Menu Click to open Menus
Home » Belajar SEO » Keyword Tidak Ada di Meta Title & Description, Ko Bisa Pejwan?

Keyword Tidak Ada di Meta Title & Description, Ko Bisa Pejwan?

(41 Views) May 21, 2020 8:36 am | Published by
Keyword Tidak ada di Meta Title

Q & A 18, membahas tentang optimasi meta tiltle dan meta description. Pertanyaan dari salah satu peserta Grup WA Belajar SEO 2020.

Jika Anda mengikuti saya sejak lama baik melalui artikel-artikel di website ini, maupun dari video-video Live rutin setiap hari rabu, Anda pasti ingat saya selalu menyarankan keyword tertulis di meta title dan meta description.

Ternyata setelah mendapatkan informasi seperti ini salah satu peserta Grup Belajar SEO 2020 mulai meneliti website-website pesaingnya. Dan menemukan fakta bahwa tidak teroptimasinya meta title dan meta description pada website pesaing yang menempati 5 besar Google.

  • Kenapa bisa seperti itu?
  • Apakah keyword di meta title dan meta description sudah tidak penting?
  • Atau adakah teknik lainnya yang digunakan website pesaing?

Baca artikel sampai habis dan temukan jawabannya.

Jon Grup WA Belajar SEO 2020 Gratis
KLIK –> Grup WA

Setiap Rabu sore atau Rabu malam kami rutin mengadakan Live Tanya Jawab SEO di Grup.

Pertanyaan

“Kenapa ada toko marketplace yang bisa pejwan padahal kalau dilihat untuk keyword di title dan description tidak teroptimasi”

Pertanyaan ini ditanyakan saat Live Rabu 13 Mei 2020, saat itu memang saya sedang membahas tentang SEO Marketplace. Karena saya rasa pertanyaan ini cukup menarik untuk di bahas maka saya buatkan kembali artikel untuk menjawabnya.

Ada video replay nya mas?

Mohon maaf untuk live tidak ada video replay-nya, video selalu di hapus beberapa jam setelah live berlangsung. Agar semua peserta yang mau belajar datang saat live berlangsung. Jadi lebih interaktif.

Jika Anda tidak mengikuti sesi Livenya, Anda bisa baca rangkumannya disini –> Kenapa Marketplace Menguasai Halaman Satu Google

Pada artikel tersebut saya menyebutkan ada setidaknya 3 faktor utama optimasi SEO pada marketplace yang membuat mereka menguasai halaman satu Google.

Faktor ke-3 yang paling sulit kita tiru.

Jawaban

Sebenarnya hal ini bukan hanya terjadi pada marketplace saja, tapi banyak juga website yang menempati halaman satu Google dengan meta tiltle dan meta description yang tidak dioptimasi atau tidak ada keyword tertulis disana.

Kenapa demikian?

Ini bisa terjadi karena :

1. 1 Dari 200 Faktor

Yang perlu Anda ketahui penulisan keyword pada meta title dan meta description hanyalah dua faktor dari 200 faktor Google dalam menentukan peringkat.

Jadi bisa saja website marketplace ini tidak mendapatkan nilai dari optimasi meta title dan optimasi meta description, tetapi mereka mendapatkan nilai dari faktor lainnya.

Berarti tidak masalah jika meta title dan meta description tidak dioptimasi?

Tidak masalah jika Anda mampu mengoptimasi 198 faktor penentu peringkat lainnya, tapi akan menjadi masalah jika 198 faktor lainnya juga tidak dioptimasi. Atau bahkan Anda tidak mengetahui apa saja 200 faktor tadi.

Karena kita tidak tahu detail dari 200 faktor penentu Google dalam menentukan peringkat, maka faktor-faktor yang kita ketahui seperti keyword di meta title dan keyword di meta description ini sebaiknya dipenuhi.

2. Sinonim Kata

Saat ini Google sudah bisa membaca sinonim dari sebuah kata, contoh sederhananya saat saya mengoptimasi keyword Kursus SEO, selain kata tersebut Google juga menganggap saya mengoptimasi untuk kata Sekolah SEO dan Pelatihan SEO.

Itu kenapa halaman website yang mengoptimasi keyword kursus SEO juga masuk 3 besar untuk kata kunci Sekolah SEO dan Pelatihan SEO.

Tonton video di bawah ini :

Bisa jadi keyword yang ditargetkan tidak ada di meta title dan meta description, tapi disana terdapat sinonim dari keyword tersebut.

3. SEO Off Page

Yang terakhir, marketplace atau website pesaing Anda bisa berada di halaman satu Google tanpa mengoptimasi meta title dan meta descriptionnya karena mereka lebih fokus pada optimasi off page atau backlink.

Karena ada praktisi yang hanya mengoptimasi dari segi off pagenya saja tanpa mengoptimasi on page, dan cukup berhasil membuat website-website mereka masuk halaman satu Google.

Hanya saja bagi saya resiko fokus di off page atau backlink tanpa mengoptimasi on pagenya terlalu beresiko.

Bagaimana cara mengoptimasi keywordnya?

Mereka menggunakan keywordnya sebegai anchor text backlink, memberikan banyak backlink dengan anchor text sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Kesimpulan

Website marketplace bisa masuk halaman satu Google tanpa mengoptimasi meta title dan meta descriptionnya karena 3 hal :

  1. Mereka mengoptimasi faktor penentu peringkat lainnya (selain meta title dan meta description).
  2. Menggunakan sinonim atau persamaan kata dari keyword yang ditargetkan.
  3. Fokus optimasi off page atau backlink, dengan memberikan anchor text sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Baca Artikel Tanya Jawab SEO lainnya
Disini –> Q & A

Dapatkan Update SEO Terbaru Disini

Kami baru saja membuat Grup WhatsApp dan Channel Telegram untuk memberikan informasi terkait Tips dan Trik SEO Terupdate.

Join Sekarang, GRATIS!

WhatsApp >> KLIK DISINI

Telegram >> KLIK DISINI

Bantu Share Ya :)
Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: Keyword Tidak Ada di Meta Title & Description, Ko Bisa Pejwan?

Sorry, comment are closed for this post.