Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Google Discover Apa Lagi Ini?

Google Discover Apa Lagi Ini?

(933 Views) August 21, 2019 11:33 am | Published by

Pada tulisan kali ini saya sedikit ingin membahas tentang Google Discover, sesuatu yang membuat saya sangat tertarik karena ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak traffic ke website sampai 7x lipat, keren ya!

Tepat tanggal 22 Maret 2019 akun FB saya di tag oleh mas Muhammad Sholeh tim mas Fikry Fatullah di kirim.email kurang lebih isi statusnya seperti ini :

malam2 buka aplikasi google, eh ketemu sm websitenya mas Defriansyah di sana. keren mas. jarang2 ada blog muncul disitu. kok bs gtu caranya gmn mas? boleh bagi2 rahasianya? 🙂

Google Discover

Saat itu saya menganggap ini hanya kebetulan saja, mungkin mas Sholeh sering membuka website saya jadi di Discovernya website saya muncul dan saat itu saya benar-benar tidak mengetahui apa yang menyebabkan website saya bisa tampil disana selain anggapan tadi.

Setelah itu, setiap kali posting saya melihat  ada sesuatu yang aneh, traffic meningkat 7-10x lipat dari biasanya. Saya coba cek di Discover ternyata postingan-postingan saya selanjutnya muncul disana dan biasanya bertahan selama 2 hari. Dengan pengingkatan traffic 7-10x lipat per harinya.  Luar Biasa!

Kalau terus seperti ini enak juga, tidak perlu menunggu sampai SEO nya naik traffic sudah bisa terdorong dengan artikel-artikel yang baru diposting.

Dari situ saya mulai berpikir, ini pasti ada ilmunya dan harus saya pelajari. Akhirnya saya coba ulik bagaimana cara agar postingan saya selalu tampil pada Google Discover. Menganalisa kenapa postingan ini tampil sedangkan postingan yang lain tidak tampil. Karena ternyata tidak semua postingan saya tampil disana.

Saat tulisan ini dibuat, terhitung sudah 5 bulan saya mempelajari polanya, Cara bagaimana tulisan bisa tampil di Google Discover. Meskipun demikian saya belum puas dengan hasil analisanya dan akan terus saya pelajari sampai bisa diterapkan untuk website-website lainnya.

Mas dari tadi cerita tentang Google Discover terus tanpa kasih tau apa sih itu?

Iya-ya sampai lupa, oke kita masuk ke pengertiannya dulu ya.

Pengertian

Apa itu Google Discover?
Dari hasil Googling, Google discover adalah deretan kartu yang tampil di bawah kolom search Google. Kartu ini berisi Image, Judul Konten, deskripsi singkat, nama situs sumber dan tanggal publikasi konten.

Tambah bingung ya? Contohnya seperti di bawah ini :

Contoh Google Discover

Kartu ini berisi deretan konten dari internet yang dianggap sesuai dengan akun Google yang aktif di browser tersebut. Google melihatnya berdasarkan history pencarian dan aktifitas yang dilakukan pengguna.

Informasi lain yang saya dapatkan dari hasil Googling, Discover ini baru diluncurkan antara bulan September atau Oktober tahun 2018. Kurang lebih baru satu tahun.

Sebelumnya tampilan awal Google hanya berisi kolom search dan tampilan putih saja tanpa adanya discover ini.

Manfaat

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ternyata dengan tampilnya konten di Google Discover bisa mendongkrak traffic 7 s/d 10x lipat. Lihat gambar di bawah ini :

Traffic Dari Google Discover

Perhatikan panah merah, 2 panah merah menunjukan kenaikan traffic saat konten saya tampil di Discover. Biasanya hanya 2 x 24 jam kontennya tampil disana. Bisa dilihat selalu ada 2 bagan beriringan yang trafficnya meningkat drastis.

Dari hasil pengamatan, sebenarnya konten bisa tampil lebih lama di Discover. Untuk yang satu ini masih saya analisa bagaimana cara agar konten bisa bertahan lebih lama disana.

Jangan lupakan fakta bahwa konten kita tampil di Discover orang-orang yang memang mempunyai ketertarikan dengan kontennya. Artinya, merupakan traffic tertarget. Walau saya belum tau apakah konten jualan bisa masuk disini. Tapi setidaknya walau konten jualan tidak bisa masuk, kita bisa berjualan dengan cara soft selling.

Contohnya seperti di bawah ini :

Jualan di Google DiscoverSaya tidak tahu artikel tersebut berisi jualan atau tidak, tapi yang jelas ini bisa menjadi ide cara jualan di discover Google. Bisa saja kita menuliskan artikel seperti di atas dengan menampilkan banner jualannya di dalam artikel.

Sebagai contoh jika Anda berjualan hijab, Anda bisa publish konten tentang “Tutorial Cara Memakai Hijab Segi Empat”. Di akhir tutorial bisa disisipkan promo jualan Anda.

Itu juga yang saya lakukan pada artikel ini 🙂 .

Jangan lupakan peningkatan traffic website bisa berimbas pada meningkatnya penjualan

Bagaimana cara menampilkan postingan di Google Discover?

Oke kita lanjut pembahasan kita lebih dalam.

Cara Menampilkan Konten Di Google Discover Versi Google

Menurut Google, Discover diurutkan menggunakan algoritma Google berdasarkan apa yang paling diminati user. Hampir sama dengan Google Search, peringkat ditentukan oleh kecocokan antara konten dengan minat user.

Jadi untuk membuat postingan yang bisa tampil di Discover, Anda harus membuat konten yang menurut Anda akan diminati oleh user.

Masih menurut Google, tidak ada teknik khusus agar konten Anda bisa tampil di discover. Jika halaman Anda sudah diindeks oleh Google itu sudah lebih dari cukup.

Berikut tips dari Google agar konten Anda tampil di Discover mereka :

  • Posting konten yang menurut Anda akan menarik minat user
  • Gunakan gambar berkualitas tinggi yang juga akan menarik minat user.

Hanya dua tips ini yang diberikan Google agar konten Anda bisa tampil di Discover.

Untuk yang pertama Anda bisa mulai dari membuat judul yang boombastis, yang membuat user penasaran dengan isi kontennya. Dengan judul seperti ini akan menaikkan rasio klik konten.

Jangan hanya judulnya, berikutnya Anda juga diwajibkan memberikan isi konten yang bermanfaat. Plus berikan gambar yang menarik.

Sumber : support.google.com

Cara Menampilkan Konten di Google Discover Versi Saya

Berdasarkan hasil analisa membandingkan konten-konten saya yang tampil di Discover dan yang tidak. Berikut beberapa data yang di dapat :

  • Authority website bagus di mata Google
  • Konten bisa tampil setidaknya ketika sudah ada 100 orang yang melihat konten tersebut
  • Konten tersebut dianggap Google bermanfaat
    Google melihat dari data berapa lama waktu  yang dihabiskan user di dalam konten tersebut. Ketika waktunya di  atas 3 menit, biasanya konten masuk ke Discover Google

Bagaimana cara mengetahui Authority website bagus  atau tidak, mas?

Ini berhubungan dengan SEO, ketika Authority webnya bagus biasanya sudah ada kata kunci yang masuk halaman satu Google untuk pembahasan atau tema yang sama. Contohnya website ini, sudah cukup bagus untuk tema SEO.

Atau Anda bisa cek Domain Authority dan Page Authority websitenya, untuk ini silakan Googling ya bagaimana caranya.

Bagaimana cara meningkatkan Authority website, mas?

Rajin posting.  Penuhi semua ketentuan SEO yang disarankan Google termasuk optimasi EAT. Selengkapnya tentang optimasi EAT silakan baca artikel ini >> SEO 2019

Bagaimana cara agar artikelnya bisa langsung dibaca 100 user, mas?

Kalau ini biasanya saya share kontennya di sosial media seperti facebook, channel telegram, grup WA dan lain sebagainya.

Bagaimana cara agar user bertahan minimal 3 menit di dalam kontennya, mas?

Satu-satunya cara buatlah konten yang bermanfaat, konten yang enak dilihat dan nyaman dibaca. Jangan lupa ya enak dilihat dan nyaman dibaca!

Karena pertama kali user masuk ke dalam website, sebelum membaca mereka akan melihat tampilannya, kalau tampilannya tidak enak dilihat seperti tulisannya menumpuk, banyak iklan dimana-mana dan lain-lain biasanya user jadi malas untuk membacanya.

Setelah tampilannya bagus, tentu kontennya juga harus nyaman dibaca, untuk yang satu ini belajarnya panjang. Sering-seringlah menulis dan minta feed back dari orang lain, serta jangan lupa untuk sering-sering juga membaca. Lama kelamaan tulisan akan bagus dan enak dibaca.

Kesimpulannya

Google discover menjadi salah satu alternatif traffic yang tidak bisa kita pandang sebelah mata, karena bicara Discover  Google kita bicara tentang traffic tertarget, Dimana Google hanya menampilkan konten Anda ke user yang memang memiliki minat pada konten tersebut berdasarkan history mereka.

Dan ini juga bicara tentang kenaikan traffic yang signifikan, seperti yang saya tuliskan sebelumnya ketika konten di website ini tampil pada Discover, kenaikan trafficnya bisa 7-10 kali lipat.

 

Mungkin itu yang bisa saya infokan sementara, sambil terus mengulik tentang Google Discover ini. Karena bagi saya ini sangat menarik dan bisa menjadi solusi peningkatan traffic website.

Saya mengucapkan banyak terimakasih untuk Anda yang bersedia membagikan konten ini, dengan harapan bisa lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

 

Soft Launching kelas SEOorganik 27 Agustus 2019

Kelas SEO Online dengan materi SEO terupdate, dan metode belajar terbaru.

Dapatkan investasi spesial hanya di soft launching

Info lengkap hanya akan diumukan di Grup WA, KLIK >> https://defriansyah.net/kelas-seoorganik

 

Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Google Discover Apa Lagi Ini?

Sorry, comment are closed for this post.