt
  • Contoh link :
    • http://spam.example.com/stuff/paid-links.html
      format tersebut digunakan untuk menghapus per -url
    • domain:defriansyah.net
      format ini digunakan untuk menghapus semua backlink dari satu website.

Contoh :

Contoh list backlink spam

Contoh di atas adalah list saat saya mau menghapus backlink dari satu domain. List ini kemudian di save.

 

2. Upload daftar yang sudah Anda buat ke Google Disavow Links

Disavow Link

  • Pilih website yang ingin Anda hapus backlinknya, kemudian klik disavow links

Cara menghapus Backlink

  • Klik Disavow Links

Cara menghapus backlink spam

  • Klik Choose File dan pilih file yang sudah dipersiapkan sebelumnya
  • Klik submit
  • Selesai

Google membutuhkan waktu beberapa minggu untuk memprosesnya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat, bantu share ya agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.

 

Mau belajar SEO bareng Saya?
Rencananya di akhir bulan ini kami akan membuka Kelas Online SEOorganik, dengan metode pembelajaran baru dan tentunya materi terupdate.

1 bulan dibimbing langsung belajar SEO secara online + setelah selesai bisa konsultasi offline di basecamp Laskarseo

Selengkapnya akan kami infokan di grup WA, klik disini https://defriansyah.net/kelas-seoorganik

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Google Disavow Links Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Sorry, comment are closed for this post.