Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Halaman Ini Wajib Ada Untuk Optimasi SEO

Halaman Ini Wajib Ada Untuk Optimasi SEO

(237 Views) August 7, 2019 11:05 am | Published by

Halaman ini wajib ada untuk Optimasi SEO

Belakangan ini banyak alumni konsultasi terkait peringkat website mereka yang turun, ternyata kebanyakan dari mereka mengalami permasalahan yang sama. Permasalahan yang sebenarnya sudah saya wanti-wanti saat update materi kursus seo. Namun, mungkin karena kesibukan, mereka tidak sempat mempelajari update materi. Ketika peringkat websitenya terkena dampak baru kebingungan dan sibuk memperbaiki.

Sebenaranya ada banyak faktor turunnya peringkat sebuah website. Yang paling sering terjadi adalah karena jarang update konten baru. Tapi pada tulisan kali ini bukan itu yang mau kita bahas, melainkan permasalahan lain yang muncul pada update algoritma Google 2019 ini.

Untuk Anda yang mau tau masalah apa saja yang menyebabkan peringkat website turun silakan tonton video saya disini >> https://defriansyah.net/5-faktor-turunnya-peringkat-website/

Tulisan kali ini bisa dikatakan sebagai pelengkap 5 faktor yang ada di video tersebut, karena saat video itu dibuat Google belum update algoritmanya seperti sekarang ini.

Apa penyebabnya?

Kalau Anda merupakan pembaca setia website ini, harusnya Anda sudah tau karena saya sudah pernah menuliskannya di artikel dengan judul SEO 2019.

Belum baca artikelnya? klik >> SEO 2019

Disana saya menjelaskan panjang lebar tentang YMYL dan optimasi EAT. Namun, disini saya hanya menjelaskan salah satu bagian dari optimasi EAT, yang sangat berpengaruh pada turunnya peringkat sebuah website.

Jadi, dalam optimasi EAT. Google menginginkan sebuah website ditangani oleh orang-orang ahli di bidangnya. Contohnya :

  • Website kesehatan ditangani atau dikelola oleh dokter, suster atau orang-orang ahli kesehatan lainnya.
  • Website keuangan ditangani atau dikelola oleh orang-orang ahli di bidang keuangan.
  • Website SEO misalnya ditangani atau dikelola oleh orang-orang ahli di bidang SEO.

dan website-website lainnya yang juga harus dikelola oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Pertanyaannya, Bagaimana Google tau kalau website tersebut dikelola oleh orang yang ahli di bidangnya atau tidak?

Untuk itu kita diwajibkan membuat sebuah halaman yang menjelaskan siapa orang dibalik website, halaman yang biasa diberi title About Us atau Tentang Kami. Pada halaman ini Anda bisa menjelaskan :

  • Siapa dibalik website ini
    Jika perorangan bisa mencantumkan identitas perorangan, jika lembaga bisa cantumkan identitas lembaga, jika perusahaan bisa cantumkan identitas perusahaan.
  • Cantumkan sesuatu yang membuat Google yakin kalau pengelola website merupakan orang ahli di bidangngnya
    Disini Anda bisa cantumkan gelar, perizinan, sertifikat atau semacamnya, yang membuat Google yakin
    Cantumkan maps
  • Anda juga bisa menambahkan maps atau URL maps agar lebih meyakinkan

Info yang kami terima, ini semua akan dicek secara manual oleh Google langsung.

Apa benar seperti itu mas?

Saat update Google kemarin saya  sempat cek beberapa website yang peringkatnya turun dan beberapa website yang peringkatnya tetap atau cenderung naik. Dari sini saya temukan, website yang turun kebanyakan website yang tidak mencantumkan halaman about us atau website yang halaman about us nya kurang meyakinkan.

Sedangkan website-website yang peringkatnya tetap hampir semua memiliki halaman about us yang lengkap, termasuk website defriansyah.net ini.

Contoh pada website ini, di halaman profil Defriansyah saya cantumkan :

  • Nama
  • Aktifitas
  • Nomor WhatsApp
  • Email
  • Akun Facebook yang memberikan link
  • Karya buku (agar lebih meyakinkan)
  • Alamat (yang memberikan link Google Mapsnya)

Oh ya judulnya tidak harus about us atau tentang kami ya, tapi bisa juga judul yang lain seperti profil, dll. Yang jelas isinya kurang lebih seperti itu, sesuatu yang memberikan Google kepercayaan bahwa website dikelola oleh orang yang ahli di bidangnya.

Bukan hanya itu

Setelah memahami ini, saya melakukan perbaikan pada website-website yang mengalami penurunan. Saya membuatkan halaman about us nya. Setelah itu menunggu sampai Google kembali me review websitenya, karena dari info yang kami dapatkan Google mereview secara manual.

Sambil menunggu saya kembali memposting artikel-artikel baru ke website, mulai posting rutin satu hari sekali, dua hari sekali, atau tiga hari sekali. Sampai websitenya kembali naik. Dan beberapa website benar saja mengalami kenaikan peringkat kembali.

Alumni melakukan hal yang sama

Kalau Anda sudah membaca semua artikel di website ini, pasti Anda pernah membaca salah satu artikel yang menceritakan bagaimana kisah alumni yang websitenya juga terkena dampak update algoritma Google, sampai websitenya kembali naik ke halaman satu Google. Saya lupa apa judulnya, silakan Anda cari ya 🙂 .

Jadi, bukan hanya saya yang sudah menerapkan ini, alumni kami juga melakukan hal yang sama. Hanya dengan menambah halaman about us dan menuliskan sesuatu yang bisa membuat Google percaya kalau website dikelola oleh orang yang ahli di bidangnya, peringkat website kembali naik.

Jadi sebelum website Anda terkena dampak, sebaiknya Anda segera membuat halaman About Us.

Mas kalau saya bukan orang ahli bagaimana?

Kalau Anda bukan ahli kenapa Anda bisa menuliskan topik tersebut? Minimal kalau Anda sudah pernah mengikuti pelatihan atau apapun terkait yang Anda tulis, sertifikatnya bisa Anda tampilkan di dalam website. Atau jika Anda sudah pernah menulis buku tentang topik tersebut, bisa juga disertakan di dalam website.

Atau yang paling sederhana Anda masukan saja link facebook Anda di halaman tadi, ketika di sosial media Anda mendapatkan pengakuan bahwa Anda orang ahli di topik ini, Google juga akan menambah kepercayaannya kepada Anda.

Kesimpulan

  • Saat ini Google menginginkan setiap website yang termasuk dalam kategori YMYL dikelola oleh orang ahli.
  • Jika website Anda termasuk website YMYL, Anda wajib membuat halaman about us yang menjelaskan bahwa Anda memang pantas membahas terkait topik tersebut.
  • Jika Anda butuh mentor untuk mempelajari SEO, silahkan join disini >> defriansyah.net/kursus-seo/
Bantu Share Ya :)

Dapatkan update SEO Terbaru di Channel Telegram kami

Join Channel Telegram

Comment Closed: Halaman Ini Wajib Ada Untuk Optimasi SEO

Sorry, comment are closed for this post.